Home > Berita Teknologi > Print Server untuk Kenyamanan Kantor

Print Server untuk Kenyamanan Kantor

Print Server untuk Kenyamanan Kantor Print sever adalah salah satu perangkat yang wajib untuk kantor. Dengan adanya print server, pekerja hanya perlu mencetak menggunakan satu printer untuk mencetak dokumen dalam satu ruangan. Mereka tidak perlu memindahkan data ke komputer lain karena data bisa dicetak langsung dari komputer masing-masing. Cara ini dinilai lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja dan menghemat anggaran dalam jumlah yang cukup besar. Satu komputer tidak harus dilengkapi dengan satu printer karena semua komputer dalam satu ruangan hanya membutuhkan satu printer untuk mencetak. Kenyamanan kerja juga bisa ditingkatkan karena ruang kerja menjadi lebih luas. Pemilik bisnis juga lebih diuntungkan karena biaya produksi bisa ditekan dan bisa dialokasikan untuk aset lainnya. Pengeluaran yang tidak menghasilkan bukanlah sesuatu yang menarik bagi dunia bisnis karena aspek utama bisnis adalah aset. Namun, teknologi ini hanya bisa dinikmati dengan koneksi ethernet print server.

Kantor tanpa print server tidak akan bisa memaksimalkan kinerja karyawannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, koneksi ethernet harus disiapkan untuk mendukung kinerja karyawan, terutama saat mencetak dokumen. Keberadaan print server dan produktivitas kerja memang sangat berkaitan. Produk ini dirancang sedemikian rupa sehingga semua komputer di ruangan tertentu bisa mengakses printer. Cara ini lebih mudah bagi karyawan karena mereka tidak harus membuang waktu untuk berjalan dari komputer mereka ke komputer lain yang terhubung ke printer. Hampir setiap hari mereka perlu mencetak dokumen. Produktivitas juga bisa lebih ditingkatkan karena karyawan mempunyai ruang gerak yang lebih leluasa karena tempat kerja mereka tidak dipenuhi dengan printer. Namun, printer ini belum tentu sesuai untuk kantor kecil yang hanya dihuni sedikit karyawan. Jumlah dokumen yang dicetak setiap hari tidak terlalu banyak dan ruangannya tidak terlalu besar. Membeli printer server bisa dianggap sebagai pemborosan karena kantor kecil tidak terlalu sering menggunakan printer untuk mencetak dokumen. Hal ini juga berlaku bagi pekerja freelance yang mempunyai kantor pribadi. Keberadaan printer server tidak terlalu penting karena tidak ada perubahan berarti.

Banyak pilihan produk yang tersedia di pasaran, tetapi memilih produk terbaik yang mendukung produktivitas kerja bukanlah hal yang mudah. Aspek pertama yang harus dimiliki oleh sebuah print server adalah fleksibilitas. Harga murah tidak terlalu menggiurkan jika produk tidak bisa disesuaikan dengan perangkat lainnya di kantor. Disarankan untuk memilih produk yang sesuai dengan berbagai macam operating system, seperti Windows, Linux, atau Apple. Selain itu, produk juga harus bisa diterapkan untuk berbagai jenis printer yang ada di pasaran. Setiap produsen printer memberikan produk tersendiri dengan spesifikasi berbeda. Dibandingkan dengan printer inkjet, laserjet lebih sesuai untuk kebutuhan kantor. Printer ini merupakan pilihan tepat untuk kebutuhan yang lebih besar. Semakin banyak dokumen yang dicetak, semakin tinggi spesifikasi printer yang dibutuhkan. Seperti teknologi lainnya yang diciptakan untuk manusia, server haruslah memberikan kemudahan bagi pemakainya terutama dalam pengaturan perangkat. Produk harus mudah digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan kantor.

Cara menggunakan printer server memang sangat mudah. Hanya diperlukan sedikit waktu untuk menyesuaikannya dengan kondisi kantor. Perangkat hanya perlu disambungkan ke printer melalui port USB yang tersedia. Setelah itu, pengguna bisa menyambungkan perangkat ini ke jaringan LAN yang ada di kantor. Hasilnya, semua komputer yang berada pada jaringan LAN tersebut bisa mengakses printer dan mencetak dokumen.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.