Home > Gadget > Pilih Komputer Desktop, Laptop, atau Tablet?

Pilih Komputer Desktop, Laptop, atau Tablet?

Perkembangan teknologi belakangan ini terjadi sangat pesat dan inovasi baru dimunculkan dalam jeda waktu yang sangat singkat. Bahkan, setiap bulan selalu ada penawaran menarik yang diberikan oleh vendor perangkat elektronik terkemuka di pasaran. Perkembangan teknologi tersebut tentu dipicu oleh kebutuhan manusia yang semakin kompleks atau kebutuhan pasar dan kompetisi antar vendor perangkat elektronik untuk mendapatkan lebih banyak konsumen. Di tahun 90-an, Anda mungkin hanya mengenal PC desktop yang digunakan untuk bekerja, terutama untuk mengetik atau mengolah data. Namun, perkembangan teknologi komputer mampu melahirkan inovasi baru, yaitu laptop dan tablet. Pilihan manakah yang lebih baik? Pilihan tersebut tentu sangat dipengaruhi oleh kebutuhan Anda.

Komputer dekstop adalah pilihan yang paling sering digunakan di kantor untuk mendukung pekerjaan biasa pada umumnya. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kebanyakan pengguna merasa lebih nyaman untuk menggunakan laptop. Dengan desain yang jauh lebih ringkas, laptop bisa dibawa kemanapun Anda berada dan Anda bisa bekerja secara mobile. Salah satu keunggulan komputer desktop yang menjadi alasan utama konsumen untuk membelinya adalah harga yang lebih murah dibandingkan dengan laptop. Untuk perfoma dan spesifikasi yang setingkat, komputer desktop memang lebih murah. Selain itu, Anda bisa bekerja lebih nyaman dengan komputer ini karena ukuran keyboard dan layar juga lebih lega. Anda tidak perlu memicingkan mata seperti saat menggunakan laptop atau tablet. Selain itu, Anda bisa merakit komputer sendiri sesuai dengan budget dan spesifikasi yang Anda inginkan. Anda tinggal memilih jenis procesor, kapasitas RAM, atau kapasitas grafis yang diinginkan. Sayangnya, komputer ini sangat merepotkan bagi penggunanya. Ukurannya sangat tidak praktis dan Anda harus memasang banyak kabel saat menggunakan komputer jenis ini. Tidak mengherankan jika penjualan PC desktop menurun di tahun ini.

Pilihan kedua adalah laptop. Dengan spesifikasi dan perfoma yang sama, laptop mampu mendukung kebutuhan Anda untuk bekerja dengan lebih praktis. Ukurannya memang cukup praktis dan ringan. Anda bisa membawanya dengan mudah untuk bekerja secara mobile. Harga laptop pun semakin menurun karena permintaan pasar yang begitu menggembirakan. Anda bisa memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda karena ada begitu banyak pilihan laptop yang bisa Anda gunakan untuk mendukung kebutuhan. Sayangnya, Anda tidak bisa mengganti komponen yang ada dalam laptop tersebut sesuka hati. Dengan kata lain, spesifikasi awal yang Anda dapatkan saat membeli laptop tidak bisa diganti lagi. Jika Anda memaksakannya, laptop bisa rusak parah atau mati total. Daya tahan baterai laptop sangat terbatas. Anda rata-rata bisa menggunakannya selama 4 jam. Untuk menggunakannya kembali, Anda harus melakukan charge. Namun, daya tahan baterai untuk laptop terus dikembangkan sehingga Anda sekarang bisa menemukan laptop dengan daya tahan baterai sampai 8 jam.

Pilihan terakhir untuk mendukung pekerjaan Anda secara mobile adalah tablet. Ukuran tablet lebih ramping dan kecil daripada laptop. Bahkan, ukurannya bisa muat di kantong. Anda tidak bisa menemukan keyboard yang ada dalam laptop atau PC desktop. Tablet sepenuhnya dioperasikan dengan fitur layar sentuh. Jika Anda menginginkan tablet untuk bekerja secara mobile, piilihlah tablet dengan fitur tambahan keyboard docking. Sayangnya, perfoma tablet tidak sebagus laptop atau dekstop PC yang bisa dimodifikasi. Hanya sedikit tablet mampu menawarkan perfoma handal untuk memutar video atau film berkualitas HD dan menjalankan aplikasi berat.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Tips Menjaga Keamanan Smartphone Ketika Bermain Game Online

Tips Menjaga Keamanan Smartphone Ketika Bermain Game Online – Penggunaan smartphone untuk memainkan game online …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

>