Home > Gadget > Macam Jenis CPU Prosesor Pada Smartphone dan Penjelasannya
Macam Jenis CPU Prosesor Pada Smartphone dan Penjelasannya

Macam Jenis CPU Prosesor Pada Smartphone dan Penjelasannya

Macam Jenis CPU Prosesor Pada Smartphone Dan Penjelasannya – Di era yang serba modern ini hampir semua masyarakat menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi mereka. Bukan hanya berguna sebagai alat komunikasi saja, smartphone nyatanya membantu aktivitas manusia sehari – hari. Bahkan saat ini banyak orang yang memiliki lebih dari dua smartphone.

Namun kebanyakan dari mereka hanya mempergunakannya dan tidak mengetahui fungsi pada bagian – bagian smartphone tersebut. Salah satu bagian terpenting adalah prosesor. Tentunya, setiap smartphone memiliki jenis prosesor yang berbeda – beda. Maka dari itu, kali ini akan sedikit dijelaskan macam jenis prosesor pada smartphone dan penjelasannya.

Layaknya manusia yang memiliki otak, prosesor atau biasa disebut dengan CPU (Central Processor Unit) adalah otak dari smartphone. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, prosesor sangat penting untuk smartphone karena pusat dari kerja smartphone itu sendiri. Jadi tidak hanya di komputer saja, prosesor digunakan, smartphone juga menggunakannya. Namun berbeda dengan komputer, prosesor yang digunakan khusus untuk smartphone itu sendiri, seperti berikut ini :

Qualcomm Snapdragon

Prosesor Pada Smartphone Qualcomm Snapdragon

Qualcomm snapdragon merupakan jenis prosesor pada samrtphone yang hampir digunakan pada semua jenis smartphone saat ini. Prosesor ini merupakan jenis prosesor yang berasal dari Amerika dan telah memiliki 4 generasi, yakni Snapdragon S1, S2, S3 dan S4. Prosesor jenis yang satu ini memiliki kualitas yang sangat mempuni dan belum ada yang bisa menyaingi prosesor besutan Amerika ini. Grafik yang diberikan oleh prosesor Qualcomm yakni Adreno yang merupakan anak buah dari AT1. Prosesor ini sangat bagus bagi Anda yang pencinta game.

Baca Juga  Tips Memperpanjang Umur Baterai Laptop dan Gadget

Prosesor Mediatek

Prosesor Pada Smartphone Mediatek

Mediatek merupakan salah satu produsen chipset untuk smartphone yang lebih banyak dikenal dengan sebutan MTK. Pada awalnya, Mediatek dianggap sebagai tidak lebih bagus dari Qualcomm sehingga banyak yang meragukan kinerjanya. Namun saat ini, Mediatex mampu memiliki prosesor yang hampir sama dengan kemampuan Qualcomm. Kelebihan lain dari prosesor Mediatex adalah harganya yang cukup terjangkau.

Prosesor Intel

Prosesor Pada Smartphone Intel

Intel merupakan jenis prosesor yang banyak digunakan pada laptop. Namun kali ini, Intel juga digunakan pada beberapa jenis smartphone, sebut saja, Asus zenfone atau Lenovo K900. Prosesor Intel sendiri memang memiliki kemampuan yang cukup handal dengan teknologi thread. Di mana teknologi ini membuat dual core layaknya memiliki empat inti.

Prosesor OMAP

Prosesor Pada Smartphone OMAP CPU

Prosesor yang satu ini merupakan hasil produksi dari Texas Instrument. Prosesor yang satu ini serinf digunakan oleh beberapa smartphone yang memiliki kemampuan yang handal, sebut saja Samsung Galaxy Nexus. Kelebihan yang dimilikinya adalah mampu menampilakan situs seperti Anda sedang melakukan browsing di PC. Tidak hanya itu saja, user interface yang lebih cepat dan juga menghasilkan video full HD baik dari kamera primer atau sekunder. Maka tidak heran, akan sangat cocok untuk Anda yang suka streaming video.

Prosesor NVIDIA Tegra

Prosesor Pada Smartphone NVIDIA Tegra

Salah satu prosesor pada smartphone besutan NVDIA ini sangat baik untuk Anda yang merupakan para gamers. Di mana, produk yang satu ini merupakan produk yang terlebih dahulu mengenalkan quad core dibandingkan produk lainnya yang masih dual core mereka. Inti dari semua prosesor ini akan bekerja dengan baik saat Anda memaikan game yang berat. Sebaliknya saat Anda hanya menjalankan aplikasi ringan saja, hanya satu yang bekerja.

Baca Juga  Cara Merawat Baterai Handphone Agar Tetap Awet

Prosesor Exynos

Prosesor Pada Smartphone Exynos

Salah satu prosesor pada smartphone besutan dari Samsung yang dikhususkan untuk chipset smartphone dan tablet. Kemampuan yang dimiliki oleh prosesor yang satu ini dirasa hampir menyerupai Qualcomm. Selain itu, tambahan GPU membuatnya berguna untuk game 3D dan multitasking.

Hubungi DimensiData.com

About Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Daftar HP Xiaomi Keluaran Terbaru 2018 Harga dan Spesifikasi

Daftar HP Xiaomi Keluaran Terbaru 2018 Jilid 2

Daftar HP Xiaomi Keluaran Terbaru 2018 Jilid 2 – HP Xiaomi masih sangat laris di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.