Home > Networking > Jenis Jaringan Komputer Beserta Penjelasan dan Fungsinya
Jenis Jaringan Komputer Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Jenis Jaringan Komputer Beserta Penjelasan dan Fungsinya

Macam Jenis Jaringan Komputer Beserta Penjelasan dan Fungsinya – Istilah jaringan komputer tentu sudah sering didengar oleh Anda. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat banyak tipe jaringan komputer yang ada di muka bumi ini. Sebelum membahas lebih lanjut, kami akan memberikan informasi tentang pengertian jaringan komputer terlebih dulu.

Pengertian Jaringan Komputer

Secara garis besar, jaringan komputer merupakan sistem yang mengkoneksikan antara dua atau lebih komputer, dimana komputer-komputer ini terkoneksikan dengan sistem komunikasi. Dengan demikian, komputer yang terhubung dengan jaringan tersebut bisa saling mengakses.

Dalam sebuah jaringan komputer terdapat hubungan client-server. Client merupakan komputer yang mengajukan permintaan akses dan server merupakan komputer yang mengizinkan permintaan akses dari client.

Untuk memberikan gambaran yang mudah, kami berikan contoh: ketika Anda sedang mengetik kata kunci “Jenis-Jenis Jaringan Komputer: Penjelasan, Fungsi, dan Gambar” di mesin telusur (Google), maka Anda sedang melakukan permintaan (bertindak sebagai client). Lalu mesin telusur menampilkan beberapa alamat url, salah satunya adalah situs ini. Anda pun mengklik alamat url situs ini yang mengizinkan akses data (bertindak sebagai server) yang ingin Anda lihat.

Fungsi Jaringan Komputer

Jika dilihat dari sisi fungsionalnya, maka jaringan komputer difungsikan untuk hanya digunakan sebagai client-server itu sudah cukup. Tapi, sayangnya, ada beberapa jaringan komputer yang memang dikhususkan untuk server saja atau client saja. Dengan demikian, berdasarkan fungsinya, jenis jaringan komputer dibagi menjadi dua, yaitu jenis jaringan client-server dan jenis jaringan peer-to-peer.

1. Jenis jaringan client-server

Dalam jaringan komputer ini, ada komputer yang bertindak sebagai server untuk memberikan layanan. Contohnya, sebuah situs memiliki server di sebuah hosting. Nah hosting ini dikelola oleh komputer yang bertindak sebagai server. Berapa komputer yang tersedia tergantung kebutuhannya, disesuaikan kapasitasnya.

2. Jenis jaringan peer-to-peer

Dalam jaringan komputer ini, masing-masing host dapat bertindak sebagai client maupun server secara bersamaan. Contoh untuk memahami jenis jaringan ini adalah tiga komputer yang saling terkoneksi melakukan akses di semua komputer. Komputer A mengakses komputer B dan C, komputer B mengakses komputer A dan C, dan komputer C mengakses komputer A dan B.

Semua komputer ini bisa saling mengakses file. Dengan begitu, semua komputer ini bertindak sebagai server (memberi) sekaligus client (meminta) secara bersamaan. Inilah yang disebut jaringan peer-to-peer.

Jenis Jaringan Komputer

Diatas tadi, kita sudah membahas tentang fungsi jaringan komputer. Nah, jenis jaringan komputer ini kemudian dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Ada 6 macam jaringan komputer yang ada di muka bumi ini, antara lain:

Gambar Jenis Jaringan Komputer

1. Jenis Jaringan Berdasarkan Geografis

Jenis-Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Geografis terdiri dari Jaringan MAN (Metropolitan Area Network), jaringan LAN (Local Area Network), dan jaringan WAN (Wide Area Network).

2. Jenis Jaringan Berdasarkan Informasi

Tipe Jaringan Komputer Berdasarkan Informasi terdiri dari Jaringan terdistribusi dan jaringan terpusat.

3. Jenis Jaringan Berdasarkan Topologi Jaringan

Tipe Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Jaringan Komputer terdiri dari Topologi Jaringan Ring, Topologi Bus, Topologi Star, Topologi Mesh, Topologi Jaringan Tree, Topologi Linier, Topologi Hybrid, dan Topologi Peer to Peer.

4. Jenis Jaringan Berdasarkan Cara Mengirim-menerima Data

Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Cara Mengirim-menerima Data / Informasi terdiri dari jaringan berkabel (Wired Network) dan jaringan tanpa kabel atau nirkabel (Wireless Network).

5. Jenis Jaringan Berdasarkan Proses Data

Tipe Jaringan Komputer Berdasarkan Proses Data terdiri dari Jaringan Peer-to-peer dan jaringan Client-Server.

Demikianlah sekelumit penjelasan tentang jenis-jenis jaringan komputer: penjelasan, fungsi, dan gambarnya. Mudah-mudahan, artikel ini memberikan informasi yang gamblang untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Hubungi DimensiData.com

Tentang Deni Saputro

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.