Home > Komponen > Tips Jitu Memilih Power Supply Yang Bagus untuk PC Gaming
Rekomendasi Memilih Power Supply yang Bagus untuk PC Gaming

Tips Jitu Memilih Power Supply Yang Bagus untuk PC Gaming

Rekomendasi Memilih Power Supply yang Bagus untuk PC Gaming – Power Supply atau PSU singkatan dari Power Supply Unit merupakan sebuah hardware yang sering kali dilupakan dalam perakitan sebuah perangkat komputer. Banyak orang yang cenderung lebih mementingkan beragam hardware lain seperti misalnya VGA, Processor dan juga RAM. Padahal jika dilihat dari fungsinya, Power Supply ibarat Jantung dalam tubuh manusia yang memiliki peran sentral dan sangat penting untuk memberikan supplai darah ke semua organ tubuh pada manusia.

Memilih Power Supply Yang Bagus untuk PC Gaming

Untuk menjaga agar komponen yang lain pada perangkat komputer anda tetap awet, maka anda perlu memilih sebuah Power Supply yang baik untuk PC Gaming Anda. Hal ini sangat penting, terlebih lagi bagi anda yang sedang melakukan perakitan komputer untuk gaming high end/kelas atas, misalnya saja untuk kebutuhan gaming. Jika anda dalam situasi seperti ini, maka Power Supply kelas atas pun juga dibutuhkan. Oleh karena itu kami akan memberikan Tips Memilih Power Supply yang Bagus untuk PC Gaming anda supaya anda tidak salah dalam memilih Power Supply.

  1. Sebelum membeli Power Supply, maka terlebih dahulu anda harus memperkirakan jumlah daya yang diperlukan oleh komputer anda. Anda dapat memanfaatkan beragam tool yang ada di internet untuk membantu anda dalam menghitung jumlah daya tersebut.
  2. Setelah anda mengetahui jumlah daya yang anda butuhkan, maka anda dapat mencari Power Supply yang sesuai dengan jumlah daya tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan daya yang ada pada komputer anda. Untuk komputer gaming biasanya dibutuhkan power supply yang memiliki daya minimal 450 watt s/d 600 watt.
  3. Jangan sampai anda membeli atau memilih Power Supply dengan dasar pertimbangan harga yang murah, atau bahkan harga yang terlalu murah. Mengapa? Hal ini kemungkinan besar akan mendatangkan masalah bagi anda nantinya.
  4. Jika anda sudah mendapatkan Power Supply, maka cobalah untuk mencari informasinya di Internet. Carilah rating dan juga ulasan dari para konsumen mengenai Power Supply tersebut. Atau jika tidak, anda dapat mencari informasi terlebih dahulu sebelum membeli sebuah Power Supply atau mencari rekomendasi dari orang orang terdekat anda atau dari beberapa sumber yang dapat dipercaya.
  5. Akan lebih baik jika anda membeli Power Supply terbaik dengan kualitas dan merek yang sudah ternama atau sudah banyak dipakai dan dipercaya oleh banyak orang. Beberapa merek Power Supply yang bagus tersebut misalnya saja seperti Coarsir, FSP, Super Flower, Silverstone, Seasonic, fatalis, Enermax dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa Power Supply yang baik dengan harga yang cenderung terjangkau misalnya saja adalah Muscle Power dan masih banyak lagi pilihan yang lainnya.
  6. Usahakan untu mencari Power Supply yang sudah memiliki minimal cap bronze. Cap Bronze merupakan sebuah sertifikat yang diberikan kepada sebuah produk Power Supply yang mampu memberikan efisiensi di atas 80%. Seperti yang kita tahu bahwa semakin tinggi efisiensi yang diberikan, maka akan semakin murah biaya listrik yang perlu anda keluarkan.
  7. Power Supply yang sudah memiliki sertifikat seperti yang sudah dijelaskan di atas, biasanya telah melalui beberapa macam tahapan agar lolos dan mendapatkan sertifikat. Itulah mengapa anda harus memilih Power Supply dengan label 80+ karena ini merupakan sebuah jaminan mutu pula bagi anda.

Berikut DimensiData rekomendasikan beberapa daftar power supply gaming murah merk ternama dengan kualitas yang lumayan bagus dengan harga murah untuk komputer gaming yang Dimensidata dapatkan dari situs Gamerindo:

1. CORSAIR CX Series™ Modular

harga-terbaru-CORSAIR-CX-Series-Modular-power-supply-500watt

CX500M ATX Power Supply — 500 Watt 80 PLUS® Bronze Certified Modular PSU
Harga : Rp. 888.000

2. Cooler Master

power-supply-murah-Cooler-Master-RS-500-ASAB

RS-500-ASAB 80+ Bronze Sertificate
Perkiraan Harga : Rp. 741.000

3. SEASONIC

Power supply SEASONIC

SS-500ES 80+ Bronze Sertificate
Perkiraan Harga : Rp. 712.000

4. FSP Hyper

FSP Hyper 500W 80+ Bronze Sertificate

500W 80+ Bronze Sertificate
Perkiraan Harga : Rp. 665.000

5. ENERMAX

ENERMAXNAXN 550W Bronze Sertificate

NAXN 550W Bronze Sertificate
Perkiraan Harga : Rp. 836.000

6. XIGMATEX

Tauro 500W 80+ Bronze Sertificate

Tauro 500W 80+ Bronze Sertificate
Perkiraan harga : Rp. 645.000

7. ENLIGHTPOWER SUPPLY ENP-500B

ENLIGHTPOWER SUPPLY ENP-500B

Manufacturer : ENLIGHT 80+ Bronze Sertificate
Perkiraan Harga : Rp. 603.000

Demikianlah artikel mengenai Tips Memilih dan Rekomendasi  Power Supply yang Bagus untuk PC Gaming yang dapat anda praktekkan sendiri di Rumah. Hal ini dapat membuat anda mendapatkan power supply yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anda sehingga perfoma komputer anda akan lebih baik pastinya.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

34 komentar

  1. Mohamad Arif Manan

    selamat siang :). saya mau tanya, kalau jenis power supply yang diatas tersebut bisa digunakan untuk PC Desain grafis dan visual effect ??

  2. Bagaimana kualitas PSU keluaran Thermaltake ?

  3. mas, numpang tanya nih, cpu punya saya model lama, masih pentium 4, mobonya msi 865 neo2-p, apa masih kompatibel sama psu yang diatas ini? kalo ngga kompatibel mohon sarannya mas psu mana yang kira2 cocok, makasih mas.

  4. Ikan julung-julung

    mas saya mau nanya. kira2 di akhir desember saya mau build pc gaming. setelah saya hitung dari daya listriknya menggunakan PSU Calculator dari “http://outervision.com/power-supply-calculator” ternyata daya listrik saya pemakaian hanya 450 watt. menurut anda apakah saya harus membeli PSU dengan daya pas 450? dan Rating apakah yang harus saya pertimbangkan? apakah Gold / Silver / Bronze… terimakasih.

  5. Halo Dimensi Data, terima kasih atas infonya. Saya ingin bertanya pada bulan Juni 2015 saya membeli PC yang rencanaya ingin saya gunakan untuk mendesain, dalam hal ini juga merender dan juga untuk gaming. Spek Komputer saya i7 4790..RAM Corsair 16 GB, PSU Corsair V5 550 Watt.
    Tapi belakangan ini saya mengalami komputer saya restart sendiri ketika bermain game padahal sebelumnya tidak. Apakah ini pengaruh PSU saya yang tidak kuat dayanya atau apakah PSU bisa menurun dayanya seiring waktu? Tolong dibantu untuk informasinya.

    Terima Kasih

  6. halo Dimensi Data,

    saya mau tnya utk PC spec seperti ini , rencana mw pake PSU Corsair CS650M (Modular, 80 Plus Gold Certified) kira” daya nya sudah cukup blm ya pake PSU 650 , terima kasih

    – intel i5-6500 Box (3.2Ghz, C6MB, Skylake Series) Intel LGA 1151
    – MSI B150M GAMING PRO Intel Socket 1151
    – Avexir AVD4UZ124001604G-2COR (2x4GB) Dual Channel DDR4 PC 19200 Core Red DDR4
    – Zotac GTX 1060 AMP Edition 6Gb 192Bit DDR5 NVidia PCI Exp.

    PSU – Corsair CS650M (Modular, 80 Plus Gold Certified)

    Terima kasih

  7. Hallo Dimensi Data, saya mau tanya dan minta rekomendasi PSU untuk spek dibawah ini, rekomendasi merek apa dan berapa watt ya kira-kira PSU nya?

    Specifications:
    Intel Core i5-7400 (Box) (3.0Ghz, C6MB, Kabylake Series)
    Motherboard Biostar H110MH PRO D4
    Memory RAM OCPC XTREME DDR4 PC17000 8GB KIT (2x4GB)
    GPU Galax GTX 1050 2GB DDR5
    HDD Seagate SATA III 500GB 7200RPM

    Terima Kasih

    • Untuk PC GAMER / MUTLIMEDIA sebaiknya hitung dulu gan daya2 komponennya, seperti daya prosesor, daya RAM, daya, VGA, dll.

      Ini contoh daya komponen2 untu Speek PC Gaming/Multimedia :

      Processor = 100 watt
      VGA = 250 watt
      Motherboard = 40 watt
      RAM = 20 watt
      Harddisk = 40 watt
      Optical Drive = 20 watt
      Kipas = 40 watt (termasuk kipas processor & vga)
      Maka PSU yang anda butuhkan adalah 450 watt ke atas.

  8. Kalo PSU Vs450 corsair itu kualitasnya bagus gak? Untuk PC Gaming saya kelasnya mid

  9. gan sy pake amd a8 6600k hdd 320 ram 4gb (rencana up 8gb) ..kira” idealnya pakek brp wat y??trus yg recomended merk apa gan? btw dana pas”an hehe

  10. Hallo dimensi data saya mau tanya. Pc saya sering restart2 sendiri n skarang yg hidup cma pcnya aja. Itupun fan LED kedip2 sma fan prosesornya putarannya lemah.
    Sya pke mobo asus ax8. Vga ichill 3d gtx1060. Psu etermax 500. Smua komponen sdh sy brsihkan. Apa pnyebabnya dari psu sya yg tidak kuat mengangkat daya listriknya???

  11. hai mas..

    spek oretan pc sy
    ryzen 1700
    mobo aurus x370 gaming 5
    ram 16 gb
    vga asus gtx 1060 strix 6gb
    1 ssd 120 gb
    2tb HD
    rencana untuk design and rendering

    sy rencana membeli psu xigmatek shogun g650 80+ gold
    apa sudah mencukupi dengan kebutuhan diatas?

    trima kasih

  12. Hallo gan,
    Mau nanya seputaran psu nih…
    Mobo asrock 990fx extreme9
    Vga hd 5670 2gb
    Prosesor amd fx 9370
    psu powerstation2 500w 80+
    Kendalanya:
    Ga nyala monitornya dan ga bunyi beep (tit tit).van di vga dan di prosesor nyala,lampu di tombol reset nyala
    Pertanyaannya:
    Apa psu saya yg kurang wattnya? Sampe ga bisa nyala di monitor?
    Psu apa yg cocok untuk spek ini?
    Atau kah mobo/prosesor saya yg sdh rusak?
    Trimakasih banyak buat pencerahannya gan…

    • Untuk permasalahn CPU hidup, tapi dilayar monitor di kedetek, Ada beberapa hal yg menyebakan masalah tersebut terjadi.

      1. Coba cek Kabel VGA-nya, Apakah sudah tertancap dengan benar.
      2. Jika Ada 2 Socket VGA, coba satu2.
      3. Jika menggunakan HDMI, dan menggunakan converter VGA to HDMI, disarankan menggunakan converter VGA to HDMI yg bagus.

  13. jgn beli merk enermax biar embel – embel garansi 3 tahun, udah 2x return bener2 gk worth it. Saran mending ambil merk yang pasti2 kaya corsair, coolermaster / seasonic.

  14. Blognya bagus banget gan, saya ijin buat refrensi blog saya nanti ya gan, kebetulan diblog saya juga membahas dasar sebuah PSU dan bagaimana cara memilih PSU untuk gaming, silahkan kunjungi http://rakityuuk.blogspot.com/2018/10/psu-power-supply-unit.html

  15. Gan butuh pencerahannya, PSU ane rusak, PC sedang terpakai, tiba2 mati ( terdengar suara korsluit, kemudian MCB rumah trip ), dan selanjutnya PC tidak bisa dihidupkan lagi.
    Yang ingin saya tanyakan kebutuhan PSU berapa Watt yang seharusnya saya beli dengan spesifikasi sbb :
    Spesifikasi :
    – Mobo : Gigabyte GA- 880GA ( UD3H USD3 SATA3 DDR3 )
    – Processor : AMD Phenom II X4 955+BE (4CPUz) ~ 3.2GHz
    – Harddisk : WDC 1TB SATA3 64MB – Blue – WD10EZEX
    – Memory RAM : Corsair 4GB PC 10600 Dual Channel
    – VGA HIS HD 5770 Jumper 1GB DDR5
    Tapi lama sudah saya lepas ( tidak saya pasang di Mobo )
    – DVD-RW Samsung 22x Sata OEM
    – TP-Link PCI Card Wireless N 300 MBPS ( TL-WN851ND )
    – Casing Venom RX Habu NTX

    Rencana saya pakai Corsair Gan, atau brgkali ada rekomendasi merk dg hrg yg lebih ekonomis, tapi cukup handal?
    Terima kasih sebelumnya Gan

  16. PC sedang dipakai ( Listrik awalnya ga masalah ), kemudian di daerah colokan terdengar spt suara hubung singkat dan mcb rumah trip / mati. Setelah mcb diangkat dan PC tidak bisa dihidupkan lagi.
    Nah dus nya sdh tidak ada. Ini yg jadi kendala

  17. kalo psu deepcool 500w recommend gk ya

  18. Gan biasanya kan ada tulisan di psu “compatible with motherboard chipset z100 series atau compatibel with intel gen 4th” pertannyaan saya apakah psu di pasangkan dengan chipset yang berbeda seperti z370 dan di pasangkan dengan intel di atas gen 4 bisa jalan seperti biasa apa akan ada masalah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.