Home > Networking > Pengertian LAN, MAN, WAN, Intranet, dan Internet Secara Lengkap

Pengertian LAN, MAN, WAN, Intranet, dan Internet Secara Lengkap

Pengertian LAN, MAN, WAN, Intranet, dan Internet Secara Lengkap – Dalam jaringan komputer, tentu Anda sering mendengar banyak istilah atau singkatan yang cukup asing. Istilah atau singkatan tersebut memiliki pengertian yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan dari istilah – istilah Pengertian LAN, MAN, WAN, Intranet, dan Internet Secara Lengkap.

Baca Juga : Pengertian dan Macam Jenis Topologi Jaringan Komputer

Pengertian LAN

LAN atau kepanjangan dari Local Area Network merupakan jaringan komputer dengan cakupan jaringan yang wilayahnya kecil seperti jaringan komputer gedung, kampus, kantor, sekolah, di dalam rumah, atau di dalam satu ruangan. Kebanyakan LAN saat ini berbasis teknologi Ieee 802.3. Ethernet dan menggunakan perangkat switch yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100, 1000 Mbit/s. Saat ini teknologinya menggunakan 802.11b atau WiFi untuk membuat LAN. Biasanya, tempat – tempat yang menyediakan LAN dengan memanfaatkan WiFi sering disebut dengan hotspot.

Di sebuah LAN, setiap komputer atau node memiliki daya komputasi sendiri. Hal ini tidak sama dengan konsep dump termimal. Tiap komputer juga mampu mengakses sumber daya di LAN sesuai hak akses yang sudah diatur. Sumber daya ini dapat berupa perangkat atau data seperti printer. Di LAN, pengguna juga bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya dengan aplikasi yang sesuai.

Tidak sama dengan jaringan WAN atau Jaringan Area Luas, LAN memiliki karakteristik memiliki pusat data yang tinggi, mencakup wilayah geografi yang sempit, dan tidak memerlukan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi. Salah satu komputer dalam jaringan komputer biasanya digunakan sebagai server yang mengatur seluruh sistem di jaringan itu.

Baca Juga  Mengenal Macam Jenis Antena Pemancar WiFi serta Fungsinya

Pengertian LAN, MAN, WAN, Intranet, dan Internet Secara Lengkap

Pengertian MAN

MAN atau kepanjangan dari Metropolitan Area Network adalah suatu jaringan di dalam suatu kota dengan mengirimkan data berkecepatan tinggi yang menghubungkan beberapa lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain sebagainya. Jaringan MAN merupakan gabungan beberapa LAN. Jangkauan MAN ini antara berjarak 10 – 50 km. MAN adalah jaringan yang cocok untuk membangun jaringan antar perkantoran di dalam satu kota antara instansi/pabrik dan kantor pusat yang masih ada di dalam jangkauannya.

Pengrtian WAN

WAN atau kepanjangan dari Wide Area Network adalah jaringan komputer yang menjangkau area yang lebih luas misalnya jaringan komputer antar daerah, kota, atau negara. Jadi WAN adalah jaringan komputer yang memerlukan saluran komunikasi publik dan router. WAN dimanfaatkan untuk menghubungkan jaringan lokal satu dengan laainnya sehingga memungkinkan pengguna di suatu lokasi dapat berkomunikasi dengan para pengguna di lokasi lainnya.

Baca Juga : Macam Jenis Kabel Jaringan Internet dan Pengertiannya

Pengertian Intranet

Intranet merupakan sebuah jaringan komputer yang berbasis protocol TCP/IP layaknya internet. Namun jaringan ini hanya digunakan di lingkup internal kantor, perusahaan, atau bahkan warnet. Antar intranet memungkinkan untuk saling berkomunikasi satu dengan lainnya lewat sambungan internet yang menjadi tulang punggung komunikasi jarak jauh. Namun Sebuah Intranet sebenarnya tidak memerlukan sambungan luar ke Internet agar dapat berfungsi secara benar.

Baca Juga  Perbedaan Komputer Server dan Client Beserta Fungsinya

Jaringan Intranet memanfaatkan semua protocol TCP/IP Protocol, alamat IP, server, klien, dan juga protocol yang lainnya. Protokol HTTP dan sejumlah protocol internet lainnya (POP3, FTP, atau SMTP) biasanya adalah komponen protocol yang biasa digunakan. Intranet dapat dipahami sebagai versi pribadi jaringan internet atau sebuah versi Internet yang dimiliki suatu organisasi.

Pengertian Internet

Dari beberapa jaringan yang telah disebutkan di atas, Internet dapat dikatakan sebagai jaringan komputer yang paling luas dan mendunia yakni menghubungkan pengguna komputer dari sebuah negara ke negara yang lain di berbagai belahan dunia. Di dalamnya ada berbagai macam sumber daya informasi mulai dari statis hingga interaktif dan dinamis. Internet kini menjadi sumber informasi yang paling banyak diakses oleh masyarakat di dunia.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Merk Router Terbaik 2018

Merk Router Terbaik TP-Link vs D-Link vs Netgear, Bagus Mana?

Merk Router Terbaik TP-Link vs D-Link vs Netgear vs Asus, Bagus Mana? – Ada banyak …

One comment

  1. info manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.