Home > Komputer > Tips Wajib Ketika Memilih Laptop Terbaik Sesuai Kebutuhan
Tips Wajib Ketika Memilih Laptop Terbaik Sesuai Kebutuhan

Tips Wajib Ketika Memilih Laptop Terbaik Sesuai Kebutuhan

Ini Tips Wajib Ketika Memilih Laptop Terbaik Sesuai Kebutuhan – Kebutuhan laptop sekarang lebih tinggi dibandingkan PC. Semua orang merasa laptop lebih mobile dan mampu memenuhi kebutuhan yang sama dengan komputer desktop. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan dalam membeli laptop yang cocok sesuai dengan kebutuhan, coba perhatikan tips – tips berikut ini:

1. Pastikan Kebutuhan Anda

Hal yang perlu Anda pastikan sebelum membeli laptop adalah tujuan Anda memiliki laptop. Apakah untuk keperluan sekolah? Kerja? Edit video dan desain grafis? Atau untuk kebutuhan game berat? Tergantung kebutuhannya, Anda memerlukan spek dan budget komputer yang berbeda.

  • Untuk kebutuhan sekolah dan kerja

Kebutuhan ini adalah yang paling ringan. Hampir semua laptop dapat digunakan untuk browsing mencari data, mengerjakan dokumen dan menghitung statistic. Laptop yang cocok untuk kebutuhan sekolah dan kerja biasanya tidak memerlukan spek tinggi. Jadi kalau hanya untuk keperluan sekolah dan kerja, Anda bisa dapatkan laptop ini dengan lebih mudah dan murah.

  • Untuk edit video, studio musik dan desain grafis

Untuk kebutuhan kreatif ini, Anda harus cari laptop yang memiliki spek yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, pastikan juga laptop mendukung kebutuhan khusus ini dengan fitur yang baik. Hal seperti kebutuhan studio music memerlukan fitur port untuk headset. Untuk kebutuhan desain grafis, Anda perlu laptop dengan tampilan layar HD dan jernih.

Laptop yang bekerja untuk desain biasanya juga butuh RAM yang tinggi untuk menampung data yang diproses. Terkadang untuk video rendering, Anda butuh laptop dengan prosesor yang core-nya lebih dari 2. Hal ini untuk memastikan Anda bisa melakukan multitasking saat rendering berjalan.

  • Untuk game berat

Kebutuhan laptop gaming adalah yang paling high spek dan mahal. Game membutuhkan program game berjalan 60fps dengan tampilan minimal HD 1080p. Untuk keperluan ini, gaming laptop biasanya memiliki dedicated GPU dan RAM yang tinggi.

Hal lain yang diperhatikan para gamer adalah refresh rate pada layar laptop. Kebutuhan layar ini tidak hanya harus HD tapi juga memiliki spek 144Hz. Hal ini untuk memastikan tampilan game halus dan jelas di mata.

Tips Wajib Ketika Memilih Laptop Terbaik Yang Bagus

2. Sediakan Budget yang Sesuai

Jika kebutuhan Anda sudah jelas, sekarang waktunya melihat berapa besar budget yang Anda miliki. Hampir semua jenis laptop bisa diakali dengan memilih versi budgetnya. Contoh saja laptop gaming. Laptop gaming yang bagus biasanya sampai puluhan juta Rupiah, tapi sekarang sudah ada pilihan untuk gaming casual yang harganya tidak sampai 20 juta Rupiah.

Semisal uang Anda sangat terbatas tapi butuh yang harga tinggi, membeli laptop second juga bisa jadi pilihan. Sekarang sudah banyak platform toko online yang memudahkan Anda untuk mencari barang second yang masih bagus. Selama Anda bisa menemukan laptop bekas atau second yang pas, Anda bisa memenuhi kebutuhan laptop Anda dengan harga murah.

3. Perhatikan Spek dan Fitur Laptop

Setiap laptop memiliki spek dan fitur yang berbeda – beda. Hal ini tinggal dipilih sesuai dengan preferensi Anda. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah selalu fokus pada penggunaan inti. Jika fitur tidak penting, Anda lebih baik hindari hal tersebut. Fitur yang tidak terpakai banyak akan membuat harga laptop tampak lebih mahal.

Untuk spek pastikan Memilih Laptop Terbaik dengan melihat kedepan. Jangan sekali – kali beli laptop generasi yang terlalu tua hanya karena harganya murah. Laptop yang keluar pada 10 tahun lalu wajib dihindari. Laptop generasi tua tersebut biasanya akan sulit dicari suku cadangannya saat rusak. Semakin baru tahun keluarnya, Anda akan dengan mudah mencari suku cadang aksesoris dan juga pelayanan service-nya.

Mudah mudahan tips dalam memilih laptop terbaik yang bagus di atas membantu Anda dalam membeli laptop yang cocok. Selamat berbelanja!

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

2 komentar

  1. Ada rekomendasi ga laptop harga 5 juta?

  2. mantab banget lah tipsnya, jadi bisa dapat yang terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.