Home > Aksesoris > Cara Membedakan Baterai Laptop Original, OEM, dan KW
Baterai Laptop Original, OEM, dan KW

Cara Membedakan Baterai Laptop Original, OEM, dan KW

Tips Cara Mudah Membedakan Baterai Laptop Asli dengan yang Palsu – Seringkali kita ingin membeli baterai untuk laptop namn kadang kita tertipu oleh penjual. Kita ingin membeli baterai asli atau original, namun justru baterai KW atau OEM yang kita dapati. Bagaimana membedakan ketiga jenis baterai tersebut, apakah hanya mereka yang ahli dalam hal komputer atau gadget yang bisa membedakannya?

Ketika kita menggunakan laptop yang masih baru, performa laptop tersebut pasti sangat bagus apalagi soal baterainya. Semakin lama umur laptop maka baterai semakin turun performanya. Baterai laptop yang sudah berumur 2 tahun ke atas biasanya memiliki daya tahan selama kurang lebih 1 jam saja. Bahkan ada juga baterai laptop yang masih berumur 1 tahun tapi sudah turun performanya dan tidak bisa dipakai lagi.

Membedakan Baterai Laptop Original, OEM, dan Palsu

Kebutuhan akses terhadap informasi yang tinggi membuat seseorang yang mobilitasnya tinggi harus  memiliki contraption yang memiliki baterai dengan daya tahannya cukup lama jika tidak maka akan membuat  Baterai Notebook harus mengalami charging dan discharging cukup sering setiap harinya. Akibatnya daya  tahan baterai makin menurun dan lama kelamaan anda harus menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: Rekomendasi Car Charger Mobil Smartphone Terbaik Harga Murah Terbaru 2016

Solusi terbaik agar Anda bisa terus menggunakan laptop sekalipun baterai mengalami penurunan performa adalah menggantinya dengan yang baru. Selain itu, sekalipun tanpa baterai, Anda tetap bisa menggunakan laptop dengan cara menancapkan terus laptop pada colokan listrik. Tapi, cara yang terakhir tersebut kurang baik terutama untuk komponen-komponen laptop lainnya. Jika kita ingin lebih nyaman menggunakan laptop, mengganti baterai lama dengan baterai baru adalah pilihan yang tepat. Dipasaran, Anda bisa membeli baterai sesuai dengan kebutuhan dan juga budget Anda.

Memilih atau membeli baterai pengganti yang terbaik untuk laptop/notebook Anda, merupakan sesuatu yang wajib Anda lakukan. Sebab, salah dalam memilih dan kurangnya perhitungan, bisa membuat Anda terjebak dengan iming-iming baterai murah. Padahal, Anda tau bahwa baterai tersebut merupakan imitasi/kw alias bukan asli, yang kualitasnyapun diragukan.

Baterai Laptop Original

Baterai Laptop Original
Baterai original merupakan baterai yang dikeluarkan oleh perusahaan laptop secara resmi dengan merek dan type yang berbeda-beda. Baterai original sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya OSC dan OEM. OSM atau Original Service Center adalah baterai yang bisa dibeli pada service center resmi laptop yang Anda miliki.




Kualitas baterai OSC sudah tidak diragukan lagi sekalipun harganya memang jauh lebih mahal. Harga baterai original memang termahal dari baterai lainnya terutama dari baterai KW. Namun, Anda bisa puas dengan performa baterai laptop original OSC.

Baterai Laptop OEM

Baterai Laptop OEM
Baterai original jenis lainnya adalah OEM atau Original Equipment Manufacturer. Baterai jenis ini sama dengan baterai OSC, hanya saja baterai ini tidak dijual di service center. Anda bisa mendapatkan baterai OEM dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga baterai OSC. Sekalipun lebih murah dari baterai OSC, namun kualitas atau performa baterai laptop OEM sama bagusnya dengan OSC.

Baterai Laptop KW

Baterai Laptop KW
Baterai KW merupakan baterai palsu yang banyak beredar dipasaran. Jika Anda tidak jeli dengan baterai jenis ini, Anda bisa tertipu penjualnya. Baterai KW memiliki kualitas yang paling rendah namun dibuat dengan desain yang sangat mirip dengan baterai original. Baterai KW harganya jauh lebih terjangkau dari baterai original ataupun OEM. Semakin murah harga baterai KW maka kualitasnya juga semakin rendah. Bagi orang awam, memang sangat sulit untuk mengetahui apakah baterai laptop yang akan dia beli itu original atau KW.

Baca juga :

Jika Anda ingin baterai yang berkualitas dan tahan lama, memilih baterai notebook original adalah pilihan terbaik. Namun, jika Anda ingin baterai yang murah, baterai KW adalah pilihannya. Lalu bagaimana cara membedakan antara baterai laptop original dan baterai laptop KW? Berikut ini 5 tips cara agar mengetahui perbedaan baterai laptop original atau palsu.

  1. Kemasan Baterai Laptop
    Biasanya barang adalah yang pertama kita lihat sebelum menanyakan harga, nah, kesempatan inilah yang bisa kita pakai untuk meneliti kemasan barang tersebut. Kemasan atau bungkus dari baterai original biasanya memiliki warna serta tulisan yang lebih jelas dibandingkan produk KW. Selain itu, kemasan dan produk yang tidak original pun kerap kali berwarna pudar.
  2. Harga Baterai Laptop
    Setelah kita melihat barang, maka biasanya kita akan menanyakan harga produk tersebut. Harga merupakan faktor penting seorang konsumen membeli barang tersebut. Namun perlu diingat, bila pedagang menawarkan harga yang terlalu miring untuk merek barang tertentu(brand besar), Anda perlu waspada. karena bisa jadi produk baterai laptop yang ditawarkan itu tidak original/palsu. Karena yang banyak terjadi di pasar adalah pedagang suku cadang palsu rata-rata memberikan harga murah kepada konsumen supaya mereka tertarik untuk membeli produk palsu mereka.
  3. Memilih Tempat Membeli Baterai Laptop
    Memilih tempat membeli merupakan hal yang paling pertama bisa anda lakukan. Jika anda menginginkan baterai yang 100% original, tentu saja dengan membeli langsung di servise center resmi. Namun jika anda ingin membeli barang original yang harganya lebih miring atau barang non original yang berkualitas lumayan bagus maka yang harus anda lakukan adalah dengan memlilih counter yang anda kenal sehingga mereka akan berkata jujur dengan kualitas barang yang amereka jual.
  4. Bahan Baku Baterai Laptop
    Biasanya ada toko yang memperbolehkan produknya dibuka dari kemasan. Kesempatan ini jangan disia-siakan karena anda dapat mengecek bahan baku produk yang dimaksud. Anda dapat memperhatikan secara detil seperti apa bahan yang digunakan pada produk itu. Biasanya produk palsu menggunakan komponen yang memiliki mutu rendah dibandingkan dengan produk original.
  5. Garansi Baterai Laptop
    Jika tips ketiga masih menimbulkan keraguan, maka tips terakhir ini akan sangat membantu anda. Perhatikan garansi yang diberikan oleh pihak penjual. Jika barang yang dimaksud original, maka penjual akan memberikan garansi langsung dari produsen baterai yang dimaksud. Namun kalau penjual hanya memberikan garansi toko atau garansi distributor, bisa dipastikan produk tersebut itu palsu.

Nah, untuk mendapatkan performa laptop yang lebih baik dan daya tahan baterai lebih lama, Anda bisa membeli baterai laptop atau notebook original. Sekalipun harganya lebih mahal, tapi Anda bisa mendapatkan kenyamanan dari baterai jenis ini. Jika budget Anda minim, tidak ada salahnya Anda membeli baterai KW. Namun, jangan heran jika kualitas baterai KW ini jauh lebih rendah dari baterai laptop original terutama soal daya tahan baterai.

Itulah informasi tentang seputar Perbedaan Baterai Laptop Original dan Palsu atau KW, saran kami, jika anda memang ingin membeli baterai laptop yang original, lebih baik anda membelinya langsung di service center resmi. Itu akan mengurangi resiko penipuan. Namun, jika anda memang sudah dapat membedakan mana baterai yang original atau bukan, membeli di toko juga boleh, karena jelas akan lebih menguntungkan. Kita bisa mendapatkan baterai laptop original dengan harga yang lebih murah.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Spesifikasi ASUS K401UQ-FA090D, Laptop Gaming Murah Terbaru

Spesifikasi ASUS K401UQ-FA090D, Notebook i5 dan GeForce GT940Mx

Spesifikasi ASUS K401UQ-FA090D dan Harga Terbaru 2017, Laptop Gaming Intel Core i5 KabyLake dan VGA GeForce …

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *