Home > Berita Teknologi > Mengenal Beberapa Masalah Yang Sering Timbul Pada Smartphone Andoird

Mengenal Beberapa Masalah Yang Sering Timbul Pada Smartphone Andoird

Android termasuk merupakan salah satu jenis smartphone tervaforit pada saat ini. Karena, smartphone ini banyak memberikan beragam kemudahan dan juga keunggulan pada setiap produk yang dilempar ke pasaran. Bagi pengguna yang sudah sering berurusan dengan handphone ini tentunya sudah faham betul dengan semua keunggulan dan kelemahan yang terdapat pada smartphone ini. Dari sekian banyak keunggulan yang ditawarkan, memang tetap ada beberapa masalah yang sering timbul pada smartphone dengan system android. Masalah-masalah kecil ini terkadang akan terasa cukup menjengkelkan. Tetapi demikian sebenarnya untuk mengatasi hal tersebut tidaklah begitu sulit, berikut ini kita coba membahas permasalahan tersebut satu per satu:

  • Ketersediaan Memory

Adakalanya kita merasa android menjadi lebih lambat. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena gadget tersebut mulai kehabisan ruang pada memory yang dimilikinya. Berbeda dengan laptop atau komputer yang dengan leluasa dapat kita tambah hardware memory atau RAMnya. Hingga saat ini, belum ada produsen smartphone yang mengizinkan pengguna biasa dapat melakukan penambahan RAM pada smartphone yang dimilikinya.

 

Satu-satunya cara yang mungkin bisa dilakukan oleh pengguna smartphone adalah dengan menggunakan software manajemen memory yang bisa diunduh dari google play. Aplikasi tersebut biasanya akan membantu kita sebagai pengguna untuk megelola memory yang kita gunakan. Selain itu, mematikan beberapa aplikasi yang berjalan dibelakang juga akan menghemat penggunaan Memory smartphone.

  •  Panas

Biasanya hal ini disebabkan karena kita menggunakan hp dalam waktu yang lama. Pada intinya, panas yang timbul diakibatkan oleh kerja processor yang berat sehingga memakan banyak tenaga. Hal inilah yang kemudian membuat smartphone terasa panas. Namun, panas yang berlebih ini dapat mengakibatkan batre menjadi lebih boros. Jika memang smartphone tersebut dirasa terlalu sering panas, ada baiknya untuk membawa smartphone tersebut ke pusat perbaikan.

  •  Boros

Perbedaan yang jelas sangat terasa dengan handphone generasi sebelumnya adalah hampir semua smartphone boros batre. Hal ini disebabkan karena hp tersebut selalu dalam keadaan aktif secara koneksi, walaupun kita tidak sedang menggunakan hp tersebut. Mematikan aplikasi yang berjalan bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan batre. Jika terasa masih cukup boros, mematikan semua jalur koneksi juga bisa memperpanjang daya hidup smartphone kamu. Efeknya smartphone tersebut tidak bisa terkoneksi dengan internet.

 

Selain boros batre, smartphone juga memaksa kita untuk menyediakan pulsa yang cukup untuk sambungan internet. Agar tidak terlalu boros pulsa, pada saat ini sudah tersedia paket smartphone yang ditawarkan oleh beberapa operator. Sehingga, jumlah sana yang dikeluarkan untuk pembelian pulsa bisa sedikit ditekan.

  •  Sinkronisasi Data

Jika kira berkeinginan untuk melakukan sinkronisasi data antara gadget dengan data yang kita miliki, misalkan email, maka kita perlu melakukan sinkronisasi data. Biasanya hal ini akan berlangsung tanpa adanya hambatan yang berarti. Jika kemudian terjadi kegagalan pada saat sinkronisasi data tersebut, kita bisa mencoba memperhatikan apakah pada saat sinkronisasi gadget kita terhubung dengan baik ke internet. Mencoba restart smartphone juga dapat dilakukan jika memang kurang yakin dengan koneksi yang ada. Atau cara kedua bisa dengan cara membuka beberapa halaman website dan lihat apakah halaman tersebut bisa terbuka dengan lancar atau lambat atautidak dapat terbuka sama sekali.

 

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan smartphone kita terserang oleh beragam virus. Untuk menghindari serangan tersebut, pastikan bahwa ponsel android yang kita miliki telah terinstal aplikasi antivirus.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.