Home > Tutorial > Cara Setting Bios Agar Bisa Install Windows Menggunakan Flashdisk
Cara Setting Bios Agar Bisa Install Windows Menggunakan Flashdisk

Cara Setting Bios Agar Bisa Install Windows Menggunakan Flashdisk

Cara Setting Bios Agar Bisa Digunakan Untuk Install Windows Menggunakan Flashdisk – Pada umumnya melakukan penginstallan Windows pada komputer ataupun laptop menggunakan CD. Cara ini memang tergolong praktis karena kita tak perlu melakukan setting bagian-bagian tertentu. Sudah pasti proses install akan berjalan mulus, terlebih lagi apabila Anda sudah punya kaset CD berisi software Windows resmi.

Seiring berkembangnya teknologi, kini ada banyak sekali cara untuk install Windows yang lebih gampang dan juga praktis. Contohnya saja dengan menggunakan USB flash drive, lebih tepatnya flashdisk. Tak perlu kesulitan membawa dan menyimpannya di CD, cukup bawa satu flasdisk saja lalu Windows sudah siap diintall. Meskipun dinilai mudah dan praktis, sayangnya masih terjadi masalah kecil yaitu tentang pengaturan pada BIOS.

Apa Itu BIOS?

BIOS adalah kependekkan dari Basic Input/Output System yang ada di dalam chipset motherboard. Fungsinya untuk mengenali adanya hardware pada komputer atau laptop ketika menyala. Nah, jika Anda mulai menancapkan flashdisk pada latop nanti BIOS akan segera mengenali dan menyiapkan perangkat tersebut agar terbaca.

Sebelum melakukan install Windows, tentu saja perangkat USB flash drive tersebut harus bisa dibaca dan dikenali terlebih dahulu oleh BIOS komputer. Inilah yang sering menjadi permasalahan banyak orang. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui bagaimana cara mengatur sistem BIOS agar dapat menginstal Windows dengan menggunakan flashdisk.

Bagaimana Cara Setting BIOS Agar Bisa Digunakan Untuk Install Windows Menggunakan Flashdisk?

Install Windows Menggunakan Flasdisk

Sebenarnya cara untuk menyeting BIOS agar dapat membaca flashdisk cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa step atau langkah di bawah ini:

1. Sebelum melakukan Install Windows Menggunakan Flashdisk, pastikan terlebih dahulu Anda sudah menyiapkan data Windows yang asli. Selain itu, pastikan pula kalau flashdisk tidak bervirus alias aman dan bersih sehingga tidak terjadi gangguan lain ketika penginstallan.

Bootable Flashdisk Windows 10 Untuk Instal Ulang Laptop

2. Pasang terlebih dahulu USB flashdisk pada laptop atau komputer. Setelah itu akan muncul pesan untuk masuk ke BIOS atau System Utilities. Tulisan atau pesan yang biasanya muncul di layar adalah :

  • Press DEL to enter BIOS setup yang artinya Anda harus menekan tombol DELETE agar dapat masuk ke pengaturan BIOS.
  • Press F2 for System Utilities yang berarti tekan F2.
  • Untuk masuk ke BIOS, setiap merk Laptop berbeda-beda.

3. Apabila sudah berhasil masuk ke dalam pengaturan BIOS maka pilihlah tab boot atau lainnya seperti boot, boot order, booiting, dan boot priority. Bagian ini akan menunjukkan flashdisk yang telah terdeteksi.

Cara Setting Bios Agar Bisa Install Windows Menggunakan Flashdisk 1

4. Selanjutnya jadikan flashdisk tersebut pada urutan pertama dengan memilih Boot Priority Order atau Boot Device Priority. Jika sudah selesai, Anda dapat memilih menu keluar atau Exit Saving Changes. Dengan begitu BIOS akan membaca flashdisk Anda secara otomatis.

Itulah cara melakukan penginstallan software Windows dengan media flashdisk. Setiap BIOS mempunyai cara pengaturan yang berbeda-beda. Akan lebih baik jika Anda ketahui terlebih dahulu jenis BIOS apa yang dipakai pada laptop atau komputer.

Baca Juga: Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7, 8 dan 10 Tanpa Software

Cara Install Windows Menggunakan Flashdisk diatas biasanya bekerja pada vendor BIOS AMI (American Megatrends Inc.) atau bisa juga BIOS Phoenix. Perlu diingat, apabila Anda sudah selesai melakukan pengaturan dalam mengubah urutan booting. Maka sebaiknya kembalikan kondisinya seperti semula pada bagian setting BIOS.

Jika semua hal diatas sudah berhasil maka Anda dapat mulai melakukan install Windows seperti biasa. Ketika flashdisk masih belum terbaca maka BIOS Anda tidak mampu mendukung teknologi USB untuk install Windows. Jadi mau tidak mau Anda harus menggunakan media kaset CD agar dapat menginstall Windows.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Menyambungkan Laptop ke TV LCD Menggunakan HDMI

Cara Menyambungkan Laptop ke TV LCD Menggunakan HDMI

Cara Mudah Menyambungkan Laptop ke TV LED LCD Menggunakan Kabel HDMI – Mungkin beberapa diantara …

One comment

  1. Instalasi Windows via Bootable Flashdisk memang bisa jadi solusi terbaik bagi yang tidak memiliki CD Windows Ori.

    Tingkat sukses instalasi ulang via Flashdisk menurut saya lebih tinggi bila dibandingkan ketika kita menginstal via Burning CD. Karena kegagalan proses burning saat mengcopy seluruh file ke CD sering banget terjadi. Apalagi kalo kualitas CD atau DVD kurang bagus. Pengalaman instalasi terhenti dan Windows gagal terinstal karena ada file Windows yang tidak ditemukan atau missing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *