Home > Peralatan Kantor > Tips agar printer anda tetap terjaga kualitasnya

Tips agar printer anda tetap terjaga kualitasnya

Perangkat yang satu ini memang sudah tak asing lagi bagi seluruh kalangan. Penggunaannya yang mudah serta kegunaannya yang memang sangat di perlukan untuk berbagai kebutuhan, menjadikan printer seolah kebutuhan primer bagi seluruh kalangan. Tak hanya mereka yang sudah bekerja, anak – anak sekolah tingkat dasar pun mulai banyak yang di sibukan dengan tugas sekolah yang menuntut mereka untuk menggunakan printer dalam pengumpulan tugasnya. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang bersekolah di jenjang menengah pertama dan menengah atas, hingga mereka yang telah berkuliah dan bekerja.

Penggunaannya yang praktis menjadikan perangkat yang satu ini mampu menggantikan kebiasaan dahulu seperti mencatat, membuat tugas dengan penulisan manual, bahkan penulisan lamaran pekerjaan pun sudah banyak beralih dengan komputerisasi. Selain di anggap lebih menghemat waktu, hal ini juga di rasa lebih mudah di lakukan sehingga dapat di lakukan dengan cepat tanpa perlu repot dan menguras tenaga. Selain untuk penggunaan tersebut, printer juga dapat di gunakan untuk mencetak foto sehingga anda tak perlu repot untuk keluar rumah bila ada keperluan mendadak.

Tips agar printer anda tetap terjaga kualitasnya_2

Printer yang biasanya di pakai untuk keperluan seperti itu, biasanya berupa printer inkjet atau yang lebih di kenal memiliki tabung pada bagian luar printer sehingga lebih mudah untuk melakukan isi ulang dan pemantauan tinta. Namun tentunya anda tak ingin bukan, bila sewaktu – waktu ketika anda sangat memerlukan printer anda namun malah terjadi kerusakan yang akan merugikan anda?. Untuk itu tak ada salahnya untuk mulai belajar merawat printer anda agar tetap awet dan dapat bekerja secara maksimal.

Tips yang pertama ialah, selalu menjaga kebersihan printer yang anda miliki. Pantau terus kebersihan printer anda sesering mungkin, pastikan bagian luar maupun dalamnya tidak terdapat kotoran yang bila di biarkan dapat mengganggu kinerja dan dapat menyumbat printer anda sehingga saat anda gunakan, proses pencetakan menjadi tersendat dan tidak maksimal. Tips yang kedua, sebisa mungkin gunakan printer anda untuk mencetak setidaknya 1 lembar setiap hari. Mengapa perlu demikian?.

Hal ini di sebabkan bila printer terlalu lama diam atau tidak beroperasi, di khawatirkan terjadi penyumbatan pada bagian head cartridge yang di sebabkan dari keringnya tinta printer anda. Bila sudah demikian, tentunya akan lebih merepotkan anda bukan?. Yang ketiga, jangan pernah mencoba mematikan printer melalui stop kontak ! hal ini selain membahayakan keselamatan anda bila terjadi korsleting listrik, tentunya juga dapat merusak printer karena saat posisi off, cartridge tidak kembali ke posisi semula.

Keempat, biasakan pelajari terlebih dahulu atau baca buku panduan yang biasanya di kemas di dalam dus saat anda melakukan pembelian printer bila sewaktu – waktu anda harus membongkar printer anda. Namun kami sarankan untuk tidak melakukan hal ini tanpa skill atau pengalaman yang cukup, sebab perangkat yang ada di dalam printer sangat sensitif dan mudah rusak bila terjadi kesalahan pemasangan.

Yang kelima ialah, chip cartridge merupakan salah satu bagian yang paling sensitif pada printer. Usahakan agar jangan menyentuh bagan yang satu ini, sebab hal tersebut dapat merubah aliran listrik yang merupakan aliran statis dan akan merusak komponen tersebut. Demikian beberapa tips dari kami, usahakan printer yang anda miliki selalu dalam keadaan bersih dan terawat agar hasil cetakan yang anda miliki tetap maksimal dan printer anda tahan lebih lama.

Deskripsi : Printer sebagai alat cetak, sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi berbagai kalangan masyarakat. Dalam penggunaannya, sering kali kita melupakan hal – hal sepele yang berdampak besar pada ketahanan dan hasil cetak printer yang kita miliki. Untuk itu ada baiknya melakukan beberapa tips di atas guna menjaga printer dalam keadaan maksimal, dan biasakan untuk mengecek kebersihannya secara rutin.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.