Home > Peralatan Kantor > Pilih Printer Inkjet atau Laser?
Pilih Printer Inkjet atau Laser?

Pilih Printer Inkjet atau Laser?

Pilih printer inkjet atau laser? Sebelum memilih menggunakan kedua printer tersebut, pastikan juga Anda mengetahui apa yang menjadi kebutuhan Anda, sehingga bisa disesuaikan dengan kedua jenis printer tersebut. Keduanya tentu saja memiliki keunggulan untuk berbagai kepentingan yang berbeda. Printer inkjet lebih dikenal dengan jenis printer rumahan yang mudah dibawa kemana saja. Banyak kalangan cukup akrab dengan penggunaan printer ini karena harganya yang terjangkau dan biasa digunakan untuk ukuran-ukuran sederhana percetakan.

Sesuai dengan kualitas hasil cetakan dan perawatannya, jenis printer ini masih dibawah kualitas dari printer laser. Printer laser akan memberikan hasil yang menyerupai mesin cetak offset, namun keunggulannya, pada jenis printer ini bisa digunakan dalam jumlah yang terbatas karena memang tidak menggunakan flat seperti pada mesin cetak yang besar. Jika ingin mencetak dalam jumlah sedikit maka sebaiknya menggunakan printer laser dengan hasil yang lebih bagus.

Pilih Printer Inkjet atau Laser, Bagus mana ?

Kapan kita memilih printer inkjet? Berikut ini diantaranya:

  • Untuk kebutuhan cetak dengan kualitas standar seperti untuk tulisan atau gambar sederhana sebaiknya menggunakan printer inkjet saja yang mungkin sudah tersedia di rumah Anda.
  • Untuk kebutuhan cetak tulisan dengan jumlah yang banyak, sebaiknya menggunakan jenis printer inkjet karena akan lebih murah secara biaya dan hasilnya pun tetap memenuhi kualitas yang Anda inginkan.
  • Printer inkjet bisa Anda setting dengan kualitas print yang paling tinggi untuk mendapatkan hasil cetakan yang lebih bagus. Namun tetap tergantung pada tipe dan merk printer tersebut sejauh mana kualitasnya.
  • Untuk kebutuhan cetakan hitam putih sebaiknya bisa menggunakan jenis printer inkjet saja yang lebih murah dan terjangkau.
  • Untuk kebutuhan cetakan sehari-hari, file-file tulisan sederhana sebaiknya menggunakan tipe printer inkjet yang lebih menguntungkan.

Lalu kapan kita menggunakan printer laser? Berikut ini diantaranya:

  • Untuk kebutuhan cetak brosur atau famplet dan sejenisnya bisa menggunakan jenis printer laser untuk mendapatkan kualitas gambar dan warna yang lebih bagus.
  • Jika ingin mencetak brosur atau famplet berwarna dalam jumlah yang terbatas sebaiknya menggunakan printer laser.
  • Jika ingin mencetak sebuah file gambar yang cukup penting penilaian warnanya sebaiknya menggunakan printer laser untuk menjaga kualitas warnanya agar tidak jauh berubah seperti yang biasa kita lihat pada hasil cetakan printer jenis inkjet.
  • Jika ingin mencetak pas foto sebaiknya juga menggunakan jenis printer laser dibandingkan dengan printer inkjet karena tentu saja hasil dan kualitasnya akan
    jauh berbeda. Terlebih jika printer inkjet sedang dalam masalah, tentu saja hasilnya akan sangat berbeda dari aslinya.

Perawatan printer laser tentu lebih kompleks sehingga harganya pun lebih mahal. Sementara untuk jenis inkjet yang sederhana dan kelas rumahan biasanya lebih murah dan lebih mudah diotak atik meski Anda bukan seorang ahli sekalipun. Untuk penggunaan printer inkjet sangat tergantung dari si penggunanya. Sejauh mana ia bisa merawat dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada catridge.

Untuk menjaga kualitas warna, sebaiknya tipe printer inkjet ini digunakan setiap hari agar tinta tidak membeku dan sulit untuk keluar. Gunakan secara seimbang antara tinta berwarna dan hitam agar tidak terjadi masalah pada catridge. Printer yang jarang digunakan justru akan lebih cepat rusak. Gunakan lah meski hanya untuk mencetak satu lembar saja dalam sehari.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

3 komentar

  1. artikelnya menarik tetapi saya agak sedikit tidak setuju dengan beberapa poin, menurut saya klo ingin cetak tulisan dalam jumlah banyak, masih enak pakai printer laser karena jauh lebih cepat dibandingkan dengan printer inkjet apalagi printer dengan merk epson. Tetapi untuk kualitas gambar printer epson cukup bagus terutama yang memiliki channel tinta minimal 6 sehingga bisa juga dipakai cetak foto tentu saja kualitasnya beda dengan printer laser.
    Tetapi printer laser biayanya mahal, jangankan toner original, isi ulang toner warna juga boleh dibilang mahal dibandingkan dengan tinta inkjet.

  2. bila ingin memakai inkjet sebaiknya pakai merek apa ??? sebab saya pakai merek apapun selama ini selalu saja nggak bisa dipakai gara-gara print head nya buntu.. jadi trauma kalo pakai inkjet..
    saya mohon pencerahannya.. terima kasih

  3. mau awet mah laser, tinta ga dipake sebulan suka macet.

    laser juga ada yg warna, cm mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.