Home > Komputer > Penyebab serta Cara Mudah Mengatasi Laptop dan PC Yang Lemot
Penyebab serta Cara Mudah Mengatasi Laptop dan PC Yang Lemot

Penyebab serta Cara Mudah Mengatasi Laptop dan PC Yang Lemot

DimensiData.comPenyebab dan Cara Mengatasi Laptop dan PC Yang Lemot pada windows 7, windows 8 serta windows 10. Komputer atau laptop tak luput dari masalah, pasti kita pernah mengalami masalah saat kita bekerja. Misalnya saja tiba-tiba komputer atau laptop kita mati mendadak, komputer lemot atau masih banyak lagi masalah yang membuat kita harus menghentikan aktivitas di depan komputer.

Dengan komputer dan laptop yang lemot, terkadang membuka startup saja berjalan sangat lambat, membuka windows explorer saja ngehang dan not responding. Selain itu banyak lagi masalah yang ditimbulkan akibat laptop dan komputer yang lambat. Tidak peduli itu windows xp, windows 7, windows 8 atau windows terbaru yaitu windows 10, pasti akan mengalami masalah lamban ini.

Walaupun kamu menggunakan komputer atau laptop merek terkenal dan harganya mahal, kamu juga bisa mengalami masalah seperti komputer lemot. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan notebook dan laptop jadi lemot bahkan nggak bisa dijalankan sama sekali. Jika komputer atau laptop nggak bisa jalan lebih cepat maka kamu harus mengetahui apa penyebabnya dulu kemudian baru mencari cara mengatasi laptop dan pc yang lemot.

Masalah komputer atau laptop lemot sering terjadi mengingat banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya. Jadi, sebaiknya melakukan perawatan yang rutin. Permasalahan komputer yang lemot dan lambat memang permasalahan yang sangat menyebalkan, untuk itu DimensiData.com akan memberikan tips lengkap cara ampuh mengatasi komputer lemot. Langsung saja ikuti langkah-langkah dan cara ampuh mengatasi laptop dan pc yang lemot berikut ini :

Cara Mudah Mengatasi Laptop dan PC Yang Lemot

Dibawah ini ada beberapa hal penyebab serta cara mudah mengatasi laptop dan PC yang lemot:

Hardisk

Hardisk adalah salah satu penyebab mengapa komputer/ laptop menjadi lemot. Ruang penyimpananpada harddisk yang sudah penuh bisa menyebabkan komputer menjadi lemot. Masalah seperti ini memang sering banget terjadi namun pengguna komputer/ laptop kadang tidak mengetahui masalahnya. Karena itu, usakan memberikan ruang kosong pada harddisk sehingga dengan mengatasi laptop dan pc yang lemot kamu bisa menjalankan komputer/ laptop dengan cepat.

Registry

Berapa banyak software yang kamu instal pada komputer/ laptop? Jika kamu menginstal terlalu banyak software, hal ini juga bisa menyebabkan komputer maupun laptop kamu menjadi lambat bekerja. Komputer/ laptop yang lemot bisa disebabkan karena sistem registry pada software yang ada di komputer/ laptop yang terlalu banyak. Semakin banyak software yang tersimpan pada komputer kamu maka sistem registry juga semakin bertambah dan membuat laptop atau komputer menjadi lemot. Agar komputer maupun laptop tidak lemot kamu harus tau cara mengatasi laptop dan pc yang lemot dan kamu bisa menginstal software yang memang kamu butuhkan saja.

Adanya Spyware

Kita sering nggak sadar kalau sebenarnya kita telah menginstal software dan software tersebut berjalan pada komputer kita. Skyware merupakan suatu program yang bisa jalan sendiri tanpa kita ketahui. Keberadaan software ini bisa membuat komputer/ laptop menjadi lemot. Untuk mencegah komputer lemot karena Spyware, kamu bisa mengatasi laptop dan pc yang lemot dengan menghapus program ini. Kamu juga bisa memasang anti spyware yang sudah di upgrade.

Karena virus

Malware atau virus yang menyerang komputer terutama harddisk, hal ini bisa menyebabkan komputer menjadi lemot. Bukan hanya itu, malware juga bisa menyebabkan laptop maupun komputer mati total. Untuk mengatasi masalah malware atau virus maka kamu bisa mengatasi laptop dan pc yang lemot dengan menginstal salah satu antivirus terbaik. Jika komputer/ laptop tidak terjangkit virus maka kinerjanya bisa lebih cepat.

Spesifikasi komputer dan laptop

Jika kamu menggunakan spesifikasi pada komputer atau laptop yang sudah lama, hal ini bisa menyebabkan komputer/ laptop bekerja lebih lambat. Jika kamu pakai komputer yang memiliki RAM yang kurang dari 2 GB, hal ini menimbulkan komputer berjalan lambat. Agar komputer/ laptop berjalan cepat maka kamu bisa mengatasi laptop dan pc yang lemot dengan cara mengupgrade spesifikasi pada komputer dan laptop kamu. Setelah itu kamu bisa memakai komputer/ laptop yang memiliki core minimal dual core dengan RAM sebesar 2 GB.

Terlalu banyak folder temporary cache

Kalau kamu sering menggunakan internet pada komputer atau laptop maka hal ini bisa mempengaruhi kinerja komputer atau laptop. Kinerja komputer menjadi lebih lambat jika terdapat beberapa folder temporary. Untuk mencegah komputer/ laptop lemot karena folder temporary cache, maka kamu bisa mengatasi laptop dan pc yang lemot dengan cara menghapusnya menggunakan software Ccleaner cache trebaik. Software ini membantu kamu membersihkan berbagai folder temporary cache karena akses internet yang terlalu banyak tersebut.

Sistem Operasi yang corrupt

Laptop dan pc lemot atau lambat kemungkinan dikarenakan Sistem Operasi windows yang corrupt atau mulai rusak. Solusi untuk mengatasi laptop dan pc yang lemot karena Sistem Operasi yang corrupt atau mulai rusak adalah dengan merepair sistem operasi atau jika mungkin lakukan install ulang pada laptop dan pc kamu dengan Sistem Operasi windows yang paling terbaru.

Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan

Menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan pada komputer memang dirancang untuk melakukan aktivitas multitasking. Multitasking adalah menjalankan lebih dari satu aktivitas secara bersamaan. Logikanya, jika melakukan 2 aktiftas secara bersamaan maka kita tidak akan maksimal, tenaga dan konsentrasi akan terbagi menjadi dua. Begitu juga dengan laptop/komputer.

Jika kamu mencoba membuka aplikasi Micorosoft Powerpoint, Adobe Photoshop, Mozilla Firefox sambil menonton film maka jelas saja PC menjadi lambat, kecuali PC sobat mempunyai spesifikasi yang tinggi. Cara mengatasi laptop dan pc yang lemot karena terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan ini tentu saja dengan menggunakan program seperlunya saja. Tutup program yang tidak sedang digunakan.

Uninstal program yang tidak diperlukan

Jika ingin komputer atau laptop kalian ingin terasa lebih cepat kinerjanya, kamu bisa mengatasi laptop dan pc yang lemot dengan cara menguninstal program-program aplikasi yang sudah lama tidak kamu update dan gunakan. Hal ini akan membuat ruang kosong pada sistem komputer kalian bertambah dan tentu akan membuat kinerja komputer lebih ringan.

Upgrade atau tambah RAM

Dan ini yang paling berpengaruh, biasanya laptop lemot karena menggunakan sistem operasi keluaran baru sedangkan kapasitas RAM laptop kalian hanya 1 GB, nah untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mengatasi laptop dan pc yang lemot dengan cara mengupgrade RAM laptop atau pc kamu. Jika kalian sudah tau bagaimana cara memasang ram, kalian bisa membeli RAM dengan kualitas terbaik dan harga yang murah langsung ditoko online DimensiData.com.

Setelah membaca artikel tentang penyebab serta cara mudah mengatasi laptop dan PC yang lemot pada pada windows 7, windows 8 serta windows 10, kamu juga bisa membaca artikel seputar tips komputer yang bermanfaat lainnya, seperti cara mudah mengngecek spesifikasi komputer dan laptop dan cara mengatasi komputer/PC dan laptop dari panas yang berlebih.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Membedakan Cartridge Tinta Printer Asli atau Palsu

Cara Membedakan Cartridge Tinta Printer Asli atau Palsu – Pernahkah Anda mengalami saat baru saja …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *