Home > Gadget > Cara Merawat Baterai Handphone Agar Tetap Awet

Cara Merawat Baterai Handphone Agar Tetap Awet

Baterai cepat rusak atau bocor merupakan salah satu masalah yang cukup sering terjadi pada berbagai produk handphone. Meskipun beberapa produk mengklaim melengkapi produknya dengan baterai berkualitas dan tahan lama, tapi jika anda tidak tau bagaimana cara merawat baterai handphone dengan tepat, maka baterai pada handphone anda bisa jadi cepat rusak. Ini tentu akan berpengaruh pada kinerja dari handphone yang anda miliki. Salah satu solusinya, anda tentu harus menggantinya dengan yang baru.

Cara merawat baterai handphone agar tetap awet dan tahan lama

Cara Merawat Baterai Handphone Agar Tetap Awet_2

Sebelum anda mengalami masalah dengan baterai anda, akan lebih baik jika anda menyimak cara merawat baterai handphone agar tetap awet. Sehingga kualitas dari baterai tersebut akan tetap tahan lama dan lebih panjang umur. Berikut ini tipsnya untuk anda;

  • Charge baterai hingga penuh ketika masih baru

Biasanya anda akan dianjurkan untuk mengisi baterai yang masih baru hingga penuh. Waktu yang dibutuhkan untuk mengecesan ini biasanya 6-8 jam. Jangan lupa untuk selalu mematikan handphone anda ketika dalam proses pengisian daya baterai dan jangan lupa untuk segera mencabut kabel jika baterai telah terisi penuh.

  • Selalu menggunakan charger yang asli

Charger yang tidak sesuai dengan standar dan tidak tersertifikasi oleh produsesn ponsel yang anda gunakan bisa berpengaruh pada daya tahan baterai.

  • Lakukan pengisian baterai hingga penuh

Jangan hanya mengisi baterai setengah-setengah karena hal ini akan berpengaruh pada daya tahan baterai. Selalu mengisi baterai hingga penuh akan berpengaruh pada daya tahan baterai.

  • Tidak menggunaan gambar animasi atau gambar bergerak lainnya

Gambar tersebut biasanya akan membutuhkan daya baterai yang cukup besar sehingga bisa menyebabkan baterai anda cepat habis.

  • Lakukan pengecesan sebelum daya baterai habis

Jika baterai http://www.dimensidata.com/category/mobile-phone/ anda terlalu sering kehabisan dayanya, hal ini akan menyebabkan baterai anda cepat drop. Bahkan beberapa diantaranya bisa cepat menggelembung. Sebaiknya lakukan pengecesan ketika daya masih tersisa 25 %.

  • Hindari melakukan pengesesan baterai di kapal

Gelombang di kapal bisa memberikan energi listik yang tidak seimbang. Hal ini bisa menyebabkan baterai menjadi cepat rusak bahkan handphone anda. Selain itu, suhu dingin ketika di tengah lautan juga bisa berpengaruh pada ketahanan baterai.

  • Menggunakan aplikasi penghemat baterai

Tidak ada salahnya anda menggunakan aplikasi untuk menghemat baterai. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini melalui google play store. Silahkan anda gunakan kata kunci battery atau battery server untuk bisa mendapatkan aplikasi tersebut.

Beberapa cara merawat baterai handphone tersebut merupakan cara untuk mencegah masalah pada baterai anda. Mesipun demikian, jenis baterai juga akan menentukan ketahannya. Itulah sebabnya, baterai original lebih dianjurkan untuk dipakai karena dari segi kualitas tentu akan lebih bagus jika dibandingkan dengan baterai yang tidak tersertifikasi oleh produsen ponsel yang anda gunakan.

Jika anda membutuhkan baterai cadangan untuk handphone anda, sebaiknya anda memang memilih baterai yang original atau sesuai dengan brand handphone anda. Dari segi harga, baterai ini memang lebih mahal, tapi dari segi kualitas tentu tidak perlu diragukan lagi. Perlu anda ketahui bahwa menerapkan cara merawat baterai handphone saja tidak cukup untuk membuat baterai tetap tahan lama jika kualitas dari baterai itu sendiri tidak bagus. Semoga beberapa informasi tersebut akan bermanfaat untuk membantu anda memiliki baterai handphone yang tahan lama sehingga handphone bisa digunakan untuk waktu yang lebih lama.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

PALING SERING DIBACA

2 comments

  1. Info yang wajib diketahui semua pengguna gadget.
    Setting display sepertinya juga harus diperhatikan karena display jadi salah satu penggunaan terbesar baterai.

    • iya betul sekali, kalau brightness di handphone mempengaruhi batrai cepat habis atau tidak, semakin terang sebuah display semakin cepat habis batrai dan bila ingin irit batrai harus di setting display menjadi agak redup (gelap)

      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *