Thursday, 23 October , 2014

Pilih Mana, Samsung Galaxy S3 Mini atau iPhone 5?

Pilih Mana, Samsung Galaxy S3 Mini atau iPhone 5?Nampaknya, persaingan antara Samsung dan Apple di pasar perangkat elektronik tidak akan pernah selesai. Kemenangan Apple di pengadilan atas tuntutan hak ciptanya bukan berarti kemenangan telak bagi perusahaan tersebut. Buktinya, Samsung masih terus mengembangkan teknologinya dengan fitur yang lebih baik, seperti yang bisa Anda temukan di Samsung Galaxy S3 Mini. Sebagai pesaingnya, Apple juga meluncurkan iPhone 5. Samsung Galaxy S3 Mini menawarkan kemudahan dan fitur menarik seperti pada smartphone berbasis Android lainnya. iPhone 5 hadir dengan fitur yang disempurnakan dalam eksklusifitas iOS. Bagaimanakah perbandingan performa dan spesifikasi antara dua produk tersebut?

Dimensi

Aspek pertama yang perlu dibandingkan adalah dimensi produk. Perbandingan ukuran antara iPhone 5 dan Samsung Galaxy S3 Mini tidak terlalu jauh. iPhone 5 hadir dengan ukuran yang sedikit lebih ramping daripada produk Samsung ini, yaitu 58,6x123x7,6 mm. Produk dari Samsung berukuran 63×121,6×9,85 mm. Namun, produk Samsung masih sedikit lebih ringan daripada iPhone karena dibalut dengan bodi plastik. iPhone 5 menggunakan alumunium. Untuk pengguna yang lebih suka perangkat portabel, iPhone 5 bisa menjadi pilihan tepat. Anda bisa menggunakan dan menyimpannya di mana saja.

Display

Sayangnya, Samsung Galaxy S3 Mini kalah bersaing dengan iPhone 5 jika dilihat dari aspek displaynya. Samsung hadir dengan display berukuran 4 inch yang didukung dengan resolusi Super AMOLED 800X480 dan 233 piksel per inch. Ukuran layar iPhone 5 sama tetapi mempunyai resolusi 1136×640 atau 326 piksel per inch.

Perfoma

Perbedaan performa antara Samsung Galaxy S3 Mini dan iPhone 5 tidak terlalu jauh. Samsung dilengkapi dengan processor dual core 1GHz dan Apple didukung dengan processor dual core 1,3GHz. Kedua produk tersebut mempunyai ukuran RAM yang sama yaitu 1 GB. Anda bisa mengandalkan dua produk ini untuk mendapatkan perfoma berkualitas.

Storage

Kapasitas media penyimpanan yang ditawarkan Samsung dan Apple cukup beragam. Untuk produknya, Samsung menawarkan Galaxy S3 Mini dengan kapasitas penyimpanan 8GB dan 16GB. Smartphone ini dilengkapi dengan SD slot. Apple menawarkan kapasitas penyimpanan 16GB. 32Gb, dan 64GB untuk iPhone 5. Tetapi, Anda tidak bisa menemukan slot untuk SD memory card. Ya, Apple memang benar-benar serius dalam mempertahankan hak cipta dari konten digital. Sayangnya, perbedaan besarnya kapasitas penyimpanan tersebut harus ditebus dengan harga yang cukup mahal. Perbedaan harga antara iPhone 5 berkapasitas 8GB dan 16GB adalah US$ 50. Jika Anda menggunakan uang itu untuk membeli hard disk eksternal, tentunya kapasitas penyimpanan yang ditawarkan mencapai puluhan kali. Ya, inilah yang seringkali membuat konsumen berpikir dua kali untuk membeli iPhone 5.

Fitur Lain

Galaxy S3 Mini menawarkan kamera beresolusi 5 megapiksel dan kamera VGA untuk bagian depan. Kamera belakang iPhone 5 beresolusi 8 megapiksel dan kamera depan mempunyai resolusi 1,2 megapiksel. Sudah pasti, Apple lebih unggul dilihat dari aspek ini.

Dilihat dari aspek konektivitas, Apple juga masih lebih unggul. Apple iPhone 5 dilengkapi dengan jaringan LTE dan 3G. LTE sendiri merupakan jaringan wireless yang sangat cepat. Galaxy S3 Mini hanya mendukung jaringan 3G.

Berdasarkan perbandingan kedua fitur produk tersebut, Anda bisa mengambil kesimpulan bahwa Apple iPhone 5 lebih unggul daripada Samsung Galaxy S3 Mini. Keunggulan tersebut bisa dilihat dari display, perfoma, kapasitas penyimpanan, jaringan, dan kamera. Namun, Samsung tetap menawarkan kelebihan lain yang tidak kalah menarik, yaitu harga bersaing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>