Home > Berita Teknologi > Android Phone Versus Windows Phone 8

Android Phone Versus Windows Phone 8

Android Phone Versus Windows Phone 8
Belakangan ini, smartphone menjadi salah satu gadget yang paling digandrungi di pasaran. Melihat minat konsumen yang begitu besar terhadap perangkat ini, produsen smartphone gencar memperkanalkan produk baru dengan fitur yang tidak ada pada produk sebelumnya. Persaingan tersebut memang membawa dampak positif bagi konsumen terutama mereka yang ingin mendapatkan produk terbaik dengan harga menarik. OS adalah salah satu pendukung utama smartphone. Tanpa sistem operasi, smartphone tidak bisa dioperasikan. Dengan kata lain, OS juga menentukan kualitas dari smartphone itu sendiri. Jika Anda ingin membeli smartphone, Anda juga perlu membandingkan sistem operasi di dalamnya. Android, iOS, dan Windows Phone adalah sistem operasi yang diterapkan untuk smartphone. Bagaimanakah perbandingan antara Android dan Windows Phone 8?

Dilihat dari segi popularitas, Android jauh lebih unggul daripada Windows Phone. Jika dilihat dari market share, presentase Windows Phone memang sangat kecil (hanya sekitar 3%). Perlu diketahui, Android menjadi sistem operasi yang sangat populer karena mudah dioperasikan, didukung banyak aplikasi gratis, dan perkembangannya juga sangat cepat. Android adalah sistem operasi yang cukup user friendly karena mendukug fitur layar sentuh. Hanya dengan menyentuh tombol atau ikon tertentu, pegguna bisa mengakses menu dan fitur Android. Sistem Android juga menjadi primadona karena penggunanya bisa mengakses ribuan aplikasi gratis yang disediakan Google di Play Store. Jika Anda membandingkan Android versi Froyo dan Gingerbread, perbedaan kedua OS tersebut sangat signifikan. Meskipun selisih ‘usia’ kedua sistem operasi tersebut tidak terlalu besar, perkembangannya cukup pesat.

Bagaimana dengan popularitas Windows Phone 8 ? Windows memang belum lama masuk dalam bisnis sistem operasi untuk smartphone, tetapi perusahaan ini sudah menduduki peringkat teratas untuk sistem operasi bagi PC desktop atau notebook.  Windows Phone 8 memang belum lama masuk dalam  market smartphone, tetapi perusahaan ini sudah menduduki peringkat teratas untuk sistem operasi bagi PC desktop atau notebook.    Mungkin Windows butuh waktu yang cukup lama untuk menarik minat konsumen dan mendapatkan market share yang lebih tinggi. Tidak seperti Android yang digunakan oleh banyak produsen smartphone terkenal, Windows Phone mungkin bisa dibilang sepi peminat. Nokia Lumia memang mencapai penjualan yang cukup memuaskan, tetapi penjualan tersebut tidak bisa mendongkrak popularitas Windows Phone. Selain itu, penjualan Lumia pun masih jauh di bawah iPhone.

Bagaimana dengan perbandingan fitur antara Android dan Windows Phone? Fitur yang telah dikembangkan dalam Android 4.1 Jelly Bean memang jauh lebih baik dari versi sebelumnya. Sistem operasi untuk smartphone ini juga menyediakan akses bagi penggunanya untuk menikmati hiburan multimedia melalui Google Play. Pengguna Android bisa mendapatkan aplikasi, musik, atau film terbaru sesuai dengan keinginan mereka. Pengguna juga bisa mendapatkan game baik yang gratis maupun berbayar. Windows Phone 8 menawarkan akses untuk menikmati musik melalui Xbox Music. Dibandingkan dengan Google Play, jumlah game untuk pengguna Windows Phone 8 masih sedikit, tetapi pengguna bisa mendapatkan game eksklusif yang tidak bisa ditemukan dengan mudah. Jumlah aplikasi untuk Windows Phone sendiri meamng lebih sedikit dari Android. Windows Phone 8 hanya menyediakan sekitar 100.000 aplikasi dan Android menyediakan lebih dari 600.000 aplikasi untuk penggunanya. Untuk membuat penggunanya tetap terkoneksi satu sama lain, Android juga memberikan integrasi melalui berbagai social media seperti Twitter dan Facebook. Namun, Windows Phone 8 menambahkan LinkedIn dan Windows Live untuk penggunanya.

Sistem operasi manakah yang lebih Anda sukai? Dari segi popularitas, Android memang jauh lebih unggul dari Windows Phone. Dilihat dari fiturnya, kedua sistem operasi tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

8 komentar

  1. Koreksi sedikit Bung..!!
    Pada paragraf 3 disbutkan “Bagaimana dengan popularitas Windows Phone? Windows memang belum lama masuk dalam bisnis sistem operasi untuk smartphone,….”

    Kalimat yang sangat salah… padahal Windows Phone adalah OS smartphone yang paling awal hadir berbarengan dengan Palm OS jauh sebelum Android Muncul. Anda pasti ingat dengan produk-produk O2 dan DOPOD yang pada waktu itu sangat exist bersaingan dengan Palm Treo etc…

    Mohon dikoreksi ya……..

    • Maksud gue paragraf 2….

    • Terima Kasih atas komen dan koreksinya mas Hamdani, saya setuju memang Windows CE / windows mobile memang sudah lama exist di jaman nya palm OS treo, tetapi OS yg baru ini adalah Windows Phone jadi beda Mas, saya sudah koreksikan juga ke Windows Phone 8 menjadi lebih specific lagi 🙂

      Microsoft membrandingkan OS baru ini dengan Windows Phone jd beda dengan Windows Mobile kalo masi ingat yang seri O2, dopod etc..

      Terima Kasih sekali lagi untuk komen nya 🙂

  2. Perbedaanya apa min?? Jelasin dong kalo emang beda system? Bukanya dari winmo ke wp itu adalah peningkatan system. Dan system dasar winmo dan wp kan sama dari akar yg sama?? Kalo fikatakan beda tampilan baru dehh agak setuju..mohon koreksi kalo salah dan mohon jawabanya system dasar yg di pake winmo dan WP

  3. Smua’y pada ribut soal OS, dan gw jadi bingung kudu pilih OS yg mana?. . .

    Plesa comment

    • OS= operating system alis software yg dipakai di jenis hp

      misal iphone OSnya ya iOS
      window sphone OSnya ya pake windows OS
      android ya OSnya pasti android juga
      blackberry ya OSnya os Blackberry

      seperti itu kira kira 🙂

  4. OS android makin sukses sekarang, kalau windows phone kayaknya makin terpuruk ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.