Home > Berita Teknologi > Tipe Kertas Printer dan Fungsinya

Tipe Kertas Printer dan Fungsinya

Ada berbagai macam jenis kertas printer yang tersedia dan bisa anda gunakan untuk bekerja, tetapi tidak semua dari kertas printer bisa memberikan manfaat yang seperti anda inginkan. Dengan kertas printer yang tepat, warna dapat menjadi lebih cerah, teks hitam dapat lebih menonjol dan dokumen dapat dicetak dengan kualitas bagus. Mengetahui jenis kertas yang sesuai untuk yang jenis pekerjaan cetak membuat hasil pekerjaan anda semakin baik pula. Dan banyak sekali jenis kerta printer yang bisa anda pilih dan juga fungsi-fungsi yang berbeda.

printer with paper

Berikut beberapa jenis kertas printer dan fungsinya yang bisa anda pilih:

  • Photo Paper

Kertas foto khusus dirancang hanya untuk foto dan kertas ini memiliki hasil cetak yang mengkilap dan juga memungkinkan tinta mengering dengan cepat serta menghasilkan gambar yang indah. Kertas foto biasanya dijual dalam beberapa ukuran dan berat.

  • Glossy Paper

Kertas Glossy biasanya digunakan untuk mencetak foto karena kertas ini bisa menghasilkan gambar yang tajam dan memiliki hasil cetak yang dinamis. Hasil cetak mengkilap sebenarnya menyerap lebih banyak tinta untuk membuat gambar yang indah Ada jenis khusus dari kertas glossy khusus dirancang untuk mencetak foto.

  • Stock Papper

Kertas Stok adalah kertas yang sangat berat dan kokoh yang sering digunakan untuk mencatat atau mencetah data stock barang. Hal ini dapat digunakan sebagai kertas printer serta untuk penggunaan sehari-hari. Karena memiliki berat yang lebih dibandingkan kertas printer lainnya maka kertas stock ini dicetak tidak melalui http://www.dimensidata.com/category/printer/ secepat kertas printer biasa. Oleh karena itu stock papper biasanya hanya digunakan untuk scrapbooking, signage dan kartu bisnis percetakan atau kartu pos.

  • Matte Paper

Kertas matte merupakan kertas printer yang terbaik untuk cetak sehari-hari dan kertas matte adalah jenis kertas yang memiliki lapisan putih yang memungkinkan tinta cepat kering dengan cepat. Karena tinta begitu cepat kering di atas kertas matte, sehingga hasil cetakan tidak akan menjadi kotor dengan sidik jari.

  • Inkjet Paper

Kertas inkjet secara khusus dibuat untuk printer inkjet. Anda bisa menggunakan kertas foto, kertas glossy, kertas kartu nama dan kertas kartu ucapan yang dibuat khusus untuk dicetak melalui printer inkjet sehingga kertas tersebut disebut dengan kertas inkjet.

  • White Paper

Kertas putih yang terlihat terang dapat dicetak pada kedua sisi bahkan kertas ini dirancang untuk penggunaan cetak ganda. Dengan spesifikasi kertas yang halus, permukaan tanpa tekstur sehingga memungkinkan pengguna untuk mencetak pada kedua sisi tanpa mempengaruhi kualitas cetak.

  • Kertas Printer Khusus

Selain jenis diatas anda juga bsia memilih jenis kertas printer yang dibuat khusus untuk beberapa jenis printer. Ada kertas khusus untuk printer tinta padat dan printer kertas gulung, tetapi dua jenis kertas yang paling terkenal dari kertas printer daiantaranya adalah inkjet paper dan laser paper. Kertas inkjet secara khusus dibuat untuk printer inkjet. Sedangkan laser papaer juga telah menetapkan sendiri kertas yang disebut kertas laser. Kertas Laser umumnya digunakan untuk mencetak cek, alamat label atau label surat karena ada pengaturan khusus pada printer laser untuk membantu dengan mencetak kertas ini.

Dengan mengetahui beberapa jenis kertas printer diatas maka anda bsia dengan mudah untuk mencetak pekerjaan setiap hari dengan hasil yang berkualitas. Bila hasil cetakan semakin bagus dan berkualitas tentu anda akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari hasil cetak tersebut.

 

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. Excellent, what a webpage it is! This blog gives useful facts to us, keep
    it up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.