Home > Komponen > Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter
Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter

Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter

Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter – Apakah anda seorang teknisi listrik dan elektronika. Jika benar, tentunya anda sering mendengarkan dengan istilah inverter?

Tapi apakah anda tahu secara jelas mengenai Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter. Meski anda sering mendengar, tapi beberapa orang tentu sebenarnya tidak tahu apa apa.

Tapi jangan khawatir karena kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk membaca dan belajar lebih dalam tentang Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter. Yuk simak!

Pengertian Inverter

Pengertian Inverter termasuk rangkaian elektronika daya yang biasanya berfungsi untuk melakukan konversi atau mengubah tegangan DC (searah) menjadi tegangan AC (bolak-balik).

Inverter Sebenarnya adalah kebalikan dari converter atau yang lebih dikenal dengan adaptor yang memiliki fungsi mengubah tegangan AC (bolak-balik) menjadi tegangan DC (searah).

Seperti yang kita ketahui, saat ini telah ada beberapa topologi inverter yang tersedia, dimulai dari jenis inverter yang memiliki fungsi hanya dapat menghasilkan tegangan bolak balik saja atau push pull inverter hingga dengan inverter dengan kemampuan hasil tegangan sinus murni tanpa efek harmonisasi.

Yang terakhir ada jenis interver yang digolongkan menjadi beberapa jenis inverter berdasarkan fasa, yaitu 1 fasam 3 fasa hingga multi fasa.

Makalah Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter PDF

Fungsi Inverter

Sesuai dengan pengertian inverter yang menyatakan inverter ini berfungsi untuk mengubah tegangan DC (searah) menjadi tegangan AC (bolak-balik). Dimana perubahan ini dilakukan untuk mengubah kecepatan motor bertegangan AC dengan mengubah frekuensi outputnya saja. Jadi bisa dikatakan inverter ini merupakan perangkat yang multifungsi, bahkan tak hanya diubah melainkan dapat dikembalikan lagi.

Inverter telah banyak digunakan pada bidang industri. Dimana aplikasi inverter yang sudah terpasang akan diproses secara linear yakni parameter yang dapat diubah-ubah. Linear disini yang dimaksud inverter ini memiliki bentuk seperti grafik sinus, dll. Inverter juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan perputaran yang presisi.

Bagaimana Cara Kerja Inverter

Adapun Cara kerja inverter ini yaitu inverter dapat melakukan pengubahan yakni mengubah input motor tenaga listrik AC menjadi tegangan listrik DC, kemudian dipecah lagi menjadi AC dan frekuensi, sehingga motor listrikmuamg digunakan dapat dikontrol sesuai kecepatan yang dikehendaki.

Perlu anda ketahui bahwa ada cukup banyak beberapa teknik yang kendali yang bisa digunakan untuk menjaga inverter agar dapat menghasilkan sinyal sinusoidal. Cara yang sering digunakan umum adalah cara dari modulasi lebar pulsa (PWM).

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Inverter, Fungsi Inverter, dan Cara Kerja Inverter. Semoga dengan adanya artikel ini anda bisa membaca dan mehaminya. Semoga artikel ini bisa memberikan anda informasi memberikan manfaat dan inspirasi. Semoga artikel ini bermanfaat. Good luck.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Mengubah dan Setting Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Cara Mengubah dan Setting Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro

Cara Mengubah dan Setting Mouse Biasa Menjadi Mouse Macro – Keterbatasan dalam perlengkapan sebenanya dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *