Home > Komputer > Perbedaan serta Fungsi Komputer Server dan Komputer Client
Perbedaan serta Fungsi Komputer Server dan Komputer Client

Perbedaan serta Fungsi Komputer Server dan Komputer Client

Mengenal Perbedaan, Pengertian serta Fungsi Komputer Server dan Komputer Client – Dalam dunia komputer terutama komputer yang digunakan dalam sebuah organisasi, tentu dikenal 2 istilah jenis komputer yaitu komputer server dan komputer client. Dilihat namanya, 2 jenis komputer ini tentunya memiliki spesifikasi dan fungsi yang berbeda.

Mungkin bagi orang awam, masih terasa asing dengan istilah komputer server dan komputer client. Tapi tidak ada salahnya jika anda mempelajari perbedaan pengertian dan fungsi komputer server serta komputer client. Simak ulasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Pengertian dan fungsi komputer server

Server merupakan istilah yang sering sekali didengar dan familiar terutama familiar dibidang komputer. Istilah server dalam bahasa indonesia disebut dengan pelayan. Komputer server merupakan komputer yang tugasnya untuk melayani permintaan dan kebtuhan dari komputer dalam lingkup jaringan pada komputer server tersebut. Dimana komputer komputer yang berada dalam lingkup jaringan tersebut disebut dengan komputer client. Adapaun kebutuhan yang harus dilayani oleh komputer server kepada komputer client yaitu menyediakan berbagai sumber daya mulai dari memori yang besar, harddisk berkapasitas tinggi dan printer yang serbaguna.

Pengertian lain dari Komputer Server adalah suatu unit komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer. komputer Server akan melayani seluruh client atau workstation yang terhubung ke jaringannya. Berdasarkan fungsi tersebut bisa dikatakan bahwa Komputer Server adalah Komputer Induk.

Fungsi komputer server

  • Memiliki tanggung jawab untuk melayani permintaan komputer client dan mengatur jalannya lalu lintas data
  • Menyediakan resource untuk digunakan secara bersama sama baik berupa hardware atau berupa aplikasi
  • Dapat berguna untuk menyimpan file atau data yang dapat diakses untuk bersama sama antara komputer server ke komputer client dengan menggunakan file sharing.
  • Berperan untuk mengatur hak akses level dalam suatu jaringan sehingga tidak semua komputer client dapat mengakses seluruh data yang disimpan komputer server.
  • Menyediakan database dan aplikasi yang dapat dijalankan pada semua kmputer
  • Melindungi komputer client dari serangan malware dengan memasangkan firewall atau antimalware pada komputer server.

Ada beberapa jenis komputer server yang disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhannya yaitu ada server game, database server, webserver, printer server, proxy server, dan lainnya.

Pengertian dan fungsi Komputer Client

Pengertian Komputer client dalam sebuah lingkup jaringan adalah sebuah komputer yang fungsinya untuk meminta atau merequest data berupa file, aplikasi, resource untuk penggunaan memori, printer, harddisk, printer dari komputer server.

Pengertian lain dari Komputer Client adalah komputer yang meminta (request) satu layanan tertentu ke suatu server. Komputer client harus dilengkapi dengan aplikasi client khusus dan menjalankannya, sehingga dapat memanfaatkan layanan yang ditawarkan server.

Sebagai contoh, untuk mengambil sebuah file dari file server, suatu program di komputer client harus memformat sebuah request (permintaan) dan mengirimkannya kepada program yang sedang berjalan di server. Selanjutnya, server akan mengirimkan file yang diminta sesuai dengan permintaan program client tersbut.

Perbedaan Komputer Server dan Komputer Client

Perbedaan Komputer Server dan Komputer Client

Dalam sebuah lingkup jaringan, komputer server berfungsi sebagai sentral dalam jaringan komputer. Dimana komputer server menyediakan seluruh informasi atau data yang akan dishare ke komputer client. Komputer server juga memiliki kemampuan untuk melakukan troubleshooting bila terjadi kerusakan jaringan. Pasalnya dalam lingkup jaringan, semua koneksi jaringan bertumpu pada komputer server. Dengan kata lain jika komputer server mengalami kerusakan, maka akan mengganggu sebuah jaringan lainnya.

Antara komputer server dan komputer client juga menggunakan sistem operasi yang berbeda, Komputer client atau komputer biasa menggunakan sistem operasi windows XP, windows 7, windows 8, windows 10, linux, macintosh, dan lainnya.

Komputer server memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan komputer biasa (client). Spesfikasi yang tinggi pada komputer server ini dapat melakukan pemrosesan data lebih cepat.

Biasanya antara komputer server dan komputer client memiliki ruangan khusus yang terpisah. Pasalnya kebutuhan perangkat keras yang dibutuhkan komputer server cukup banyak. Selain perangkat keras dari komputer server itu sendiri, perangkat jaringan lainnya yaitu hub, switch, lan dan sebagainya. Komputer server juga wajib dan harus aktif untuk selama 24 jam penuh tanpa henti. Pasalnya jika komputer server mati maka komputer client dalam jaringan tersebut juga akan mati.

Berdasarkan uraian di atas, Pengertian dan Fungsi Komputer Server serta Komputer Client memilki banyak perbedaan yang sangat menonjol. Sehingga untuk cara perawatan dan kualitas komponen pun akan jauh berbeda.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

rekomendasi spesifikasi rakitan komputer pc untuk warnet game online terbaru 2017

Spesifikasi Rakitan Komputer PC Untuk Warnet Game Online 2017

Spesifikasi Rakitan Komputer PC Untuk Warnet Game Online 2017 – Tak dapat dipungkiri PC saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *