Home > Berita Teknologi > Berapa Besar RAM Ideal untuk Komputer?
Berapa Besar RAM Ideal untuk komputer

Berapa Besar RAM Ideal untuk Komputer?

Random Access Memory atau biasa disebut RAM atau lebih mudahnya memori, merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah komputer selain prosesor dan VGA. Fungsi dari RAM sendiri adalah untuk menyimpan data sementara sebelum data tersebut diproses oleh prosesor.

Kinerja sistem RAM yang kencang tentu saja akan berpengaruh pada kinerja pc juga. Kini sejak integrasi kartu grafis masuk ke dalam CPU, peforma memori juga berpangaruh pada kinerja komponen integrated memori.

RAM Komputer

Anggapan yang ada di masyarakat bahwa “Semakin besar RAM maka sistem akan semakin responsif dan kencang”. Anggapan itu tak selamanya benar, ukuran yang besar belum tentu memberikan efek peforma yang signifikan.

Lantas, seberapa besar RAM ideal yang kamu butuhkan dalam sebuah komputer? Apalagi, saat ini PC hingga laptop hadir dengan RAM 2GB, 4 GB, 64 GB, bahkan 128GB.

Untuk mengetahui tersebut, Techspot melakukan sebuah pengujian sistem peforma. Pengujian ini dilakukan menggunakan perangkat dengan RAM 4GB, 8GB dan 16GB. Agar semakin menarik, pengujian pun menggunakan sistem operasi paling baru yakni Windows 10. Setiap komputer dengan RAM berbeda akan menjalankan dua buah browser, memainkan game super berat dan 65 tabs yang terbuka di background.

RAM Ideal untuk komputer

Selain itu, komputer dengan RAM berbeda-beda itu juga dites membuka aplikasi Postbox, Photoshop, Microsoft word dan Exel, Dropbox hingga program yang sering digunakan lainnya. Semua dibuka bersamaan dalam background untuk mengetahui perbedaan kinerja RAM 4GB, 8GB dan 16GB.

RAM Ideal untuk komputer

Hasilnya komputer dengan RAM 16GB tidak mengalami lag atau panas yang berlebihan. Program yang dibuka pun berjalan dengan lancar tanpa halangan meski cukup banyak. Sementara itu, pada komputer dengan RAM 4GB, peforma tampak tersendat, namun masih layak untuk penggunaan harian.

Dari tes ini tampak RAM 16GB memberikan peningkatan peforma yang cukup baik dan cocok untuk editing video atau multitasking aplikasi berat lainnya. RAM 16GB juga mumpuni dan cocok untuk mengcompres file besar dengan 7-zip.

Jadi, bila kamu berencana membeli komputer atau laptop baru atau bahkan mengupgrade komputer atau laptop kamu, kamu cukup memilih RAM 8GB saja karena RAM ini sudah mencukupi untuk multitasking dan kebutuhan komputasi lainnya. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Sumber: Pricebook

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Spesifikasi Acer Predator 15 dan Harga Terbaru 2017, Laptop Gaming Terbaik

Spesifikasi Acer Predator 15, Laptop Handal Untuk Gamer

Spesifikasi Acer Predator 15 dan Harga Terbaru 2017, Laptop Gaming Terbaik – Laptop gaming saat …

3 comments

  1. bukanya untuk mencari perfroma maximal dari sebuah laptop di naikan 2 kali dari ram bawaan laptop nya misal 2GB dinaikin jadi 4GB terus kalo 4 GB mungkin bisa di naikin jadi 8 GB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>