Home > Aksesoris > 5 Cara Mudah Buat Baterai Laptop Anda Tahan Lebih Lama
Cara Ampuh Buat Baterai Laptop Awet dan Tahan Lebih Lama

5 Cara Mudah Buat Baterai Laptop Anda Tahan Lebih Lama

5 Cara Ampuh ini Buat Baterai Laptop Anda Awet dan Tahan Lebih Lama – Tak jauh berbeda dengan smartphone, laptop juga memiliki kekurangan borosnya baterai saat sedang digunakan. Hal ini tentu cukup menggangu saat Anda sedang rapat atau sedang berada di luar ruangan dan Anda tidak bisa mencharge laptop Anda saat kondisi baterai hampir habis.

Bagi beberapa pengguna Laptop, memiliki cara-cara sendiri untuk membuat baterai awet dan tahan lama saat digunakan. Akan tetapi dari fakta yang sudah banyak terlihat tidak semuanya benar. Untuk itulah dimensidata.com akan memberikan tips agar baterai laptop bisa awet dan tahan lama saat digunakan. Lebih tepatnya perawatan bagi baterai laptop demi membuatnya tetap awet dan tahan lama.

Cara Mudah Buat Baterai Laptop Anda Tahan Lebih Lama

Berikut ini tips yang dimensidata rekomendasikan yang bisa Anda coba agar baterai laptop Anda lebih awet serta tahan lama:

  1. Aktifkan Battery Saver mode atau Eco Mode
    Laptop saat ini telah dibekali beberapa mode pengaturan untuk memudahkan penggunaan. Salah satunya adalah mode Battery Saver. Anda bisa mengaktifkan mode ini untuk membuat laptop merubah settingan sehingga mengurangi pemakian daya baterai. Mode ini akan secara otomatis meredupkan layar, mematikan aplikasi yang tidak dipakai dan mengatur performa mesin sehingga laptop tidak menyedot daya terlalu besar.
  2. Matikan perangkat yang tak terpakai
    Cara yang cukup mudah agar konsumsi baterai tak terlalu boros ialah mencabut perangkat yang terhubung ke laptop seperti mouse, printer, flashdisk dan lain-lain. Meskipun sepele, port yang diisi komponen seperti Flash disk hingga modem ternyata membawa akibat boros daya.
  3. Atur ulang bagian Setting Laptop
    Anda juga bisa mengatur ulang layar dan keyboard. Anda bisa mengatur kecerahan layar sehingga konsumsi daya tak lagi boros. Apalagi bila keyboard laptop Anda dibekali fitur backlight. Bila kondisi baterai sudah mau habis, Anda bisa matikan fitur backlight pada keyboard. Anda juga bisa mengecilkan speaker laptop. Bahkan bila kondisi mendesak dan baterai sudah hampir habis, Anda bisa mute audio laptop agar konsumsi daya pada speaker berkurang dan dialihkan ke sektor lainnya.
  4. Kurangi menggunakan layar terlalu terang
    Cahaya layar laptop semakin terang maka semakin cepat daya laptop habis, dan disatu sisi layar terang akan membuat tulisan terlihat lebih jelas, tetapi mengkonfigurasi layar terlalu terang maka akan menggunakan makin banyak daya. Kami sarankan untuk menggunakan di level 3 atau 4 saja, tidak hanya daya laptop lebih tahan lama tetapi juga membuat mata Anda tidak rusak.
  5. Penggunaan normal
    Tips baterai agar bisa bertahan lebih lama ialah penggunaan yang normal. Tak bisa dipungkiri borosnya baterai laptop bisa disebabkan karena Anda terlalu banyak membuka aplikasi atau software dalam satu waktu. Untuk itu, mulailah mematikan aplikasi atau software yang tidak terpakai sehingga baterai laptop lebih awet kala digunakan. Hindari untuk menghidupkan fitur WiFi dan streaming media. Aplikasi ini memakan cukup banyak daya sehingga baterai laptop cepat habis.

Dengan dilakukannya tips-tips di atas, laptop Anda akan bertahan lebih lama kala digunakan dan tak perlu risau bila daya baterai menipis. Itulah beberapa tips tentang bagaimana membuat baterai laptop tahan Lebih Lama dan memaksimalkan masa pakai baterai laptop Anda. Apakah Anda memiliki lebih banyak tips untuk penghematan daya baterai laptop Anda? Jika iya, tinggalkan komentar dan saya akan memperbarui daftar diatas.

Sumber Pricebook

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.