Home > Berita Teknologi > Rekomendasi Spesifikasi Minimal PC Untuk Mining Bitcoin
Rekomendasi Spesifikasi Minimal PC Untuk Mining Bitcoin

Rekomendasi Spesifikasi Minimal PC Untuk Mining Bitcoin

Ini Spesifikasi Minimal PC Untuk Mining BitcoinBerita tentang bitcoin sedang sangat hangat dibicarakan dari beberapa bulan yang lalu. Nilai tukar bitcoin yang melambung tinggi menyebabkan banyak orang mencoba peruntungan untuk investasi pada cryptocurrency ini.

Tahukah Anda bahwa bitcoin ini dapat ditambang? Pada awal kemunculan bitcoin, proses minning bitcoin sudah diberitakan, namun karena nilai bitcoin masih diremehkan pada waktu itu, tidak banyak orang yang melakukannya.

Dulu proses menambang bitcoin tidak membutuhkan proses penghitungan sesulit sekarang. Semakin banyak chainblock yang dipecahkan maka makin rumit pula proses pemecahan kodenya. Proses pemecahan kode ini memerlukan proses komputasi tinggi.

Rekomendasi Spesifikasi Minimal PC Untuk Mining Bitcoin Terbaru 2018

Spesifikasi pc yang dibutuhkan untuk mining Bitcoin

Spesifikasi pc rakitan terbaik yang digunakan untuk minning bitcoin tidak terlalu mementingkan komponen prosesor. Bagi Anda yang ingin menjadi miner bitcoin, hal yang perlu Anda perhatikan adalah GPU, RAM, Power supply dan juga adapter.

Pilih motherboard terbaik yang dapat menampung banyak adapter dan juga slot RAM. Adapter ini adalah untuk mengisi slot PCIe yang akan disambungkan ke GPU. Sedangkan slot RAM yang dibutuhkan adalah minimal 8GB DDR4 RAM.

Usahakan pula Anda menggunakan graphics card terbaik yang high-end. Graphics card yang biasa dipakai bisa merek NVIDIA ataupun AMD. Gunakan GPU yang memiliki waktu proses cepat sekitar 600 MH/sec. Anda membutuhkan 6 buah GPU yang sama yang nantinya akan dirangkai sebagai sumber utama proses penghitungan untuk memecah blockchain.

Baca Juga  Review Mesin Fotocopy Printer BROTHER MFC-9970CDW

Selain GPU, Anda harus juga mempersiapkan power supply yang dapat mendistribusikan listrik ke 6 rangkaian GPU ini. Proses minning bitcoin umumnya memakan watt yang besar, untuk penggunaan GPU yang bagus, tenaga yang dihisap bisa mencapai 1500 watt dan ini perlu dipertahankan stabil selama 24/7. Proses minning tidak dapat berhenti sewaktu – waktu, jika terjadi mati lampu misalnya proses penghitungan harus diulang demi mendapatkan bitcoin.

Baca Juga : Daftar Harga VGA Card Nvidia Terbaik Terbaru 2018 Semua Merk

Penghitungan Keuntungan Menurut Jenis GPU

Semakin tinggi spek GPU VGA Card Terbaik yang digunakan makin banyak keuntungan yang didapat perharinya. Berikut adalah tabel komparasi antara biaya dan pendapatan perhari menurut estimasi website PC populer PC GAMER:

GPU HARGA SATUAN TOTAL BIAYA PENGGUNAAN LISTRIK PENDAPATAN PER HARI
6x RX 580 4gb $255 $2230 960 Watt $19,25
6x RX 580 4gb $280 $2380 1080 Watt $19,75
6x RX Vega 56 $650 $4600 1250 Watt $37,20
6x RX Vega 64 $680 $4780 1500 Watt $38,00
6x GTX 1070 TI $449 $3384 1000 Watt $23,10
6x GTX 1080 $510 $3760 1080 Watt $25,80
6x GTX 1080 TI $710 $5020 1350 Watt $36,00

Tanda [6x] sebelum nama graphics card di atas berarti 6 buah. Jika dilihat biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan maksimal minning bitcoin sangat mahal, tapi semuanya akan setimpal dengan pendapatan yang Anda hasilkan.

Baca Juga  7 Cara Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Mu Lebih Menarik

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan

Jika Anda sudah mantab untuk merakit PC Untuk Mining Bitcoin, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan selain spek dari PC Untuk Mining Bitcoin. Hal seperti penggunaan ruang dan kondisi ruangan tempat operasi juga perlu diperhatikan. Hindari ruangan berdebu dan kondisikan ruangan cukup luas dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Proses pengendalian suhu juga perlu diperhatikan. Rangkaian 6 GPU yang bekerja bersamaan akan memancarkan panas, jika tidak dekendalikan chip – chip yang ada di dalamnya bisa meltdown. Gunakan rangkaian pendingin yang pas dan pasang AC di ruangan. Pasang suhu AC sekitar 16 – 18 derajat celcius untuk menghindari pengembunan.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian dan Perbedaan Partisi MBR Dan GPT Pada Hardisk

Perbedaan Partisi MBR Dan GPT Serta Pengertiannya

Perbedaan Partisi MBR Dan GPT Serta Pengertiannya – Partisi hardisk saat ini tersedia dalam dua …

One comment

  1. Saya berencana membuat PC untuk mining bitcoin…
    Kira-kira speknya yg terbaik SAAT INI agar akses mining bitcoin dari rumah bisa SANGAT CEPAT….
    dan berapa harga peralatannya ….
    Tolong dibantu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.