Home > Networking > Pengertian dan Perbedaan IP Camera dan Kamera CCTV
Pengertian dan Perbedaan IP Camera dan Kamera CCTV

Pengertian dan Perbedaan IP Camera dan Kamera CCTV

Pengertian dan perbedaan Antara IP Camera dan Kamera CCTV – IP Camera dan Kamera CCTV merupakan 2 jenis alat teknologi yang cukup berkembang dan terkenal di masyarakat. Terlebih ip camera telah menjadi salah satu teknologi yang paling berkembang saat ini sehingga secara perlahan teknologi ip camera ini menggeser keberadaan CCTV analog.

Salah satu yang diminati dari keunggulan IP camera yaitu karena kinerjanya yang cukup kompleks sehingga penggunaan dan konfigurasi menjadi lebih mudah. Terkait dengan pembahasan diatas, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian dan perbedaan Antara IP Camera dan Kamera CCTV analog sehingga para pembaca bisa memahami kelemahan dan kekurangan IP Camera dan Kamera CCTV.

Pengertian CCTV

CCTV adalah jenis perangkat yang sengaja dirancang untuk keperluan mendapatkan gambar dalam bentuk video. Resolusi CCTV cukup bervariasi. Dimana besarnya resolusi CCTV sangat mempengaruhi hasil gambar yang ditangkap, sehingga hasilnya bisa tampak semakin jelas. Tapi hasil gambar CCTV memang tidak seberapa jelas seperti pada kamera kamera video pada umumnya. Dimana resolusi CCTV hanya terbatas sampai 720×575 saja. Ukuran interval pada video yang terekam di CCTV sebesar 60.

Tahukah anda apa itu interval pada CCTV?

Interval atau yang diaebut field pada CCTV akan ditransmisikan ke dalam perangkat receiver. Nah kumpukan field ini disebut frame. Pada saat frame ditransmisikan maka disebut interlaced transmission.

Maka dari itu ketika akan memasang CCTV sebaiknya pertimbangkan dulu sistem transmisi yang digunakan dari kamera ke dalam DVR atau digital vodeo recorder. Meski menggunakan kabel coaxial, namin pada saat kamera CCTV merekam sebuah kejadian, hasil rekaman videonya masih terdapat noise.

Nah noise atau istilahnya gambar kasar sangat mengganggu sehingga akan membuat hasil menjadi tidak maksimal. Inilah yang menjadi kelemahan atau kekurangan CCTV. Tapi sayangnya solusi untuk masalah ini masih belum ditemukan bagaimana caranya menurunkan noise dan terbilang sangat sulit menurunkan noise dan ukuran video yang dihasilkan, sehingga bisa dikatakan hasil akhir video CCTV tidak maksimal cenderung buruk.

Apakah itu saja kekurangan CCTV? Ooo sayangnya masih ada. Apakah itu? Selajn noise dan ukuran video ternyata CCTV memiliki kelemahan dalam menggabungkan warna, dimana terkadang masih ada warna warna yang tercampur diantara warna hitam dan warna putih. Kelemahan CCTV ini cukup terlihat dari hasil rekamannya.

Kelebihan Kekurangan IP Camera dan Kamera CCTV Analog

Istilah IP Camera 

IP merupakan singkatan dari Internet Protocol yang merupakan sejenis bahasa komunikasi sederhana antara komputer dalam melakukan transmisi data via internet. Simplenya bisa dikatakan IP camera adalah jenis komputer sederhana yang dirancang untuk kegunaan merekam dan mengakses video.

Pengertian IP Camera

IP Camera adalah jenis perangkat teknologi canggih terbaru yang menjadi produk perkembangan dari perangjat sebelumnya yakni camera analog. Bahkan kinerja dari IP camera ini terbilang lebih mudah daripada CCTV. Dimana hasil rekaman gambar oleh IP camera akan langsung ditransmisikan melalui koneksi jaringan yang tersedia. Adapun ukuran data sebelumnya sudah disesuaikan dengan protokol jaringan.

Tapi sebenarnya IP camera adalah perangkat komputer yang fungsinya berbeda dari PC pada umumnya dimana Komputer IP camera memiliki sistem yang fungsi dan settingnya sudah diatur dari sistem bawaan sehingga fitur tidak dapat ditambahkan

Dengan begitu kita bisa mendapatkan resolusi video seperti yang diinginkan. Maksimal resolusi kamera pada IP camera yaitu 10.000×20.000 pixel, bahkan pengguna bisa mengatut resolusi kamera sesuai kebutuhan, misalnya 800×800.

Untuk resolusi terentah pada IP camera yaitu 720×480 atau 720×576. Untuk sistem sensor, beberapa IP camera masih menggunakan sensor interlaced. Dimana sensor ini yang digunakan pada kamera analog. Sebenarnya jenis sensor ini tidak disarankan, karena hasilnya tentu tidak bagus.

Sebaiknya anda pilih IP camera dengan sensor progressive karena resolusi IP camera ini sudah menggunakan ukuran MP (megapixel). Dengan ukuran MP ini kita bisa dengan mudah mendapatkan jumlah pixel pada kamera. Dengan begitu hasil gambar menjadi lebih bagus dan halus.

Sudah tahu kan Pengertian dan perbedaan Antara IP Camera dan Kamera CCTV. Semoga bermanfaat.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan Wireless LAN

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *