Home > Gadget > Update Urutan CPU dan GPU Android Terbaik Terbaru 2018
Update Urutan CPU dan GPU Android Terbaik Terbaru 2018

Update Urutan CPU dan GPU Android Terbaik Terbaru 2018

Update Urutan CPU dan GPU Android Terbaik Terbaru 2018 – CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit) merupakan bagian yang paling penting dalam kemajuan teknologi smartphone.

CPU dan GPU terbaik tidak hanya dilihat dari tampilannya saja, tapi juga performanya. Untuk mendapatkan processor terbaik, Anda harus memperhatikan core, teknologi yang dipakai dan konsumsi daya atau pemakaian.

Baca Juga : Daftar HP Android Harga Murah Yang Support VR Virtual Reality

1. CPU Terbaik yang Banyak Digunakan Pada Smartphone

CPU berperan sebagai otak dari sistem dan kualitasnya mempengaruhi performa gadget Anda. Berikut CPU terbaik dan tercepat yang digunakan pada ponsel pintar:

– Intel

Sekarang ini Intel menjadi processor terbaik dan kerap dijadikan paket bundling produk teknologi dari produsen terkenal, seperti Asus dan Lenovo. CPU tersebut menawarkan kinerja yang baik. Kelebihan utama Intel Atom adalah adanya teknologi thread yang membuat dual-core seolah menjadi quad-core.

– Snapdragon

SoC atau chipset yang dikembangkan oleh Qualcomm tersebut paling banyak disematkan pada smartphone kelas atas. Dilihat dari sisi performa, dukungan grafis, akses internet 4G dan pemakaian daya, Snapdragon lebih unggul. Jenis chipset Qualcomm yang populer adalah Snapdragon 400 dan Snapdragon 800.

– Mediatek

Mulanya, Mediatek dinilai tidak bisa mengungguli bahkan menyamai Snapdragon. Tapi, dalam perkembangannya sudah dapat disejajarkan. Mediatek sendiri merupakan produsen yang fokus memasarkan chipset berkemampuan tinggi, namun dibanderol dengan harga terjangkau.

Baca Juga  HTC ONE: Perfoma dan Fitur Menarik untuk Hiburan Multimedia

– Exynos

Selain terkenal sebagai produsen smartphone, Samsung ternyata mempunyai divisi pengembangan SoC di bawah perusahaan bernama Samsung Electronics. Exynos adalah chipset atau CPU produksinya yang populer. Exynos umumnya disematkan pada produk kelas elite, seperti Galaxy Note 3 dan Galaxy Tab.

– Nvidia

Nvidia ialah penghasil chipset game dan yang paling terkenal, yakni seri Tegra. Ada Nvidia Tegra 4i, Nvidia Tegra K1 dan Nvidia Tegra X1. Nvidia menghadirkan jumlah core yang efektif jika perangkat menjalankan game berat dengan grafis tinggi. Tapi, saat menjalankan aplikasi ringan, processornya cuma berjalan dengan satu inti.

Baca Juga : Ini Daftar Smartphone yang Kebagian Update ke Android Oreo 8.0

2. Macam-macam GPU Terbaik Untuk Smartphone

GPU adalah chip yang disematkan pada smartphone khususnya dengan OS Android dan berfungsi sebagai pengolah data grafis. Beda GPU dengan CPU adalah jika CPU core-nya terbatas, GPU justru mempunyai ribuan core.

Kegunaannya sangat penting di ponsel pintar karena dapat mengolah data grafis yang memiliki sistem 3D. Sehingga, pengguna akan dimanjakan dengan ketajaman gambar. Semakin tinggi tingkatan GPU, maka harga gadget akan semakin mahal.

GPU Android Terbaik Terbaru 2018

Berikut daftar GPU yang umumnya dipasang pada smartphone:

– GPU Mali

Di tahun 2005, 95% smartphone menggunakan GPU Android Terbaik jenis ini dan sekarang mulai banyak ponsel pintar yang menyematkannya. Seri yang tercepat adalah Mali T-720, tapi masih sedikit yang memakainya.

Baca Juga  Zenfone GO, Smartphone Asus Harga Terjangkau

– GPU Adreno

Adreno memiliki beberapa tingkatan, antara lain Adreno 225, Adreno 220, Adreno 205, Adreno 200, Adreno 130. Di samping itu, ada pula Adreno 330, Adreno 320, Adreno 305, Adreno 302 dan Adreno 230.

– GPU Tegra

GPU Android Terbaik ini dikenalkan pertama kali pada 2008. Kala itu, Tegra dipakai untuk media player zune HD. Sejak 2010, ia mulai dipasang pada tablet, seperti Acer Tab A200 dan Galaxy Tab 10.1.

– GPU PowerVR

GPU Android Terbaik yang satu ini merupakan chip buatan Video Logis. PowerVR banyak ditemukan pada perangkat iPod dan iPhone, contohnya iPhone 5S yang menggunakan PowerVR model G6430.

– GPU VideoCore Broadcome

VideoCoreBroadcome memanfaatkan daya rendah untuk pengoperasiannya. Saat ini, GPU Android Terbaik jenis tersebut memakai DSP dual dimensi, sehingga lebih fleksibel dan efisien.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Hanya Dalam 5 Menit

3. Urutan CPU & GPU Android Terbaik Terbaru 2018

Menurut uji coba yang dilakukan oleh Benchmark dengan parameter penilaian performa, kualitas grafis, konsumsi daya serta kecepatan pengoperasian, berikut urutan GPU Android terbaik dari yang tertinggi hingga terendah :

  1. CPU Qualcomm Snapdragon 820 dengan GPU Adreno 530
  2. CPU Apple A9 dengan GPU PowerVR GT7600
  3. CPU Exynos 8890 dengan GPU Mali T880MP12
  4. CPU Qualcomm Snapdragon 810 dengan GPU Adreno 510
  5. CPU Exynos 7420 dengan GPU Mali T770MP8
  6. CPU Apple A8 denagn GPU PowerVR GX6450
  7. CPU Qualcomm Snapdragon 805 dengan GPU Adreno 420
  8. CPU Kirin 950 dengan GPU Mali T880MP4
  9. CPU Qualcomm Snapdragon 808 dengan GPU Adreno 418
  10. CPU Qualcomm Snapdragon 652 dengan GPU Adreno 430
Baca Juga  Daftar HP Smartphone Terbaik Keluaran Terbaru Tahun 2018

Performa smartphone tidak hanya tergantung pada CPU dan GPU-nya saja, melainkan spek RAM, harddisk dan OS. Oleh karena itu, cermat-cermatlah dalam membeli ponsel.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Daftar HP Xiaomi Keluaran Terbaru 2018 Harga dan Spesifikasi

Daftar HP Xiaomi Keluaran Terbaru 2018 Jilid 2

Daftar HP Xiaomi Keluaran Terbaru 2018 Jilid 2 – HP Xiaomi masih sangat laris di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.