Home > Komponen > Pengertian dan Macam Jenis Tipe VGA Card Berdasarkan Slot
Macam Jenis Tipe VGA Card Pada Slot Motherboard

Pengertian dan Macam Jenis Tipe VGA Card Berdasarkan Slot

Pengertian dan Macam Jenis Tipe Vga Card Berdasarkan Slot Pada Motherboard Komputer – VGA Card kepanjangan dari Video Graphic  Accelerator merupakan salah satu komponen terpenting pada komputer yang fungsinya adalah sebagai kartu grafis komputer yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor.

Ada cukup banyak merk VGA card yang dijual dipasaran dengan bermacam macam jenis tipe VGA card, seperti merk VGA Card terbaik dari merk Asus, Corsair, Digital Alliance, Evga, Gigabyte, Leadtek, Manli, MSI, Power Color, Sapphire, Zotac, Dll. Berdasarkan macam jenis tipe VGA card dibedakan menjadi 2 yaitu :

  • Berdasarkan jenis RAM
  • Berdasarkan arsitektur sistem I/O bus VGA

1. Macam Jenis Tipe Vga Card Berdasarkan jenis memori RAM

a. DRAM

Jenis kartu VGA yang memiliki jenis memori DRAM (dynamic RAM) dengan kecepatan 70 – 80 ns. Biasanya jenis memori DRAM banyak digunakan untuk VGA card ukuran 8, 16, dan 32 bit. Penggunaan memori DRAM ditujukan untuk komputer dengan tingkat entry level yang tidak butuh kecepatan tinggi dan warna grafis yang banyak.

b. EDO RAM

Kartu VGA yang menggunakan EDO RAM memiliki kecepatan 60-35 ns. Kebanyakan VGA card dengan EDO RAM digunakan pada kartu grafik ukuran 64 bit dan digunakan pada speed 60 MHz seperti VGA card merk winfast S280/S600, Ati Mach 64, Diamond Stealth.

c. VRAM

VGA card dengan VRAM memiliki kecepatan 20-10 ns. Untuk masalah harga VGA card dengan VRAM lebih mahal dibandingkan dengan VGA card dengan DRAM. Biasanya VRAM dipasang pada VGA card yang digunakan untuk komputer desain grafis dan gaming. Merk VGA card dengan VRAM yaitu diamond fire GL, stealth 3000 3D, stealth 64, dll.

d. SGRAM

Jenis kartu VGA yang memiliki jenis memori SGRAM (Synchronous Graphic RAM) dengan kecepatan kurang dari 10 ns. Kebanyakan VGA Card dengan SGRAM digunakan pada kartu grafis kelas tinggi yang memiliki kemampuan 3D accelerator seperti Matrox MGA millenium, mystique 3D, Diamond viper, stealth II S220, ATI Rage II 3D pro, ASUS 3D explorer, dll.

2. Macam jenis tipe VGA Card dari bentuk fisik :

Macam Jenis Tipe VGA Card Berdasarkan Slot

VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda. VGA Onboard dan VGA card Add-on masing-masing memiliki fungsi dan bentuk fisik yang berbeda-beda.

a. VGA Integrated atau VGA Card Onboard

VGA Onboard adalah VGA yang sudah terpasang pada Mainboard atau VGA card bawaan dari Motherboard. Kualitas VGA Card Onboard ini bisa dikatakan tidaklah begitu bagus, tapi jika hanya digunakan untuk membuka program office ataupun game yang tidak terlalu berat VGA Card Onboard ini masih cukup bagus.

b. VGA Offboard atau VGA Card add-on

VGA Card add-on merupakan VGA Card yang belum terintegrasi pada motherboard atau belum ada VGA pada motherboard komputer. VGA Offboard kualitasnya lebih baik dari pada VGA Onboard. Untuk VGA Offboard ada beberapa jenis yang diantaranya adalah : VGA PCI, VGA AGP, VGA PCI EXPRES.

3. Macam Jenis Tipe Vga Card Berdasarkan Arsitektur Sistem I/O bus VGA

Macam Jenis Tipe VGA Card Pada Slot Motherboard Komputer

a. VGA Card ISA

Jenis kartu VGA yang menggunakan slot ISA (Industry Standart Architecture) dengan sistem I/O 8 bit dan 16 bit. Tapi jenis VGA card ini sudah tidak lagi digunakan, karena jenis slot VGA ini memiliki kecepatan yang sangat lambat, kehalusan gambar dan kombinasi warna sangat terbatas.

b. VGA Card EISA

Jenis kartu VGA yang menggunakan slot EISA (Extended Industry Standart Architecture). Biasanya jenis VGA card dengan slot EISA digunakan pada sistem I/O 32 bit. Tapi janis VGA card ini sudah tidak dipergunakan lagi karena memiliki keterbatasan yang sama seperti VGA card ISA.

c. VGA Card PCI

Jenis Tipe Vga Card dengan slot PCI (Peripheral Component Interconnect) yang digunakan pada sistem I/O 32 but dan 64 bit. Meski masih ada, tapi jenis tipe VGA Card ini sudah jarang digunakan karena fiturnya yang terbatas membuat jenis tipe VGA card ini tidak dipilih. Slot PCI memiliki ciri ciri, bagian depan ada lekukan dan jenis pin lurus secara vertikal.

d. VGA Card AGP

Jenis Tipe Vga Card dengan slot AGP (Accelerated Graphics Port) yang digunakan pada sistem I/O 128 bit dan 256 bit. Ada beberapa voltase pada kartu VGA AGP ini yaitu AGP 1x dan AGP 2x (3,3 volt), AGP 4x dan AGP 8x (1,5 volt), AGP Universal dan serta AGP Pro Universal.

f. VGA Card PCIe (PCI Express)

Jenis Tipe Vga Card dengan slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) yang digunakan pada seri rangkaian sistem I/O dengan kecepatan transfer up to 32 GB/s. Beberapa VGA card dengan seri slot PCIe Express yang beredar dipasaran, yaitu PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, dan PCIe 16x.

Itulah Pengertian dan Macam Jenis Tipe Vga Card Berdasarkan Slot Pada Motherboard Komputer. Anda harus baca artikel ini sampai habis, karena sangat berguna bagi para pengguna komputer.

Mengapa demikian? Mengingat masing masing CPU memiliki slot VGA card yang berbeda beda sehingga dalam memilih VGA card, anda harus memilih sesuai kebutuhan komputer anda.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.