Home > Peralatan Kantor > Cara Mudah Mengatasi Hasil Print Bergaris Pada Printer

Cara Mudah Mengatasi Hasil Print Bergaris Pada Printer

7 Cara Mudah Mengatasi Hasil Print Bergaris Untuk semua Merk Printer – Banyak orang merasa kebingungan saat melihat hasil print yang bergaris pada merk printer canon mp287, canon mp237, canon ip 2770, epson l360, epson l120 dan lainnya, sehingga tak jarang mereka pun kesal karena tidak tahu bagaimana cara mengatasi hasil print bergaris. Namun dengan trik-trik mengatasi hasil print bergaris mudah berikut ini, Anda bisa mengatasi hasil cetakan bergaris pada mesin print di rumah :

1. Bersihkan Bagian Encouder Printer

Encouder ini berupa mika panjang membentang, tepat di bagian belakang catridge. Fungsi encouder ini sebagai sensor, apabila encouder tersebut kotor maka bisa berpengaruh terhadap hasil cetakannya, seperti hasil cetakan yang bergaris. Adapun untuk membersihkan bagian encouder ini, Anda cukup membersihkannya menggunakan tissue dengan perlahan. Bisa juga dengan membuka encouder lalu merendamnya pada air hangat selama beberapa saat sampai kotoran yang terdapat pada encouder hilang, namun pastikan encouder tersebut kering sebelum Anda memasangnya kembali.

2. Rendam Catridge ke dalam Air Alkohol atau Air Hangat

Cara mengatasi hasil print bergaris ini bisa dilakukan apabila tinta yang terdapat dalam cartridge menggumpal, umumnya terjadi jika printer lama tidak digunakan. Karena itulah, para teknisi biasanya menyarankan agar printer digunakan setiap hari untuk melakukan percetakan dokumen, minimal 1 halaman saja. Penggumpalan tinta ini tentu dapat menyebabkan hasil cetakan kurang baik, bahkan tak hanya bergaris, cetakan yang dihasilkan pun bisa menjadi pudar atau bisa juga kosong walaupun tinta printer baru Anda isi penuh.

3. Sedot Tinta Pada Cartridge

Cara mengatasi hasil print bergaris ini sebenarnya tindak lanjut cara yang terdapat dalam poin kedua, untuk mengoptimalkan keadaan tinta cartridge yang sedang bermasalah akibat penggumpalan tinta, Anda juga bisa menyedot tinda dari cartridge sampai kosong. Anda bisa memakai suntikan untuk menyedot tinta pada cartrifhe, bisa juga dengan memakai sedotan khusus sehingga tinta yang dikeluarkan bisa langsung dilakukan mulai dari bagian head cartridge.

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Printer Epson dan Canon

4. Membersihkan Head – Head cleaning

Head cleaning adalah bagian dari software printer management, dan bisa diakses dengan membuka control panel kemudian masuk ke hardware and sound lalu ke devices and printers. Selanjutnya klik kanan ikon printer lalu pilih menu printing preference selanjutnya buka bagian tab maintenance, pasalnya hampir setiap printer dari berbagai merk dilengkapi oleh fitur tersebut.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Macam Tinta Printer

5. Lihat Apakah Tinta Mengalir Dengan Baik dari Botol Infus Menuju Cartridge

Tinta yang tak mengalir dengan lancar dari botol ke dalam cartridge bisa mengakibatkan terjadinya ketidaksesuaian hasil cetakan. Ini biasanya terjadi akibat pasokan tinta yang terdapat dalam cartridge bekerja tidak maksimal, apabila Anda menjumpai alliran tinta pada botol infus menuju cartridge putus-putus, sebaiknya cabut bagian ujung selang pada cartridge kemudian sedot dengan suntikan secara perlahan sampai tinta mencapai bagian ujung selang kemudian masukkan pada lubang cartridge.

6. Meningkatkan Kualitas Cetak

Umumnya setiap printer dilengkapi oleh fitur yang dapat mengatur kualitas hasil cetakan, mulai dari kualitas cetakan rendah, kualitas cetakan normal, hingga kualitas cetakan tinggi. Uumnya dipakai untuk mencetak file/dokumen berisi teks dengan kualitas terbaik pada merk printer Canon. Sementara untuk printer Epson sendiri biasanya terdiri dari 5 pilihan cetak, yang diantaranya draft text, text & image, photo, dan juga best photo.

7. Mengganti Cartridge

Apabila cara-cara mengatasi hasil print bergaris di atas sudah Anda lakukan namun tetap saja hasil cetakannya bergaris, sebaiknya Anda membeli cartridge yang baru sesuai dengan jenis printer yang digunakan, tak perlu mengganti semua cartridge, cukup mengganti salah satu jenis cartridge yang mengalami problem saja.

Membeli cartridge baru dan mengganti cartridge yang lama memang hal wajar pada beberapa merk printer, seperti Canon yang memiliki bagian cartridge-nya menyatu bersama printer head, dengan begitu jika headnya rusak, bisa diganti oleh cartridge yang baru. Berbeda halnya untuk printer Epson yang cartridge-nya terpisah dengan printer head-nya.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.