Home > Networking > Pengertian RDP, Fungsi RDP dan Cara Menggunakan RDP

Pengertian RDP, Fungsi RDP dan Cara Menggunakan RDP

Pengertian RDP, Fungsi RDP dan Cara Menggunakan RDP – RDP merupakan singkatan dari Remote Desktop Protocol merupakan fitur dalam sistem operasi Microsoft Windows seperti XP, windows Server 2003, windows Server 2008, windows server 2012, Vista. Dimana fungsi fasilitas ini memberikan izin kepada pengguna agar mudah terkoneksi pada sebuah mesin jarak jauh ibarat kata, user dapat mengakses beberapa mesin dalam satu mesin tanpa harus berpindah tempat duduk.

Secara default, Remote Desktop Protocol berjalan melalui TCP port 3389. Remote Desktop Protocol (RDP) dibuat dengan berdasarkan protokol T.120 yang merupakan protokol dalam perangkat lunak yang berjarak jauh. Adpaaun sistem operasi yang mendukung pada fasilitas RDP ini yaitu Windows 32-bit ( Windows CE dan PocketPC), Linux, Apple Mac OS X, FreeBSD, UNIX Solaris.

Apa Fungsi RDP pada sistem operasi?

Ada banyak kegunaan yang dihasilkan dari fungsi RDP ini yaitu, Sebagai berikut :

  • RDP digunakan untuk melakukan download dan upload berkecepatan VPS yang di remote hingga mencapai 100mb/ps-800mb/ps.
  • Dengan fasilitas RDP ini kita juga bisa melakukan kegiatan bisnis seperti bisnis trading forex, dimana VPS di remote akan bekerja dengan waktu yang Full Timing sehingga membuat proses berjalan dengan lancar tanpa halangan. Karena saat jaringan lelet, RDP akan langsung menangkalnya hingga membuat jaringan menjadi lancar kembali.

Pengertian dan Fungsi RDP (Remote Desktop Protocol) serta Cara Menggunakan RDP

Bagaimana Cara Menggunakan RDP (Remote Desktop Protocol)?

Pastikan anda sudah memiliki akun RDP baik itu akun prabayar ataupun akun free trial (gratisan). Setelah memiliki akun, log in dan anda sudah bisa menggunakannya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Menggunakan RDP pada Sistem Operating Windows 10.

  • Cari tombol search pada bagian kiri bawah layar atau disamping logo windows, sudah ketemu, langsung di klik
  • Kemudiam tuliskan pada bar search “Remote Desktop Connection”
  • Maka aplikasi akan muncul, lalu klik

Remote Desktop Connection

  • Setelah itu tuliskan nama ip server RDP, klik yang anda kehendaki, setelah itu klik connect.

ip server RDP

  • Setelah masuk, anda akan melihat kembali pop up persetujuan. Kemudian klik conect, maka sistem RDP akan terkonfigurasi dengan cepat dan baik.

 sistem RDP akan terkonfigurasi

  • Masukkan username dan password sesuai nama server RDP anda. Jangan lupa centang “remember my credientials” untuk menyimpan username dan password. Tidak dicentang tidak masalah juga. Lalu klik OK
  • Tunggu sampai proses login selesai.
  • Setelah itu akan muncul popup lagi yang isinya verifikasi RDP anda
  • Untuk melihat sertifikat RDP and, klik view certoficate dan hilangkan pesan ini saat login. Caranya centang tulisan “”don’t ask me again for connection this computer”, lalu ‘yes’.
  • Selanjutnya tunggu sampai proses log in berhasil. Tunggu dalam beberapa detik hingga proses login bemar benar succuess

verifikasi RDP

  • *dan taraaaa lihat hasilnya….proses login RDP SUCCESS. Nah sekarang anda sudah bisa mengkoneksikan Remote Desktop Protocol pada laptop anda, dengan fasilitas RD maka anda dapat melakukan upload dan download file sepuasnya dengan kecepatan tinggi.

RDP Windows Server 2012

Kelebihan Remote Desktop Protocol

  • Masih dapat terus menyala / on meski kita sudah tidak terkoneksi (disconnect) dari aplikasi RDP tersebut
  • Dapat melakukan proses Download / Upload dengan cepat sampai 1000 Mb/s
  • Anda dapat menggunakan RDP ini untuk melakukan BOT, Jugling, Hitleap, Encoding, download, upload, Reupload File dengan size besar, Hosting Website, dan lainnya
  • RDP /Remote Dekstop Protocol, dapat di download pada situs torrent tanpa harus takut internet tidak sehat atau pelanggaran internet.
  • RDP dapat dijadikan sebagai sebuah server game online

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan Wireless LAN

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *