Home > Networking > Macam Jenis Kabel Jaringan Internet dan Pengertiannya
Macam Jenis Kabel Jaringan Internet yang Digunakan Pada Jaringan Komputer

Macam Jenis Kabel Jaringan Internet dan Pengertiannya

Macam Jenis Kabel Jaringan Internet yang Digunakan Pada Jaringan Internet Komputer – Apa itu Kabel Jaringan? Kabel jaringan adalah sebuah kabel yang membentuk suatu jaringan komputer agar dapat terkoneksi dengan internet. Ada cukup banyak Macam Jenis Kabel Jaringan pada Internet yang Digunakan Pada Jaringan Internet Komputer. Apa sajakah itu….?

1. Kabel Coaxial

Kabel coaxial adalah macam jenis kabel jaringan klasik, itu artinya saat ini jenis kabel ini sudah hampir tidak digunakan lagi pada jaringan komputer. Kabel coaxial adalah jenis kabel jaringan internet yang terdiri dari kawat tembaga dilapisi dengan isolator, konduktor, pada bagian luar kabel coaxial dilindungi dengan bahan PVC. Dari tampilannya, kabel coaxial ini mirip seperti kabel antena TV.

Jenis Tipe Kabel Coaxial dan Pengertiannya

Dalam penggunaan kabel coaxial pada jaringan komputer, dewasa ini kabel coaxial sudah tergantikan dengan kabel. Sebab kabel coaxial ini biasanya digunakan pada jenis jaringan komputer tipe topologi bus dan topologi ring.

Kelemahan kabel coaxial

Kabel coaxial memiliki jangkauan dan kualitas transmisi data terbatas serta kurang fleksibel.

2. Jenis Kabel Jaringan Internet Twisted Pair

Jenis kabel jaringan komputer ini mempunyai bentuk fisik yang berupa pasangan kabel yang dipasang berilit satu sama lain dan akhirnya membentuk kabel spiral. Jenis kabel jaringan ini termasuk kabel jaringan yang paling banyak digunakan pada jaringan komputer berupa jaringan local atau LAN.

Jenis Tipe Kabel Twisted Pair dan Pengertiannya

Ada 3 jenis Kabel twisted pair

UTP (unshielded twisted pair), tidak mendukung proteksi dari spiralnya. Sehingga kelemahan kabel UTP ini, yaitu rentan dan sangat sensitive terhadap voltase tinggi dan medan magnet. Kabel UTP ini banyak digunakan pada jaringan telepon, dan jaringan LAN kecil.

FTP (foiled twisted pair), memiliki lapisan pelindung pada kabelnya yang berupa foil, sehingga membuat kabel FTP ini mempunyai ketahanan terhadap noise dan gangguan magnetic yang lebih baik dibandingkan jenis kabel UTP.

STP (shielded twisted pair), memiliki perlindungan dalam lapisan kabel yang hampir sama dengan jenis kabel FTP. Bedanya kabel ini memiliki bahan lapisan untuk melindungi kabel twisted pairnya. Kabel STP ini memiliki kemampuan dalam menangkal noise dan gangguan magnetic yang lebih baik.

Meski kabel FTP dan STP memiliki keunggulannyang lebih baik dari kabel UTP, namun utuk jaringan komputer justru kabel UTP yang menjadi favoritnya. Hal ini dikarenakan kabel UTP mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan kabel FTP dan STP. Jadi inilah alasannya kabel FTP jadi favorit.

Baca Juga: Pengertian dan Macam Jenis Topologi Jaringan Komputer

3. Kabel Jaringan Fiber Optik

Jenis Tipe Kabel Jaringan Internet Fiber Optik dan Pengertiannya

Jenis kabel jaringan fiber optic adalah jenis kabel yang terdiri dari beberapa kumpulan serat fiber, dengan ukuran kabel lebih kecil dan lebih fleksibel. Awalnya, kabel fiber optik lebih sering digunakan untuk keperluan khusus, misalnya seperti digunakan pada jaringan backbone perusahaan besar. Namun seiring berjalannya waktu kabel jaringan ini semakin populer dan mulai banyak digunakan untuk keperluan secara umum, termasuk digunakan kabel jaringan pada jaringan internet.

Kesimpulan Macam Jenis Kabel Jaringan Pada Jaringan Komputer

Kabel Coaxsial

  • Kabel jaringan yang digunakan digunakan pada jaringan topologi bus dan topologi ring
  • Kabel jaringan yang mempunyai kapasitas transmisi data yang limited
  • Kabel jaringan yang saat ini sudah sangat jarang digunakan dan kurang fleksibel dengan perangkat keras jaringan

Kabel Twisted Pair

  • Kabel jaringan yang memiliki Harga yang relative lebih murah
  • Kabel jaringan yang lebih mudah diperoleh bahkan untuk melakukan Instalasi nya pun tidak repot dan mudah
  • Namun sayang jenis kabel UTP, tidak mempunyai pelindung ketahanan kabel sehingga rentan mengalami noise dan gangguan magnetik

Kabel Fiber Optic

  • Kabel jaringan yang dapat mentransmisikan data dengan lebih cepat dan lebih optimal
  • Kabel jaringan yang lebih tahan terhadap gangguan magnetic ataupun gelombang radio
  • Namun Sayang harga jualnya sangat mahal

Sekian Macam Jenis Kabel Jaringan Internet yang Digunakan Pada Jaringan Internet Komputer. Semoga artikel ini bisa berguna bagi Anda.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan Wireless LAN

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *