Home > Peralatan Kantor > Jenis Catridge/ Toner Printer Yang banyak digunakan

Jenis Catridge/ Toner Printer Yang banyak digunakan

Cartridge adalah salah satu komponen yang terdapat pada  printer dan   harus kita perhatikan betul. Saat  kita memiliki  printer dan sering menggunakannya  maka kita juga harus bisa merawatnya dengan baik  agar bagian-bagian printer tersebut bisa bekerja dengan baik lebih lama.  Salah satu yang harus diperhatikan adalah  cartridge pada printer  tersebut.  Ada banyak jenis cartridge yang bisa kita pilih dan tersedia  dipasaran dengan harga bervariasi. Cartridge merupakan  kemasan  yang  dapat dipindahkan   pada  printer yang memuat  optical disk. Dalam hal ini  kita juga berhubungan dengan namanya tinta, tnta  yang digunakan untuk mencetak ini  kemudian ditempatkan pada cartridge tersebut. Ada beberapa macam tinta yang bisa ditempatkan pada  komponen printer ini.

Jenis Catridge Toner Printer Yang  banyak digunakan_2

Cartridge  yang   ada pada printer inkjet ini merupakan komponen  yang bisa dilepas dan dipasanng kembali  sesuai kebutuhan penggunanya.  Komponen ini menjadi alat untuk menampung tinta yang nantinya untuk proses printing, jadi jika pada  printer jenis inkjet tidak ada  cartridge maka  printer tersebut tidak bisa mencetak  dokumen.  Setiap merek  printer memliki jenis  cartridge yang berbeda, jadi  sebelum kita mengganti cartridge   maka harus diketahui dulu merek printer yang kita miliki.  Jenis cartridge yang berbeda pada masing-masing printer tersebut disebabkan oleh  teknologi yang dipakai oleh printer tersebut juga beda.

Untuk  merek  printer  Epson,  harga cartridge jauh lebih murah  dibandingkan dengan merek printer lainnya. Printer  Epson memang menjual terpisah cartridge-nya, dan teknologi yang digunakan  oleh printer ini  menggunakan  teknologi Micro Piezo. Teknologi printing pada  printer Epson  dengan Micro Piezo ini  menggunakan  piezoelectronic  pada tiap proses printing.  Jika kita punya printer dengan merek  Canon, maka cartridge yang kita  beli pun tidak sama dengan catridge pada printer  Epson. Kadang bagi orang awam, mereka sangat sulit membedakan mana  tempat penempatan   tinta yang harus dipilih  dan mana  yang tidak  bisa digunakan untuk printer yang dimilikinya. Jangan salah, jika   kita salah membeli   alat ini maka proses cetak pun tidak akan berjalan lancar.

Pada  cartridge yang dimiliki oleh printer  Epson seperti ulasan di atas,  dengan menggunakan teknologi  Micro Piezo  dan menggunakan cristal, maka cristal tersebut  akan  berubah baik bentuk maupun ukurannya, proses ini  membuat  tetesan  tinta menjadi lebih kecil  dan lebih rapat.  Tingkat kerapatan yang tinggi membuat hasil cetakan menjadi lebih bagus terutama  untuk cetakan warna.  Untuk  Anda yang  ingin mendapatkan cetakan yang baik maka Anda bisa memperhatikan  keadaan  cartridge pada  printer tersebut.

Beberapa jenis cartridge  yang  banyak digunakan diantaranya:

  • Cartridge PG 810

Cartridge ini  sangat cocok digunakan untuk jenis printer  Canon  iP 2770/ 2772/ 258/ 268/287/ MX 328/ 347/357.

  • Cartridge PG 830 dan CL 831

Kedua jenis cartridge  yaitu  PG 830 dan CL 831  bisa digunakan untuk  printer  Canon PIXMA Series iP 1880/ 2580/ 1980/ MP 145/ 218/ 228/ MX 308/ 318

  • Cartridge CL 41 dan PG 40

Bagi Anda yang memiliki jenis printer Canon PIXMA Series iP 1180 maka Anda bisa menggunakan cartridge  CL 41 dan PG 40.  Selain itu  kedua jenis cartridge ini juga bisa digunakan untuk  printer Canon PIXMA  Series iP 1200/ 1300/ 1700/ 1800/  MX 308/ FAX JX 200/ 201/ 500.

Dengan mengetahui jenis  cartridge dan   merek  printer  yang cocok dengan  cartridge tersebut maka Anda bisa merawat printer dengan tepat dan  menggunakannya sesuai kebutuhan.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.