Home > Komponen > Tips Memilih Processor Terbaik untuk Komputer Gaming
Tips Memilih Processor Terbaik untuk Komputer Gaming

Tips Memilih Processor Terbaik untuk Komputer Gaming

Tips Memilih Processor atau CPU Terbaik untuk PC / Komputer Gaming – Untuk bermain game, Anda harus memikirkan processor apa yang Anda gunakan. Benar, ini sangat penting karena processor akan berpengaruh pada kinerja komputer Anda saat bermainan game.

Bnayak processor saat ini, dan hal ini membuat Anda semakin bingung memilihnya. Untuk memilih processor, Anda harus mempertimbangkan kecepatnnya, fitur, model dan juga mereknya.

Demikian juga ketika Anda memilih processor untuk gaming. Processor atau yang sering dikenal dengan CPU merupakan komponen yang sangat penting pada komputer. Komponen ini merupakan otak dari komputer. Processor ini akan berpengaruh pada kinerja game dan juga aplikasi yang ada pada komputer.

Processor Terbaik untuk Komputer Gaming

Jika Anda berpikir bahwa processor yang paling mahal dipasara adalah processor yang tepat untuk bermain game, hal ini belum sepenuhnya benar. Yang jelas, saat memilih processor maka Anda juga harus memikirkan motherboard.

Processor yang Anda pilih harus sesuai dengan motherboard, hal ini karena tidak semua type processor bisa bekerja dengan semua motherboard. Jadi, memang harus jeli ketika Anda memilih processor untuk gaming.

Baca juga : Tips Dalam Memilih VGA Card Untuk Komputer PC Gaming

Apa saja yang perlu dilihat dan dipertimbangkan ketika Anda ingin membeli processor komputer gaming? Berikut beberapa tips memilih processor terbaik untuk komputer gaming.

1. Merek Processor
Dipasaran adda dua merek processor yang bisa Anda pilih yaitu Intel dan AMD. Dua perusahaan raksasa ini memang mendominasi processor yang ada di dunia dan keduanya memang memiliki kualitas yang sangat baik. Namun, Annda harus bisa memilih salah satunya. Kedua perusahaan tersebut membuat berbagai jenis processor yang dijual dengan harga beragam.

Misalnya saja, perusahaan Intel mengeluarkan beberapa jenis processor diantaranya Intel Core i5, Intel Core i7, sebagai tandingannya AMD mengeluarkan processor seri FX dan Phenom. Untuk memilih kedua merek tersebut, Anda bisa mempertimbangkan dana yang Anda miliki.

Pada umumnya processor AMD dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Intel. Jika dana Anda minim, Anda bisa memilih processor AMD seri FX sedangkan jika dana Anda besar, Anda bisa memilih processor Intel i7.

2. Pertimbangkan kinerja processor
Baik AMD dan Intel memang memiliki kinerja yang cukup baik, namun processor Intel memiliki kinerja yang jauh lebih baik dibandingkan ddengan AMD. Anda bisa memilih processor Intel Core i7 atau Intel Core i5.

Kedua processor tersebut memiliki kinerja yang cukup baik sehingga sangat bagus untuk permainan game Anda. Kedua type processor Intel tersebut yang memiliki kinerja lebih cepat adalah Intel Core i7. Jika Anda ingin bermain game lebih seru, pilihlah processor Intel Core i7 namun harga processor ini jauh lebih mahal dibandingkaan Intel Core i5.

3. Inti Processor (Core)
Inti Processor atau lebih di kenal dengan Core (Dual core artinya processor memilih dua buah inti). Jika anda pengguna Chipset LGA 775 saya sarankan untuk menggunakan Processor dengan teknologi tertinggi pada socket ini yaitu Core 2 Quad memiliki 4 Core. Untuk LGA 1150 keatas Gunakanlah Core i3 ke atas.

Dan jika anda pengguna AMD AM3 gunakanlah procie Vishera FX atau yang paling murah Phenom Black juga bisa. Untuk melihat kecepatan procie lihatlah berapakah Logica Corenya. Contoh Core i3 Dual Core, Core i5 Quad Core dan Core i7 Quad core ada juga yang 6 core. Procesor AMD Phenom Black X4 Quad Core, Vishera FX Quad Core, 6 core sampai 8 Core. Processor Intel terbaru saat ini sudah memiliki 8 buah core dan 12 thread.

4. Overclocking
Nah ini dilihat jika anda ingin melakukan overclocking. Overclocking adalah meningkatkan kecepatan standar processor. Misal, kecepatan standar adalah 3,4 Ghz, mampu ditingkatkan hingga 3,9 Ghz. Dengan syarat anda harus menggunakan pendingin yang mumpuni. Contoh: Core i 5 4430, 3,0 Ghz, 4 Core, Chace 6Mb, Overclok Up to 4,6 Ghz.

5. Pendingin Processor
Komputer yang sering digunakan untuk bermain game cenderung memiliki panas yang berlebih. Hal ini karena processor pada komputer tersebut menghasilkan panas sehingga dibutuhkan pendingin yang tepat. Dengan adanya pendingin tersebut maka processor yang panas bisa segera dingin.

Panas yang dihasilkan oleh processor bisa merusak komponen komputer demikian juga dengan processor. Anda bisa memilih pendingin processor untuk komputer gaming yang berkualitas. Processor membutuhkan pendingin sehingga tidak menimbulkan overheating.

AMD vs Intel, Mana Yang Terbaik
Tips memilih processor untuk gaming.

  • Jika kamu punya dana pass-passan namun ingin memiliki komputer gaming, pilih AMD
  • Jika kamu punya dana lebih saran saya pilih processor Intel
  • Jika kebutuhan buat rendering, multimedia, dll saya pilih intel
  • Pilih clock speed yang tinggi ex: 3.4 GHz (Giga Hertz)
  • Pilih jumlah inti otak (core) ex: 8 core pada core i7
  • Pilih yang mengguankan sistem hyper threading, dan yang terakhir
  • Pilih yang cache besar : ex L3 Cache :8MB.

Umumnya, laptop dengan processor Intel i3 atau AMD A4 Dual Core rata-rata berkekuatan 2 GHz dan memiliki cache 2 MB sudah cukup lumayan untuk bermain game dari tingkat ringan hingga sedang.

Agar Anda bisa bermain game dengan nyaman, sebaiknya Anda memilih processor yang terbaik dan sesuai dengan motherboard pada komputer tersebut. Pilihlah processor dengan kierja yang lebih tinggi agar Anda bisa bermain game dengan nyaman.

Semakin tinggi kinerja processor maka permainan game menjadi semakin baik. Sekalipun harga processor yang murah maupun mahal, namun Anda bisa lebih nyaman bermain game tentunya.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

7 Casing PC Gaming Terbaik Harga Murah Terbaru 2017

7 Casing PC Gaming Terbaik Harga Murah Terbaru 2017

Rekomendasi Casing PC Gaming Terbaik Harga Murah Terbaru 2017 – Seperti yang kita ketahui, pada …

3 comments

  1. Ini mantap… Intel pionir, Amd kompetitor handal

  2. mantap gan artikel nya (y)

    Tapi untuk cara cepat terindex google bisa lihat di
    http://www,kang-rony,com/2016/10/cara-blog-cepat-terindex-google-bing-yahoo,html

  3. cakra baymax exchanger

    terimakasih gan infonya, mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *