Home > Software > Pengertian dan Macam Jenis Versi Sistem Operasi Windows Server
Pengertian, Fungsi dan Macam Jenis Versi Sistem Operasi Windows Server

Pengertian dan Macam Jenis Versi Sistem Operasi Windows Server

Mengenal Pengertian dan Macam Jenis Versi Sistem Operasi Windows Server – Pembangunan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangatlah cepat, bahkan lebih cepat dari perkembangan sumber daya manusianya sendiri. Pemanfaatan teknologi informasi saat ini sudah menjadi kewajiban untuk bermacam-macam bidang pekerjaan mulai dari kedokteran, penelitian, pendidikan, dan sebagainya.

Bahkan untuk industrai, teknologi informasi sudah menjadi kewajiban yang harus ada, seperti bisnis perbankan, telekomunikasi, manufacture, bisnis online, service provider dan sebagainya semuanya memerlukan perangkat keras dan lunak yang handal dan canggih untuk mendukung Data Center mereka. Bahkan untuk perusahaan tertentu yang teknologinya hanya sebagai support pun mereka mulai merintis bahwa teknologi informasi suatu saat akan menjadi strategis.

Pengetian Windows server

Windows server adalah sistem operasi versi Windows yang khusus digunakan untuk server atau datacenter. Biasanya digunakan sebagai server networking perusahaan, berbagai layanan berbasis cloud, atau sebagai server website, web app dan lain sebagainya.

Ada beberapa pilihan ketika kita hendak menggunakan OS windows server untuk menaruh aplikasi dan database kita. Berikut ini sekilas Perbedaan dan penjelasan masing-masing macam jenis versi sistem operasi Windows Server yang ada saat ini.

Pengertian dan Macam Jenis Versi Sistem Operasi Windows Server

Windows Server 2000

Microsoft merilis windows 2000 pada 17 Febuari 2000 sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan NT 5,0 atau “NT.5,0″. Versi 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasaar yakni pangsa pasar workstation dan juga pangsa pasar server. Diantara fitur windows 2000 yang paling signifikan adalah active Directory, sebuah model jaringan pengganti jaringan NT domain yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industri seperti Domain Name System (DNS) Light weight Directory Access Protocol (LDAP) dan kerberos untuk menghubungkan antara sebuah mesin ke mesin lainnya.

Windows Server 2003

Yang membangun windows server 2003 ini ialah micorosft, windows server 2003 ini termasuk kedalam keluarga OS Microsoft windows. Windows server 2003 ini adalah suatu bersi system operasi Microsoft windows yang dikhususkan untuk pasar server korprat. Dengan nomor versi dari internal nya ialah Microsoft windows NT 5.2 build 3790. Yang pada sebelum nya diketahui dengan nama .NET Server, windows .NET server, whistler server atau dengan nama windows XP server. System operasi dari windows server 2003 ini adalah kelanjutan dari system windows 2000 server.

Windows HPC Server 2008

Windows HPC server 2008 ini merupakan suatu versi windows server yang di khususkan untuk computer dengan penampilan atau performa komputasi yang tinggi. Yang membantu windows HOC server 2008 iini adlaah Microsoft, windows HPC server 2008 ini juga termasuk kedalam keluarga OS Microsoft windows. Windows server 2008 ini merupakan nama dari system operasi untuk server yang berasal dari perusahaan Microsoft. System server windows HPC server 2008 ini adalah suatu pengembangan yang berasal dari versi pendahulu nya yang biasa dikenal dan disebut dengan windows server 2003. Di tanggal 15 mei tahun 2007, bill gate mengungkap kan di konferensi WinHEC bahwasa nya windows server 2008 ini merupakan new name dari windows server loghorn.

Sistem Operasi Windows Server 2008 R2

Yang membangun microsoft windows server 2008 R2 ini ialah Microsoft, windows server 2008 R2 ini pun termasuk kedalam keluarga 0S Microsoft windows. Pada mula nya windows server 2008 R2 ini memiliki nama windows server 7 yang merupakan system operasi yang berguna untuk server dari perusahaan Microsoft yang di terbitkan pada 22 october di tahun 2009 berbarengan dengan windows 7. System server ini adalah suatu pengembangan dari versi yang pendahulu nya yang biasa disebut dengan windows server 2008. Platform dari windows server 2008 R2 ini ialah x86 – 64.

Sistem Operasi Windows Server 2012

Yang membangun windows server 2012 ini ialah Microsoft, windows server 2012 ini pun termasuk kedalam keluarga OS Microsoft windows. Pada mula nya windows server 2012 ini memiliki kode nama yaitu windows server 8 yang merupakan versi terbaru dan terkini dari windows server. Windows server 2012 ini adalah versi server windows 8 sekaligus sebagai pengganti dari windows server 2008 R2. Software atau perangkat lunak ini tersedia untuk para pengguna di mulai pada 4 september 2012.

Windows server 2012 R2

Yang membangun microsoft windows server 2012 R2 ialah Microsoft, dengan keluarga OS nya yaitu Microsoft windows. Windows server 2012 R2 ini merupakan nama dari system operasi untuk server dari perusahaan microsft yang di terbitkan di tanggal 18 october 2013 berbarengan dengan windows 8.1 sistem windows server ini adalah pengembangan yang berasal dari versi yang pendahulu nya yang biasa dikenal dengan windows server 2012.

Windows Server 2016

Walaupun Windows Server 2016 ini masih pada tahap uji coba, namun dapat dipastikan sistem ini masih bisa diinstalasi dan digunakan pada komputer server dengan spesifikasi standard yang digunakan saat ini. Bahkan untuk perusahaan menengah atau UKM, Micrfosoft menyediakan pilihan server core atau nano server. Jadi bagi Anda yang saat ini masih menggunakan sistem operasi Windows Server 2003, 2008 tetapi sudah 64 bit masih memungkinkan memasang Windows Server 2016 ini.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Rekomendasi Antivirus Terbaik Untuk OS Windows 10 Terbaru 2017

Antivirus Terbaik Untuk OS Windows 10 Terbaru 2017

Rekomendasi Antivirus Terbaik Untuk OS Windows 10 Terbaru 2017 – Jengekl dengan virus virus yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *