Home > Berita Teknologi > Tips Mencegah Masuknya Virus dan Malware Pada Komputer
Cara ampuh mencegah, menghindari, mengapus masuknya serangan Virus dan Malware pada Komputer

Tips Mencegah Masuknya Virus dan Malware Pada Komputer

Malware, adalah salah satu hal yang paling ditakuti bagi mereka yang sering bekerja menggunakan komputer, laptop, notebook dan gadget lainnya. Malware bukanlah nama orang namun nama ini sangat populer di dunia teknologi dan harus kita hindari. Malware adalah suatu program yang diciptakan untuk merusak sistem komputer tanpa pemberitahuan terlebih dulu pada pemiliknya. Program ini mengistal sendiri tanpa Anda ketahui dan program ini sangat dtakuti oleh pengguna internet dan pengguna kompute. Banyak diantara mereka yang telah mengalami kerugian karena malware. Program ini bisa mencuri data kemudian mengirimkannya kepada pusat malware.

Malware bisa menyebabkan komputer bekerja terlalu berat, hal ini menimbulkan komputer menjadi lebih cepat panas dan lambat saat digunakan. Saat Anda menggunakan koneksi internet, malware bisa menyebabkan bandwidth menjadi lebih banyak digunakan dan jumlah tagihan internet Anda menjadi lebih besar. Malware banyak jenisnya dan salah satu jenis malware yang paling ditakuti adalah keylogger karena bisa merekan aktivitas Anda pada keyboard saat bertransaksi online menggunakan kartu kredit. Ada cukup banyak jenis malware yang harus dicegah karena semuanya memang sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kerugian financial bagi Anda.

Beberapa jenis malware diantaranya adware, backdoors, Bot-Net, Virus boot, exploit, dialer, EICAR test file, Honetpot, Hoax, keylogger, trojan dan Grayware. Dalam dunia internet, malware adalah hal yang berbahaya karena antivirus yang kita pasang pun tidak mampu mendeteksinya. Jika malware masuk dalam komputer kita, malware bisa mencuri data yang penting pada perangkat komputer kita. Tapi, jangan khawatir karena Anda bisa mencegah malware agar tidak mengacak-acak data di komputer Anda.

Cara ampuh mencegah, menghindari, mengapus masuknya serangan Virus dan Malware pada Komputer

Beberapa cara mencegah masuknya virus malware pada komputer diantaranya:

  1. Sering update aplikasi
    Salah satu mencegah masuknya malware pada komputer adalah sering mengupdate perangkat dan juga aplikasi yang ada misalnya saja update OS, software antivirus dan juga browser yang menjadi cara tempat masuknya malware.
  2. Memasang antivirus
    Sangat penting bagi kita yang memiliki komputer atau laptop untuk memasang antivirus ataupun internet security. Anda bisa memilih antivirus yang handal seperti Avast da Norton atau antivirus lainnya yang terpercaya dan berkualitas.
  3. Selektif saat mendownload aplikasi
    Kadang kita suka mendownload aplikasi gratisan atau bajakan, hal ini sangat berbahaya bagi komputer Anda. Bisa jadi aplikasi bajakan tersebut mengandung malware. Pastikan Anda mendownload aplikasi di tempat yang tepat dan hindari aplikasi bajakan.
  4. Selektif saat browsing
    Untuk mencegah malware masuk ke komputer Anda, hindari menelusuri web atau situs yang kurang jelas atau tidak terpercaya. Jangan sekali-kali mendownload file atau aplikasi pada situs yang tidak jelas dan menggunakan file hosting mediafire dan lainnya.
  5. Hati-hati dalam membuat pasword
    Anda harus lebih berhati-hati saat membuat pasword baik pasword email ataupun pasword lainnya. Pastikan menggunakan kombinasi huruf, angka dan kode yang sangat sulit.
  6. Memasang software anti malware
    Saat ini banyak pabrikan teknologi yang menjual software anti malware yang berkualitas. Anda bisa memilih sofware tersebut untuk mencegah malware masuk kedalam komputer. Beberapa software anti malware tersebut terbukti bisa mencegah, menghindari dan juga mengatasi malware pada komputer dan perangkat lainnya.

Sebelum data Anda diacak-acak dan dicuri malware, langkah terbaik adalah mencegahnya. Malware sangat berbahaya apalagi bila Anda sering bertransaksi online, jangan pernah ragu untuk memasang keamanan berkualitas pada laptop, komputer atau gadget Anda untuk menghindari malware.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Membuat Installer Bootable Flashdisk Windows 7, 8, 10 Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software – Pada umum nya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *