Home > Networking > Pengertian Repeater dan Fungsi Repeater Dalam Jaringan
Pengertian Repeater, Jenis Repeater dan Fungsi Repeater

Pengertian Repeater dan Fungsi Repeater Dalam Jaringan

5/5 (1)

Pengertian Repeater, Jenis Repeater dan Fungsi Repeater Dalam Jaringan – Apakah Anda pernah mengalami yang namanya kesulitan dalam mendapatkan koneksi jaringan WiFi pada saat dirumah ataupun di kantor? Tentu saja bukan, terlebih lagi koneksi jaringan WiFi tersebut berada di luar jangkauan sehingga sulit mendapatkan akses. Tak hanya itu saja, bagi setiap orang yang sudah berlangganan paket internet untuk penggunaan WiFi tentu tidak mau rugi bukan. Namun, bagi Anda yang sering sekali mengalami hal seperti ini Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan sebuah perangkat yaitu Repeater. Untuk itu berikut dapat Anda lihat mengenai pengertian Repeater dan fungsi Repeater dalam jaringan seperti di bawah ini.

Pengertian Repeater

Repeater merupakan sebuah perangkat yang dapat berfungsi untuk menerima sinyal yang didalamnya berisikan data-data pada suatu jaringan tersebut. Jika Anda memiliki koneksi jaringan WiFi di rumah ataupun di kantor, namun Anda mengalami kesulitan untuk menjangkaunya, Repeater merupakan salah satu solusi yang tepat yang dapat Anda gunakan. Dimana jika Anda menggunakan Repeater ini maka jangkauan akan jaringan WiFi akan dapat bisa menjadi luas lagi sehingga memudahkan Anda menemukan koneksi jaringan WiFi tersebut.

Repeater tersebut dapat menerima sinyal dan kemudian alat ini memancarkan kembali sinyal yang ada serta identik dengan sinyal asalnya, namun hanya caranya saja yang berbeda. Mengapa demikian? Pada umumnya alat Repeater ini memang dapat memancarkan kembali sinyal yang ada dalam frekuensi yang cukup berbeda dari frekuensi sinyal pada asalnya. Oleh sebab itu, fungsi utama alat ini adalah untuk memperluas sebuah jangkauan jaringan pada koneksi WiFi dan Repeater ini juga dapat disebut sebagai WiFi Extender.

Baca Juga  Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya

Tak hanya itu saja, karena memang fungsi Repeater ini sebagai penguat sinyal, maka terkadang para teknisi ataupun orang yang mengetahui hal ini sering sekali menyebutkan alat Repeater ini sebagai WiFi Booster. Namun, jika Anda ingin membeli dan memasang produk ini serta Anda menemukan istilah seperti diatas, maka Anda tidak perlu bingung dan ragu karena semua istilah tersebut akan merujuk pada alat atau perangkat yang sama yaitu alat Repeater.

Pengertian Repeater dan Fungsi Repeater dalam Jaringan

Macam Jenis Tipe Repeater

Selain itu, perangkat yang satu ini juga memiliki berbagai macam tipe yang dapat Anda ketahui dan pilih. Dimana perangkat Repeater ini terdapat 3 macam tipe yaitu seperti Telephone Repeater, Optical Communications Repeater dan Radio Repeater. Namun, di masing-masing tipe tersebut memiliki fungsi tersendiri serta spesifikasinya tergantung pada penggunaannya sebagai apa.

1. Telephone Repeater

Untuk tipe yang pertama yaitu Telephone Repeater adalah sebuah perangkat jenis Repeater yang dapat digunakan sebagai saluran telepon. Jadi, pada saluran kabel telepon tersebut biasanya terdapat sebuah sinyal yang akan terdegradasi, karena jarak tempuhnya sangat jauh. Untuk itu, dengan adanya Telephone Repeater ini maka sinyal yang diterima oleh pengguna telepon bisa dapat didengar dengan jelas. Selain itu, pada telepon, akan di kirimkan sinyal dengan cara dua arah dan membuat sistem kerja pada Repeater ini bisa bekerja dengan kompleks.

Baca Juga  Merk Router Terbaik TP-Link vs D-Link vs Netgear, Bagus Mana?

2. Optical Communications Repeater

Kemudian selanjutnya ada juga Optical Communications Repeater yang fungsinya adalah memperkuat sebuah jangkauan sinyal yang ada di dalam fiber optic cable atau disebut juga dengan kabel serat optik. Repeater yang kedua ini juga berfungsi sebagai penguat sinyal, dimana biasanya di dalam kabel tersebut terdapat fototransistor yang memang berfungsi untuk dapat mengubah pulsa cahaya (light pulses) ke dalam bentuk sinyal elektrik dan selanjutnya akan diperkuat dengan amplifier.

3. Radio Repeater

Yang terakhir Radio Repeater yang fungsinya yaitu untuk memperkuat sinyal radio. Pada umumnya Radio Repeater ini memiliki satu antena yang dapat berfungsi untuk receiver dan transmitter sehingga dapat mengubah sinyal yang telah diterima sebelum sinyal tersebut dipancarkan kembali. Nah, diatas ada dapat melihat pengertian Repeater dan fungsi Repeater dalam jaringan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jaringan penguat untuk WiFi Anda bisa melihat lebih lanjut mengenai fungsi Repeater tersebut seperti di bawah ini.

Fungsi Repeater di Dalam Jaringan

Seperti yang Anda lihat di atas dimana fungsi Repeater ini adalah sebagai memperluas sebuah jangkauan jaringan koneksi WiFi. Perangkat keras yang ada di Repeater ini memang telah di program sehingga dapat menerima sinyal WiFi dari sebuah Transmitter serta kemudian diperkuat kembali. Tak hanya itu saja, setelah sinyal tersebut telah diperkuat, maka Repeater ini akan dapat menyebarkan kembali sinyal-sinyal yang tadi dengan jangkauan jaringan WiFi lebih luas lagi.

Baca Juga  Apa Itu Satelit? dan Apa Pentingnya Teknologi Satelit?

Nah, diatas ada informasi untuk Anda yang terbilang sangat penting sekali mengenai pengertian Repeater dan fungsi Repeater dalam jaringan yang dapat Anda lihat.

Seberapa manfaat kah artikel diatas?

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian IEEE 802.11 a/b/g/n/ac

Pengertian IEEE 802.11 a/b/g/n/ac

Pengertian IEEE 802.11 a/b/g/n/ac Pada Perangkat Wireless LAN WiFi – Beberapa diantara anda mungkin agak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.