Home > Gadget > Urutan Jenis Macam Processor dan GPU Terbaik Smartphone Saat Ini
Mengenal Urutan Jenis Macam Processor Terbaik Smartphone Android Terbaru

Urutan Jenis Macam Processor dan GPU Terbaik Smartphone Saat Ini

blog.dimensidata.com – Mengenal Urutan dan  Tipe Jenis macam Prosesor serta GPU Smartphone Terbaik terabru saat ini . Prosesor atau yang sering disebut dengan CPU (Central Processor Unit ) selalu menjadi bagian wajib bahkan sangat penting di setiap device smartphone, Karena dia adalah pusat atau otak dari segala kinerja yang teroperasikan pada device smarthpohe tersebut. Tidak hanya pada PC, prosesor atau CPU ini juga terdapat pada Smartphone.

Banyak produsen smartphone menonjolkan prosesor pada smartphone yang telah dirilisnya, agar smartphone keluaranya banyak diminati oleh para pecinta gadget utamanya smartphone. Untuk itu mari kita lihat jenis-jenis prosesor yang digunakan pada sebuah smartphone, dikhususkan untuk yang bersistem operasi Android.

UPDATE -> Baca Urutan Prosesor HP Tercepat dan Terbaik Terbaru 2023

  1. Qualcomm Snapdragon

    Qualcomm Snapdragon telah dikenal sebagai pabrikan yang sudah berpengalaman dalam merilis chipset dengan prosesor berkualitas dan kemampuan yang mumpuni. Chipset dari Qualcomm terlihat lebih berkelas. Terbukti sekarang ini chipset tersebut banyak digunakan oleh produk – produk tablet dan smartphone berkelas.

  2. Mediatek

    Mediatek merupakan produsen yang fokus pada produksi chipset dengan jumlah loading lebih banyak dan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Awalnya, Mediatek dianggap tidak mampu menyaingi Qualcomm sehingga sering dianggap kurang bagus. Namun dalam perkembangannya, Mediatek sudah dapat mendekati kemampuan chipset Qualcomm. Saat ini jenis terbaru dari prosesor Media Tek MT6735. SoC (System-on-Chip) memiliki kemampuan hingga 64-bit t. SoC tersebut telah didukung prosesor quad-core serta GPU dari ARM, didukung oleh chip modem 4G LTE.

  3. Intel

    Prosesor Intel Atom menawarkan kinerja yang mumpuni. Salah satu keunggulannya adalah teknologi thread yang membuat cpu dual core seolah memiliki empat inti. Smartphone dengan prosesor intel meliputi Lenovo K900 dan Asus Zenfone dan yana lainnya.

  4. OMAP

    Jenis prosesor OMAP merupakan hasil produksi dari Texas Instrument, jenis prosesor ini sering digunakan oleh smartphone yang memiliki kinerja handal seperti samsung galaxy nexus, huawei ascend P1 S serta tablet archos. Kelebihan yang dimiliki prosesor OMAP diantaranya proses tampilan situs pada intrernet seperti website pada PC. User interface lebih cepat ssrta penggunaan daya sedikit.

  5. Nvidia Tegra

    Prosesor buatan Nvidia Tegra difokuskan agar handal untuk bermain game. Chipset Nvidia sangat cocok untuk pecinta game. Nvidia dapat menghadirkan jumlah core yang efektif misalnya jika gadget menjalankan game berat, semua inti prosesor akan bekerja tetapi jika hanya menjalankan aplikasi ringan hanya berjalan dengan satu inti.

  6. Exynos

    Ini adalah prosesor buatan Samsung. Chipset ini cenderung ekslusif hanya untuk perangkat premium buatan Samsung. Kemampuan chipset ini menawarkan performa yang hampir sama dengan Qualcomm sehingga sudah dapat dikatakan mumpuni. Prosesor jenis Exynos juga dilengkapi oleh GPU ARM Mali-400 MP4 yang mempunyai kelebihan pada bidang game 3D serta multitasking.

GPU merupakan kepanjangan dari Graphics Processing Unit yakni semacam chip yang digunakan pada system android sebagai tambahan dari CPU sebagai perangkat utama yang berfusngsi sebagai pengolah system grafis pada android. GPU yang pertama kali hadir yakni jenis GPU GeForce 256 pada tahun 1999 dan diluncurkan oleh NVIDIA. Mungkin Anda juga pernah mendengar istilah CPU pada computer, nah fungsi GPU hampir menyerupi CPU pada computer.

Mengenal Urutan Jenis Macam GPU Terbaik Smartphone Terbaru
GPU Android, Photo by: id.techinasia.com

Akan tetapi jika CPU hanya terbatas memiliki beberapa core saja, akan tetapi pada GPU tersebut, mengandung hingga ribuan core. Oleh karena itulah, keberadaan GPU pada penggunaan smartphone android menjadi sangat penting, terutama jika Anda ingin menjalankan system 3 dimensi pada perangkat yang membutuhkan ketajaman gambar yang lebih tinggi. Pada smartphone, semakin tinggi kualitas GPU yang digunakan, maka biasanya harga smartphone tersebut juga akan semakin mahal.

Berikut ini beberapa macam jenis GPU yang biasa digunakan pada perangkat smartphone:

  • AdrenoJenis GPU ini memiliki beberapa tingkatan, diantaranya adalah Adreno 130, Adreno 200, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330.
  • Tegra

    Tergra pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 untuk media player zune HD. Tegra sendiri terbagi pada beberapa jenis, diantaranya Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4 dan Tegra K1. Pada tahun 2010, jenis GPU ini digunakan pada perangkat tablet, yakni untuk tablet Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200.

  • PowerVR

    PowerVR merupakan GPU buatan video logic. GPU ini menggeluti mobile processing. Jenis GPU ini banyak kita temukan pada perangkat smarthpohe produksi apple yakni iPod dan iPhone. Misalnya pada perangkat ponsel apple yang terbaru saat ini, GPU PowerVR tersebut bisa kita temukan pada iPhone 5S yakni PowerVR G6430.

  • Mali

    Beberapa jenis smartphone saat ini cukup banyak yang menggunakan jenis GPU Mali. Pada tahun 2005, jenis GPU mali digunakan pada 95% smartphone yang ada di dunia. Jenis tercepat dari GPU Mali tersebut adalah versi MAli T-720. Namun sayangnya belum banyak smartphone yang menggunakan GPU jenis ini.

  • VideoCore Broadcome

    VideoCore Broadcome merupakan jenis GPU yang memerlukan daya rendah untuk pengoperasiannya. Jenis GPU ini saat ini menggunakan arsitektur DSP dual dimensi dalam aplikasinya sehingga lebih fleksibel dan efisien.

Berikut ini adalah GPU android terbaik dan tercepat 2019 berdasarkan hasil benchmark untuk tablet maupun smartphone mulai dari peringkat dua puluh hingga peringkat pertama:

RankJenis GPUChipsetNilai Benchmark
#1A12 Bionic’s GPUApple A12 Bionic115.4
#2Adreno 630Snapdragon 845111.2
#3Mali-G76 MP10Kirin 980104.6
#4Mali-G72 MP18Exynos 9810103.0
#5A11 Bionic’s GPUApple A11 Bionic102.0
#6Adreno 540Snapdragon 835100.7
#7Mali-G72 MP12Kirin 97099.1
#8Mali-G71 MP20Exynos 889596.4
#9PowerVR 7XT GT7600 PlusApple A10 Fusion94.8
#10Adreno 530Snapdragon 820 & 82193.8
#11Adreno 616Snapdragon 71090.0
#12PowerVR 7XT GT7600Apple A988.6
#13PowerVR 7XTP-MT4Helio X3087.7
#14Adreno 615Snapdragon 67085.6
#15Mali-G71 MP8Kirin 96084.6
#16Mali-T880 MP12Exynos 889081.8
#17Adreno 512Snapdragon 66079.1
#18Adreno 430Snapdragon 81076.2
#19Mali-G71 MP2Exynos 7885, Exynos 7904, Helio P30 & P2374.0
#20Mali-T760 MP8Exynos 742072.8

Berdasarkan urutan tersebut diketahui bahwa A12 Bionic’s GPU menjadi GPU terbaik. Namun performa pada smartphone tidak hanya ditentukan dari faktor GPU saja tetapi juga faktor prosesor dan memori RAM yang digunakan pada smartphone tersebut.

GPU memiliki fungsi grafis yang sangat penting di dalam system smartphone. Memang kekutan core pada GPU tidak sehebat core pada CPU yang digunakan computer, akan tetapi jumlah core yang banyak pada GPU akan menghasilkan kekuatan sendiri. Sebagai contoh Anda diminta untuk mengecat lapangan dalam waktu 15 menit.

Baca Juga: Tips Memilih RAM yang bagus untuk PC Dekstop Gaming

Mana yang akan Anda pilih, 4 orang yang memiliki kemampuan mengecat dengan cepat atau 60 orang yang memiliki kemampuan mengecat biasa saja? Inilah perbandingan core pada CPU dan GPU. Sebab memang pada smartphone, ketajaman gambar dalam skala pixel menjadi hal yang cukup menentukan kualitas dari smartphone itu sendiri.

Sebuah chip yang mengandung processor, GPU serta memory controller, itulah yang dinamakan dengan SoC. Saat ini Tegra masih dianggap sebagai SoC terbaik di dunia dan sudah banyak digunakan pada perangkat smartphone. Selain Tegra, SoC yang juga terkenal dan banyak dipakai pada beberapa perangkat adalah Snapdragon. Penggunaan GPU dan SoC tersebut akan sangat dibutuhkan sebuah smartphone untuk kepentingan ketajaman gambar yang ada, terutama pada beberapa aplikasi game.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.