Home > Berita Teknologi > Kenapa Harus Memakai IBM Server System X?
Kenapa Harus Memakai IBM Server System X?

Kenapa Harus Memakai IBM Server System X?

Kebutuhan terhadap media penyimpanan data terus meningkat dan kita membutuhkan solusi yang benar-benar teruji seperi IBM Server System X. Komputer sever memang harus benar-benar tangguh dan berperforma tinggi. Kemampuannya harus diatas komputer rumahan biasa untuk menyimpan data dalam kapasitas besar tanpa ada gangguan apapun. Terlebih lagi, perusahaan juga membutuhkan media penyimpanan data dengan kapasitas yang besar. Bahkan, pembelian server adalah salah satu pengeluaran paling besar bagi suatu perusahaan. Kebutuhan ini dipahami oleh IBM dan solusi terhadap kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan bantuan teknologi dalam IBM Server System X. Apa saja yang ditawarkan oleh teknologi ini?

Kebutuhan terhadap teknologi server yang benar-benar berkualitas memang akan selalu meningkat. Bahkan, pengeluaran TI yang terbesar pada suatu perusahaan ada pada server itu sendiri. Tidak bisa dipungkiri bahwa spesifikasi sebuah server memang harus benar-benar teruji. IBM pun menawarkan berbagai pilihan server, termasuk tipe Rack dan Blade yang berbasis Intel Xeon 5500. Teknologi ini dirancang sedemikian rupa untuk menghemat konsumsi energi hingga 93%.

IBM menawarkan berbagai produk IBM Server System X Series yang mampu memberikan solusi handal bagi penyimpanan data. Produk tersebut adalah IBM System X3100 M4 (Tower), X3200 M3 (Tower), X3250 M3 (Rackmount 1U), X3250 M4 (Rackmount 1U), X3400-M3 (Tower), X3500-M3 (Tower), X3550-M3 (Rackmount 1U), X3620-M3 (Rackmount 2U), X3630-M3 (Rackmount 2U), X3650-M3 (Rackmount 2U), X3850-M3 (Rackmount 4U), X3650 M3, dan X iDataPlex dx360 M2.

Kenapa Harus Memakai IBM Server System X?

Semua produk tersebut dirilis untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan dan pengelolaan data yang semakin kompleks. Server tipe rack dan tower mempunyai kelebihan masing-masing. Server tipe rack harganya lebih mahal dari tipe tower. Server ini ditempatkan di ruangan kecil. Ruangan seluas 2×3 m sudah lebih dari cukup untuk menyimpan 40 server. Server Tower harganya lebih murah tetapi membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Dengan kata lain, server ini tidak terlalu praktis.

X iDataPlex dx360 M2 dirancang sebagai pusat data yang membutuhkan performa tinggi. Pilihan ini sangat cocok untuk perusahaan riset. Dibandingkan dengan server rack 1U, densitasnya mencapai lima kali lipat. Sistem pendinginya mampu bekerja lebih efisien. Jika server ini digunakan, perusahaan diklaim bisa menghemat anggaran sampai US$ 10.148 setiap tahun untuk satu rack.

Selain itu, IBM juga menawarkan software khusus System Director untuk mengelola sistem dan membuatnya bekerja seefektif mungkin. Fitur-fitur tersebut membuat Server IBM selangkah lebih maju daripada server lainnya. Bagaimana dengan server system X3650 M3? Performanya didukung oleh dua Intel Xeon 5600 3.33 GHz six-core (3.46 GHz four-core) yang berbasis QuickPath Interconnect. Dengan spesifikasi tersebut, server mampu memberikan kecepatan akses memori 1333 MHz. Server IBM ini bisa didukung dengan sistem operasi Windows Server 2008 R2.

Kenapa harus percaya pada kualitas produk server IBM System X Series maupun seri lainnya? Kualitas adalah alasan utama untuk membeli sebuah server. Performa dan fiturnya harus melampaui komputer rumahan biasa karena server memang digunakan untuk menyimpan data dengan kapasitas yang begitu besar. Bahkan, IBM juga mengenalkan fitur yang terintegrasi secara penuh. Semua yang dibutuhkan server telah tersedia lengkap dalam sistem operasinya.

Ada beberapa tips menarik untuk memilih server IBM. Pertama, tentukan budget yang akan digunakan untuk pembelian server. Tentukan jenis serta jumlah processor (sesuaikan dengan kebutuhan). Selain itu, kapasitas memori dan tipe server juga perlu diperhitungkan.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Satu komentar

  1. ulasannya sangat lengkap dan bermanfaat..
    recommended deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.