Home > Networking > Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Sinyal WiFi
Mempercepat Koneksi Sinyal Internet Wifi

Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Sinyal WiFi

Cara Mudah serta Ampuh Memperkuat dan Mempercepat Koneksi Internet Sinyal WiFi – Internet pada awal kemunculannya masih menggunakan jaringan wired atau dengan menngunakan kabel, tapi sekarang seiring perkembangan teknologi, koneksi internet sudah bisa menggunakan Wifi (Wireless Fidelity) atau tanpa menggunakan kabel. Wifi merupakan teknologi canggih terbaru dijaman ini dimana sebuah jaringan dapat tehubung menggunakan gelombang radio. Sehingga lebih mudah dalam penggunaan.

Sinyal WiFi yang lemah memang seringkali dapat membuat frustasi apalagi jika saat itu anda sedang dikejar deadline dan anda memang sedang membutuhkan sinyal WiFi. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperkuat sinyal WiFi? Beberapa cara mudah memperkuat dan mempercepat sinyal wifi ini dapat anda aplikasikan pada android, laptop, smartphone, router dan modem indihome serta juga barang-baramg elektronik yang lainnya. Bagaimanakah caranya? Berikut ini informasinya.

Koneksi Internet Sinyal WiFi

1. Menggunakan Teknologi WiFi yang Paling Baru
Pada saat ini terdapat empat jenis teknologi wireless yang patut anda ketahui, yakni teknologi A, B, G dan N. Teknologi A, B dan G merupakan sebuah teknologi yang lama atau lawas sedangkan teknologi N merupakan sebuah teknologi terbaru dengan kecepatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan teknologi A, B dan G yang cenderung lambat. Oleh karena itu, pastikanlah anda menggunakan teknologi N untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal.

2. Mencari lokasi dan posisi yang tepat
Sinyal WiFi memang tidak bisa kita lihat, namun anda harus tahu bahwa sinyal wifi dapat terhalang jika disekitarnya banyak terdapat tembok. oleh karena itulah anda harus memastikan bahwa anda mencari posisi yang bebas dari beberapa penghalang tersebut supaya anda lebih nyaman dalam melakukan koneksi internet.

3. Jauhkan dari alat atau perangkat elektronik lainnya
Anda wajib tahu bahwa beberapa perangkat elektronik seperti microwave pun juga bisa menyebabkan kualitas sinyal wifi menjadi terganggu. Sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan ini anda dapat menjauhkan terlebih dahulu beberapa perangkat elektronik tersebut dari router. jika anda ingin memindahkan frekuensinya dengan lebih mudah, anda dapat menggunakan router dual band sebagai pilihan.

4. Menggunakan Channel yang kosong
Jika di sekitar anda banyak sekali yang menggunakan router wifii, maka dapat terjadi kemungkinan anda berada di channel yang sama dengan router tersebut. Hal ini akan menyebabkan kualitas sinyal yang menurun. Sebagai solusinya, anda dapat memilih sebuah channel wifi yang kosong atau yang memiliki sedikit pengguna supaya anda terhindar dari sinyal yang terganggu. Untuk melakukan trik ini, anda dapat menggunakan sebuah aplikasi yang bernama inSSider.

5. Buat Antena Sederhana Untuk Memperkuat Sinyal WiFi
Sinyal yang dipancarkan oleh modem atau router WiFi akan terpancar ke arah yang tidak beraturan, dengan membuat Wireless Antenna sederhana diharapkan kalian mendapat output sinyal yang lebih terarah atau fokus.

6. Gunakan Alat Tambahan Penguat Sinyal Wifi
Hanya dengan menambahkan alat penguat sinyal wifi, sinyal jadi stabil.  Alat penguat sinyal wifi ini berfungsi memperpanjang sinyal wifi Anda sehingga komputer Anda yang jauh di ujung ruangan tetap mendapat sinyal meskipun sudah out of range dari acces point.

7. Memperbaiki sistem keamanan
Jika anda telah menggunakan sebuah paket internet yang cepat namun saja tetap terjadi gangguan atau lambat dalam hal mengakses internet, mungkin saja ada orang lain yang ikut menggunakan sinyal wifi anda tanpa sepengetahuan anda. oleh karena itu, sebagai langkah pencegahan, anda sebaiknya menggunakan password yang rumit dan unik dan juga menggunakan enkripsi WPA2.

8. Melakukan Kontrol Bandwidth
Biasanya browsing akan menjadi lambat jika anda tidak sendirian dalam mengguanakn wifi. Oleh karena itu anda dapat melakukan pengaturan pada bandwidth agar orang lain tidak terjadi kebocoran yang nantinya akan mengakibatkan koneksi internet anda menjadi lambat atau lemot.

9. Menggunakan DD-WRT Firmware
Salah satu cara yang sangat efektif untuk memperkuat dan mempercepat sinyal wifi adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi yang disebut DD-WRT Firmware. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan hack pada router sehingga kekuatan dari pemancar sinyal pun akan menjadi lebih tinggi. Anda dapat menaikkan hingga 70mW meskipun hal ini sebenarnya cukup berbahaya untuk router. Hal ini akan membuat jangkauan dari router anda meningkat bahkan hingga dua kali lipatnya. Selain beberapa hal di atas, aplikasi ini juga biasanya menyediakan berbagai opsi keamanan yang bisa anda aplikasikan dan pilih.

Itulah beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk memperkuat dan mempercepat koneksi sinyal internet wireless wifi, selamat mencoba semoga internetnya tambah cepat setelah mempraktekan cara diatas. Dan jangan lupa share artikel ini agar kerabat dan teman-tean anda juga tau.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Fungsi Router dan Mengenal Macam Jenis Tipe Router Berdasarkan Mekanismenya

Macam Jenis Tipe Router Berdasarkan Mekanismenya

Pengertian Router, Cara Kerja Router, Fungsi Router dan Mengenal Macam Jenis Tipe Router Berdasarkan Mekanismenya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *