Home > Peralatan Kantor > Memilih Projector untuk Kebutuhan Kantor, Fitur Apakah Yang Perlu Di Pertimbangkan?
Cara Memilih Proyektor Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Memilih Projector untuk Kebutuhan Kantor, Fitur Apakah Yang Perlu Di Pertimbangkan?

Projector adalah salah satu kebutuhan mutlak bagi kantor karena perangkat elektronik ini akan sangat berguna untuk melakukan presentasi secare efektif. Ada berbagai pilihan projector yang disediakan di pasar dengan harga, spesifikasi, dan pillihan berbeda. Jika projector disesuaikan dengan kebutuhan kantor, harga mungkin tidak terlalu menjadi masalah. Faktor yang paling penting adalah kualitas dari projector itu sendiri. Melalui artikel ini, Anda bisa mempelajari cara yang tepat untuk mendapatkan projector yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kantor Anda.

Kantor adalah jantung bisnis. Kesukesan Anda dalam berbisnis ditentukan oleh kinerja karyawan dan kerjasama yang terjalin antar karyawan. Mungkin presentasi dengan OHP masih sering dilakukan beberapa tahun silam. Metode ini menjadi pilihan bagi beberapa kantor karena dinilai lebih ekonomis. Namun, karyawan tidak bisa melakukan presentasi secara lebih efektif karena mereka harus membolak-balik lembaran presentasi dan mencetaknya terlebih dahulu. Di era moden ini, laptop dan projector warna (LCD atau DLP) yang lebih dinamis menjadi pilihan yang tepat untuk kantor.

Cara Memilih Proyektor Yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Dengan kata lain, projector ini adalah tipe paling ideal untuk sekarang. Dengan teknologi digital, karyawan bisa mengedit dokumen presentasi dengan mudah. Mereka tidak perlu mencetak presentasi karena sudah ditampilkan oleh projector. Selain itu, presentasi juga tampak lebih atraktif dan komunikatif. Presentasi dengan OHP mungkin hanya menampilan rangkaian kata yang monoton. Namun, presentasi yang lebih modern menggunakan tampilan yang lebih berwarna dengan berbagai template, animasi, dan sound effect. Selain itu, karyawan juga bisa menyangkan gambar atau video untuk menerangkan poin tertentu secara lebih komunikatif. Presentasi multimedia jauh lebik baik daripada presentasi OHP.

Setidaknya, ada tiga macam projector yang bisa Anda pilih untuk kantor. Pilihan pertama adalah Liquid Crystal Display. Projector dengan teknologi LCD mampu memberikan kualitas gambar yang lebih baik. Pengolahan gambar dilakukan melalui beberapa filter sehingga kutalias warna menjadi lebih baik dan Anda bisa menentukan panel warna yang diinginkan. Selain itu, intensitas cahaya juga tinggi. LCD adalah tipe yang paling banyak dicari di pasaran sehingga perkembangan juga cukup pesat. Sayangnya, projector ini mudah panas dan Anda membutuhkan pendingin ekstra untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk.

Digital Light Processing adalah pilihan kedua. Teknologi ini dikembangkan dengan chip yang tediri dari banyak cermin berukuran super kecil. Setiap cermin pada chip tersebut merepresentasikan satu pixel. Constrast rasio projector ini sangat bisa diandalkan dan Anda bisa mengatur pixel. Ukurannya yang lebih ramping membuatnya terlihat menarik. Sayangnya, projector ini cukup sensitif jika ada perubahan voltase.

Liquid Crystal On Silicon mungkin menjadi pilihan yang paling dinamis. Teknologi ini adalah gabungan antara LCD dan DLP. Projector ini adalah pilihan terbaik karena menggunakan dua teknologi secara bersamaan untuk mendapatkan hasil maksimal. Sayangnya, harganya memang sangat mahal.

Setelah Anda mengetahui perbandingan ketiga tipe projector tersebut, Anda bisa menentukan pilihan paling tepat untuk kantor Anda. Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan adalah lumens. Projector dengan 2000 lumens adalah pilihan ideal untuk kantor. Anda membutuhkan projector dengan lumens yang sesuai. Untuk ruangan konferensi, Anda bisa menggunakan projector dengan 2500 lumens. Faktor kedua adalah contrasst rasio. Perbandingan ideal untuk kantor adalah 300:1 atau 400:1. Usia lampu projector juga sangat penting karena menentukan durabilitas produk yang Anda beli. Pilihlah projector dengan lamp life lebih dari 2000 jam. Fitur tambahan lainnya juga perlu Anda perhatikan ketika membeli projector.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.