Home > Berita Teknologi > Keuntungan 4G dan Kelemahannya

Keuntungan 4G dan Kelemahannya

Masyarakat saat ini banyak yang menggunakan jaringan 3G untuk berbagai kebutuhan. Namun, taukah Anda bahwa saat ini juga telah tersedia jaringan 4G yang akan menandingi atau bahkan menggantikan jaringan 3G. Jaringan 4G merupakan jaringan nirkabel yang menjadi generasi keempat untuk memudahkan komunikasi mobile. Dengan menggunakan 4G maka kecepatan komunikasi jauh lebih baik dibandingkan dengan jaringan sebelumnya. Jaringan 4G yang terkenal adalah 4G LTE, namun jaringan satu ini masih terbatas pada wilayah Jabotabek saja. Untuk daerah di luar Jabotabek harus rela menunggu tersebarnya jaringan 4G LTE. LTE sendiri sebenarnya dikembangkan oleh 3GPP yang merupakan evolusi dari jaringan GSM.

Keuntungan 4G dan Kelemahannya_2

Pada awalnya, jaringan nirkabel yang dikenal dan digunakan masyarakat adalah 1G yang diluncurkan pada tahun 1980. Selama puluhan tahun para pakar IT mengembangkan jaringan dan menemukan jaringan terbaru yang dikenal dengan jaringan 2G dan diluncurkan pada awal tahun 1990. Jaringan 2G memungkinkan transmisi yang jauh lebih banyak dibandingkan jaringan 1G. Kemajuan teknologi yang semakin berkembang membuat terciptanya jaringan 3G  yang jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Jaringan 3G memungkinkan adanya aplikasi multimedia dengan teknologi yang lebih canggih. Setelah itu muncullah jaringan 4G yang dikembangkan untuk memberikan layanan yang lebih baik dan berkualitas dengan adanya kecepatan transfer data yang lebih tinggi.

Tentunya jika Anda menggunakan jaringan ini maka Anda bisa melakukan pertukaran informasi atau mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 3G. Kecepatan trasfer data pada jaringan 4G minimal sebesar 100 megabit per detiknya. LTE menjadi teknologi untuk mendapatkan standart jaringan 4G yang bisa diterapkan pada game maupun TV. Teknologi jaringan 4G LTE memiliki banyak keunggulan namun bukan berarti jaringan ini tidak memiliki kelemahan. Di Indonesia, jaringan tersebut sering digunakan pada jaringan 1800 MHz dalam jaringan 4G LTE.

Lalu, bagaimana dengan pengguna smartphone, apakah bisa menggunakan jaringan 4G?

Bagi pengguna smartphone, mereka memang sudah bisa menggunakan jaringan 4G, namun hanya pada beberapa smartphone saja seperti iPhone 5S, HTC One, Samsung Galaxy S4 DAN Nokia Lumia 820. Selain itu, iPad 4 dan iPad Mini merupakan gadget yang bisa menikmati layanan jaringan 4G karena gadget tersebut beroperasi dengan frekwensi 1800MHz. Adanya jaringan 4G pada smartphone dan tablet memudahkan pengguna untuk streaming dan juga bermain game online.

Beberapa keunggulan jaringan 4G/ LTE diantaranya:

  • Memiliki kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan kecepatan Uplink hingga 75 Mbps
  • Mendukung sistem ITU-R dan sistem IMT yang menggunakan gelombang frekwensi
  • Mendukung kecepatan transfer broadband karena 4G memiliki frekwensi band yang jauh lebih tinggi
  • Mendukung Multicast Broadcast Single Frequency Network
  • Mendukung mobilitas tinggi
  • Jaringan 4G mampu meminimalkan gangguan

Selain memiliki keunggulan di atas, jaringan 4G LTE juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut beberapa kelemahan dari jaringan 4G:

  • Untuk membuat infrastruktur jaringan yang baru dibutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan jaringan 3G, 2G dan 1G
  • Dibutuhkan penginstalan peralatan yang baru jika jaringan diperbarui
  • Dibutuhkan mobile device yang baru yang mendukung teknologi 4G LTE jika jaringan diperbarui
  • Dibutuhkan antena tambahan untuk transmini data karena jaringan 4G LTE menggunakan Multiple Input Multiple Output (MIMO)

Sekalipun memiliki beberapa keunggulan di atas, jaringan 4G masih sangat terbatas wilayahnya. Tidak seperti jaringan 3G yang hampir semua wilayah di Indonesia bisa dijangkau. Mungkin kedepannya Anda yang berada di luar Jabotabek bisa menikmati keunggulan jaringan 4G LTE tersebut.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer

Pengertian dan Macam Jenis Sistem Bilangan Komputer – Number system, Format bilangan komputer atau sistem bilangan …

One comment

  1. paket 4g termurah

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *