Home > Gadget > Pengertian dan Perbedaan iPhone Refurbished dengan iPhone Rekondisi
Perbedaan iPhone Refurbished dengan iPhone Rekondisi

Pengertian dan Perbedaan iPhone Refurbished dengan iPhone Rekondisi

Perbedaan iPhone Refurbished dengan iPhone Rekondisi dan Cara Membedakannya РMeskipun pamornya sudah sedikit menurun, tetapi peminat Apple iPhone masih cukup banyak dan tentunya akan sangat penting bagi anda juga mengetahui adanya perbedaan iphone refurbished dan rekondisi.

Dengan begitu anda tidak akan sampai tertipu dengan para penjual ponsel yang mau main curang. Menjadi konsumen yang bijak dan teliti sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini, apalagi para penjual sudah semakin pintar untuk mendapatkan keuntungan lebih besar meskipun tidak semua seperti itu.

Pengertian iPhone Rekondisi

iPhone rekondisi merupakan perangkat iPhone yang ‘didaur ulang’ sedemikian rupa hingga menyerupai iPhone baru tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi. Biasanya, proses rekondisi dikerjakan oleh pihak ketiga (lokal) baik secara legal maupun ilegal. Hanya saja produk tersebut tidak memiliki garansi vendor dan biasanya berupa garansi toko/outlet tempat produk tersebut dijual.

Ciri-Ciri iPhone Rekondisi

  • Dus/packaging seperti pada saat gadget tersebut dijual baru
  • Aksesoris yang disertakan non-originalHarga yang ditawarkan jauh lebih murah
  • Garansi yang ditawarkan biasanya sekitar 1 (satu) bulan
  • Jika dicek di http://selfsolve.apple.com maka garansi serta dukungan untuk perangkat yang besangkutan telah EXPIRED

Baca Juga

Pengertian iPhone Refurbished

Perangkat iPhone refurbished sebenarnya adalah produk rekondisi, bedanya pengerjaan dilakukan oleh vendor yang bersangkutan yaitu Apple. Kasarnya, iPhone refurbished adalah perangkat rekondisi resmi yang dijual kembali dengan harga yang lebih rendah namun dengan jaminan garansi serta dukungan penuh dari pihak Apple layaknya produk baru.

iPhone refurbished merupakan produk yang ditarik dari pasaran oleh Apple, entah itu karena klaim garansi maupun produk cacat produksi atau kerusakan selama pengapalan. Produk-produk tersebut kemudian dicek secara menyeluruh, diperbaiki dan melalui quality control layaknya produk baru.

Produk yang lulus uji kelayakan dan berfungsi 100% layaknya gadget normal kemudian dikemas dengan box khusus yang berbeda dan diberi keterangan bahwa produk tersebut adalah refurbished. Seterusnya, produk dijual kembali dengan harga lebih murah namun dengan jaminan kualitas serta garansi internasional resmi dari Apple disertai dengan aksesoris original.

Ciri-Ciri iPhone Refurbished Resmi Apple

  • Packaging menggunakan box khusus lengkap dengan label serta bertuliskan “Apple Certified Pre-Owned” pada bagian depan bawah
  • Aksesoris yang disertakan baru dan original
  • Harga yang ditawarkan lebih tinggi dari iPhone rekondisi
  • Garansi resmi dari Apple yang berlaku selama 1 (satu) tahun dan berlaku internasional
  • Jika dicek di http://selfsolve.apple.com garansi beserta support berlaku selama 1 tahun semenjak box pertama kali dibuka dan perangkat diaktifasi
  • Biasanya, iPhone refurbished resmi adalah produk dari 2 generasi ke belakang. Jika misalnya generasi yang up to date saat ini adalah iPhone 6, maka versi refurbished yang dilepas ke pasaran adalah iPhone 5, terpaut dua generasi dibawah iPhone 6 atau satu generasi dibawah iPhone 5S.

Cara Mengetahui Perbedaan iPhone Refurbished dengan iPhone Rekondisi Dengan Tepat

Cara Membedakan iPhone Refurbished dengan iPhone Rekondisi Dengan Tepat

Pada dasarnya baik iphone refurbished dan rekondisi adalah sama-sama merupakan barang yang pernah ada di pasaran baik masih dalam masa garansi atau cacat produksi yang dikembalikan sebelum digunakan.

Namun sebenarnya untuk barang refurbished adalah nama katalog bagi barang yang didaur ulang secara resmi oleh pihak apple. Sedangkan barang rekondisi adalah barang yang diperbaiki oleh distributor sehingga kualitas barangnya belum tentu terjamin.

Berikut beberapa perbedaan iPhone Refurbished dengan iPhone Rekondisi yang perlu anda pahami:

  • Box untuk iphone refurbished memang dibuat sedikit berbeda dengan yang normal, namun untuk aksesoris di dalamnya dipastikan dalam keadaan asli karena langsung berasal dari pihak apple
  • Iphone refurbished akan memberikan jaminan pabrik yang berlaku selama satu tahun dan secara internasional sehingga akan tetap memberikan keuntungan untuk anda gunakan, namun untuk iphone rekondisi hanya memberikan garansi distributor
  • Anda bisa melakukan pengecekan validitas IMEI yang biasanya tertera pada baterai atau kotak perangkat. Dengan begitu akan terlihat apakah iphone tersebut asli atau tidak
  • Harga tentu menjadi perbedaan mendasar antara barang refurbished dengan rekondisi. Tentu saja untuk iphone refurbished harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan iphone rekondisi meskipun sudah diturunkan harganya secara resmi oleh pihak perusahaan apple

Kelebihan Iphone Refurbished Dibandingkan Dengan Rekondisi

Sebagai barang yang didaur ulang langsung oleh perusahaan yang mengeluarkannya, tentu iphone refurbished memiliki keunggulan tersendiri untuk bisa anda pertimbangkan. Meskipun memang tidak menutup kemungkinan ada sedikit tanda kecacatan dalam bentuk fisiknya, tetapi kualitasnya tentu lebih bisa dijamin dibandingkan anda membeli iphone rekondisi.

Berikut beberapa keunggulan dari iphone refurbished untuk menghindari kerugian akibat salah dalam memilih iPhone Refurbished dengan iPhone Rekondisi:

  • Kualitas terjamin karena pengguna juga bisa melakukan klaim dimanapun sehingga tidak perlu khawatir
  • Garansi resmi dari apple akan membuat anda lebih nyaman serta aman selama menggunakannya, karena jika terjadi kerusakan lagi maka pihak apple yang akan bertanggungjawab
  • Meskipun merupakan daur ulang tetapi nilai purna jualnya masih cukup tinggi. Apalagi jika masih dalam masa garansi sehingga akan menguntungkan bagi anda jika ingin menjualnya kembali
  • Menguntungkan karena anda bisa mendapatkan iphone dengan harga lebih murah dibandingkan dengan membeli yang baru dan kualitasnya pun tidak kalah baik

Anda tidak perlu khawatir akan merasa tertipu karena pihak Brand Apple sudah membedakan antara iphone yang baru dengan refurbished dari berbagai sisi termasuk kemasan boxnya. Hal yang terpenting adalah anda membeli di tempat yang benar-benar terpercaya kualitas produknya agar tidak sampai mendapatkan produk dengan kualitas kurang sesuai harapan.

Jangan sembarangan memilih tempat dan barang tanpa mempertimbangkan segala hal penting yang memang perlu diperhitungkan secara matang. Maka anda harus benar-benar melihat profesionalitas dari pihak distributor dan mempertimbangkan antara iPhone Refurbished dengan iPhone Rekondisi dengan melihat perbedaannya secara seksama.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Begini Cara Mengetahui dan Cek Windows 10 Asli atau Bajakan

Cara Mengetahui Keaslian dan Cek Windows 10 Asli atau Bajakan – Apakah anda mempunyai komputer …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *