Home > Komponen > Tips Cara Memilih Memori RAM Terbaik Untuk PC dan Laptop
Tips Cara Memilih Memori RAM Terbaik Untuk PC dan Laptop

Tips Cara Memilih Memori RAM Terbaik Untuk PC dan Laptop

Tips Cara Memilih Memori RAM Terbaik Untuk komputer Dekstop PC dan Laptop – Selain hardisk ternyata ada salah satu lagi komponen komputer yang terpenting adalah RAM. RAM berasal dari singkatan Random Access Memory. RAM merupakan tipe penyimpanan komputer yang dapat diakses dalam waktu tetap. Namun RAM merupakan jenis tempat penyimpanan data sementara dimana saat komputer atau latop mati maka data yang tersimpan dalam RAM akan hilang kembali. Selain itu setiap memori RAM memiliki jenis dan slot yang berbeda. Sehingga dalam memilih RAM harus disesuaikan dengan tipe komputer atau laptop anda.

RAM sendiri memiliki bentuk 1 keping PCB dan memiliki banyak komponen sirkuit terpadu (IC) pada kedua sisi. Seperti yang kita ketahui RAM memiliki beberapa jenis yakni RAM Desktop PC, Notebook/Laptop dan juga RAM Server dan tipe seperti yang kita kenal RAM tipe DDR 1, DDR 2, dan DDR 3 dan DDR5. Untuk kapasitas RAM tersedia kapasitas mulai dari 128 mb, 256 mb, 512 mb, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 16 GB, hingga 32 GB. Namun kebanyakan RAM yang beredar dipasaran adalah RAM 2 GB dan 4 GB.

Disamping itu jenis RAM untuk komputer dan laptop juga berbeda. Dimana RAM untuk laptop dikenal dengan nama SODIMM, sedangkan RAM untuk PC/ Komputer dikenal dengan nama DIMM. RAM memiliki peran penting untuk membuat komputer nyala dan beroperasi. Karena jika tidak ada RAM maka komputer ataupun laptop tidak akan bisa menyala dan beroperasi.

Maka dari itu anda harus pintar dan jeli dalam memilih memori RAM dan merawatnya. RAM juga merupakan komponen komputer yang sensitif yang mudah rusak jika cara penggunaan dan perawatannya salah. Hal ini biasanya sering terjadi pada dekstop pc (komputer). Biasanya ada beberapa masalah yang sering terjadi pada RAM PC. Seperti misalnya bluescreen, komputer tidak menyala, dan lainnya.

Cara Memilih RAM PC Laptop Terbaik Yang Bagus Murah

Namun terkadang masalah tersebut masih bisa diatasi. Tapi jika sudah diatasi dan tidak memberikan hasil, maka RAM tersebut dinyatakan rusak. Dengan begitu maka anda harus segera menggantinya supaya anda bisa mengoperasikan komputer kembali. Nah bagi anda yang akan mengganti atau mengupgrade RAM dan sedang mencari jenis RAM yang cocok untuk dekstop PC/Laptop anda, berikut ini kami akan memberikan tips cara memilih memori RAM terbaik yang benar untuk dekstop PC/Laptop, antara lain :

  • Pilih memori RAM yang sesuai dengan spesifikasi dekstop PC anda. Seperti jika motherboard PC anda mendukung dual channel, maka pilihlah RAM yang memiliki jumlah ganda.
  • Sebaiknya pilih 2 buah memori dengan kapasitas 2GB dari pada hanya membeli 1 buah memori RAM berkapasitas 4 GB.
  • Komputer yang memiliki sistem RAM dual channel memiliki performa yang jauh lebih baik.
  • Pilihlah merk RAM yang memiliki reputasi baik dalam layanan penjualan, seprti merk RAM terbaik Avexiar, Corsair, Hynix, Kingmax, Kingston, Samsung, Team Dark, V-Gen, Visipro, dll. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai vendor RAM terbaik ini dengan mencari sejumlah service center yang telah lama memiliki garansi dan sudah banyak dikenal luas oleh para pengguna komputer.
  • Jangan memilih memori dengan chip yang aneh dan RAM yang tidak jelas. Pilihlah Ram yang sudah terpercaya seperti infineon, visipro, samsung, dan lainnya bisa menjadi referensi. Pemilihan Ram dengan chip yang aneh sangat disarankan karena ada beberapa motherboard yang menyarankan menggunakan chip tertentu untuk dukungan kesesuaian.
  • Jangan memilih memori RAM yang tidak dalam kemasan. Meski berlabel ternama namun memori tray atau tidak dalam kemasan ini memiliki tingkat kerusakan yang tinggi, ditambah lagi resiko data corrupt yang tinggi akibat chip rusak sehingga akan beresiko membuat gangguan eror pada dekstop PC.
  • Jika anda menggunakan komputer dalam waktu yang lama, pastikan anda memilih memori RAM yang sudah dilengkapi dengan heat spreader. Meski harganya jauh lebih mahal dari memori RAMpada umumnya. Namun RAM jenis ini memiliki performa dan kestabilan yang sangat bagus. Sehingga akan mampu menjaga kestabilan komputer dekstop PC/Laptop dengan baik.
  • Pilih memori dengan angka latency yang rendah
  • Pilihlah memori dengan slot yang sama, karena jika tidak sama maka memori RAM tidak dapat digunakan
  • Jangan lupa perhatikan pula kapasitaa maksimal ukuran memori RAM dekstop PC anda.
  • Jika anda berniat untuk menambah ataupun mengupgrade jumlah RAM, maka sesuaikanlah dengan spesifikasi dan frekuensi RAM.

Semoga informasi mengenai tips cara memilih memori RAM terbaik untuk komputer Dekstop PC dan Notebook/Laptop dapat bermanfaat dan bisa menjadi acuan anda memilih memori yang terbaik dan tepat. Terimakasih.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.