Home > Networking > Cara Mudah Flush DNS di Windows 7, 8, 10 dengan CMD

Cara Mudah Flush DNS di Windows 7, 8, 10 dengan CMD

Cara Mudah Flush DNS di Windows 7, 8, 10 dengan CMD – Anda mungkin pernah mendengar DNS saat mengoperasikan komputer, tetapi apa Anda tahu cara mudah flush DNS di Windows dengan CMD? DNS yang merupakan akronim Domain Name System berperan sebagai kontak internet dan membantu penerjemahan domain ke IP Address agar peramban dapat menemukan website.

Mempercepat loading website dengan DNS Cache

Cache dan DNS adalah dua hal yang saling berkaitan. Dalam hal ini, cache adalah kegiatan data yang datang dari permintaan sebelumnya yang kemudian dipakai lagi untuk mempercepat proses pemuatan. Hal ini pula yang akan mempengaruhi loading website yang dilakukan DNS cache.

Bagaimana cara kerjanya? Sebelum peramban atau browser mengeluarkan permintaan ke luar jaringan, perangkat akan saling memotong untuk mencarikan nama domain di database DNS cache. Database ini memuat daftar nama domain yang baru diakses maupun alamat yang dihitung DNS saat kali pertama permintaan dibuat. Akan tetapi, DNA cache tak lepas juga dari masalah, salah satunya DNS poisoning, yakni situasi saat DNS cache akibat tercemar nama domain atau IP Address tidak sah.

Potensi cache bermasalah memang selalu ada dan biasanya datang dari gangguan teknis. Namun, DNA poisoning datang dari virus maupun serangan jaringan yang berhasil memasukkan entri DNS tak valid ke dalam cache. Ketika DNS poisoning terjadi, peramban akan mengirimkan laman salah pada pengguna, contohnya situs-situs penuh ads yang mengandung malware.

Cara Mudah Flush DNS di Laptop PC

Mengatasi DNS poisoning dengan menerapkan flush DNS

Di sinilah flush DNS mengambil peran penting untuk mengatasi DNS poisoning. Flush DNS secara garis besar adalah tindakan menghapus dan mengatur ulang DNS cache. Cara mudah flush DNS di Windows dengan CMD tak hanya menghilangkan entri-entri tak diinginkan, tetapi juga memaksa komputer untuk mencatat ulang laman-laman situs web yang sempat Anda akses. Lantas alamat baru akan diambil dari server DNS yang disediakan bagi jaringan Anda.

Bukan hanya website, router juga mempunyai DNS cache. Maka dari itu, Anda juga disarankan untuk rajin rebooting pada router untuk mengatasi poisoning maupun masalah-masalah lainnya. Dalam hal ini, Anda juga bisa melakukan flush DNA untuk menghapus entri-entri bermasalah yang tersimpan secara sementara dalam perangkat tersebut.

Bagaimana cara melakukan flush DNS pada OS Windows?

Flush DNS sebenarnya bisa diterapkan pada semua sistem operasi seperti Linux, Mac, dan Windows. Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows, berikut cara-cara yang bisa diterapkan sesuai versinya:

Cara Flush DNS pada Windows 10

  • Untuk membuka CMD pada windows 10, Akses lewat menu search, kemudain pada kolom search ketikan cmd dan klik kanan, lalu pilih Run as Administrator.Cara Mudah Flush DNS di Windows 10
  • Masukkan perintah atau line berikut ini: ipconfig /flushdnsCara Mudah Flush DNS di Windows 10 CMD
  • Tekan Enter.
  • Jika Sukses akan ada notif seperti ini:
    Windows IP Configuration
    Successfully flushed the DNS Resolver Cache.
  • Kemudian restart laptop atau komputer anda.

Flush DNS pada Windows 7 dan/atau versi sebelumnya

  • Pada windows 7, Akses Start Menu, lalu pilih All Programs;
  • Pilih Accessories, lalu klik kanan pada Command Prompt;
  • Klik Run as Administrator;
  • Masukkan perintah atau line command berikut ini: ipconfig /flushdns
  • Tekan Enter.

Flush DNS pada Windows 8

  • Pada Windows 8, tekan Windows Key atau arahkan mouse ke kiri bawah, lalu klik ikon Windows;
  • Masukkan Command Prompt dengan cara ketikan cmd kemudian enter;
  • Klik kanan, lalu pilih Run as Administrator;
  • Masukkan perintah atau line command berikut ini: ipconfig /flushdns
  • Tekan Enter.

Mudah-mudahan cara mudah flush DNS di Windows 7, 8, 10 dengan CMD ini membantu Anda menjaga performa komputer, terutama dari serangan yang tak diinginkan.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.