Home > Peralatan Kantor > Cara Memperbaiki Proyektor

Cara Memperbaiki Proyektor

  1. Bila tampilan display bergaris pada LCD Projector:
  1. Buka secara hati-hati casing Proyektor LCD Anda, setelah terbuka seluruhnya keluarkan LCD Panel dari dalam proyektor.
  2. Agar hasil lebih maksimal, bersihkan dahulu engine projector dari debu yang menempel ketika digunakan sebelumnya, termasuk di dalamnya lampu, reflector lamp, lensa, main PCA, fan, power supply, projector lamp power supply.
  3. Ketika membersihkan bagian-bagian dari proyektor tersebut gunakanlah kuas yang halus sehingga tidak merusak bagian dari proyektor yang rawan.
  4. Agar lebih maksimal dan terjaga bagian rawan gunakan juga cairan pembersih yang tersedia ditoko alat-alat elektronik. Jangan menggunakan alkohol ketika membersihkan bagian-bagian tersebut, apalagi lensa LCD yang mudah tergores.
  5. Setelah semuanya dibersihkan, saatnya mengatur alignment dan adjusting pada setiap panel RGB. Caranya yaitu dengan memutar skrup setting pada bagian belakang LCD Panel.
  6. Setelah alignment dan adjusting di-setting serta semua bagian proyektor dibersihkan. Pasang kembali semua bagian yang tadi dikeluarkan ke tempat semula, pastikan semua dilakukan secara hati-hati.
  7. Terakhir, saatnya cek display pada LCD Projector Anda, apakah masih ada kekurangan, berarti Anda membersihkannya kurang merata atau penyimpanannya kurang tepat.

Cara Memperbaiki Proyektor_2

1. Proyektor tidak bekerja ketika dinyalakan

  • Pastikan stop kontak di mana proyektor yang terhubung memiliki daya listrik, dan bahwa lampu proyeksi yang baik. Beberapa proyektor juga memiliki “indikator” atau “status” lampu LED pada panel kontrol. Jika menyala atau berkedip silakan lihat manual

2. Tidak mendapatkan sinyal atau gambar

  • Setelah menyiapkan peralatan sangat penting untuk menghidupkan proyektor pertama. Anda akan melihat gambar proyeksi kosong, kini giliran komputer, (mengkonfirmasi kabel terhubung dengan benar Anda). Bila menggunakan komputer lap top Anda mungkin perlu menonaktifkan layar komputer Anda. Pertama cari “fungsi” tombol di bagian atas keypad Anda yang berbunyi “LCD”, “CRT” atau mungkin memiliki ikon yang menyerupai monitor komputer. Dengan menekan tombol “FN” kunci dan yang sesuai “fungsi” tombol Anda akan dapat memperoleh gambar dari proyektor saja. Ini dikenal sebagai “Toggling” gambar.

3. Layar bergulir “atau” hanya mendapatkan gambar parsial

  • Hal ini biasanya disebabkan oleh resolusi komputer tidak sepenuhnya kompatibel dengan resolusi proyektor. Anda akan perlu untuk menyesuaikan resolusi komputer Anda untuk mencocokkan proyektor. (. Resolusi proyektor dapat ditemukan di halaman “spesifikasi” dari buku manual pemilik proyektor) Anda akan dapat mengakses resolusi komputer dan membuat perubahan dengan melakukan langkah-langkah berikut:
  • Untuk Windows pilih menu utama, klik dua kali pada “Windows Setup”, pilih “Ubah Pengaturan Sistem” dari menu “Options”, pilih “Tampilan” dan mengubah pengaturan untuk menyesuaikan bahwa proyektor. Restart komputer Anda untuk menyimpan perubahan ini.
  • Hal ini juga bisa disebabkan oleh sinyal yang ditampilkan pada kedua layar (laptop) komputer LED dan layar proyeksi. Jika Anda mendapatkan hasil yang buruk bahkan setelah ulang resolusi komputer mencoba untuk “beralih” gambar dengan menggunakan langkah-langkah yang ditampilkan dalam “Aku tidak mendapatkan sinyal atau gambar” bagian atas. Hasil terbaik Anda harus datang saat gambar pada layar proyeksi saja.

4. Remote control tidak akan bekerja

  • Baterai lemah atau mati dapat menyebabkan banyak masalah dengan remote control. Untuk memaksimalkan hidup baterai membawa mereka keluar ketika proyektor tidak digunakan. Beberapa remote proyektor datang dengan saklar “on-off” untuk remote itu sendiri (tidak harus bingung dengan tombol power untuk proyektor) gilirannya remote off jika tidak digunakan. Anda harus memiliki garis yang jelas terlihat antara remote control dan penerima proyektor disimpulkan. Setiap hambatan akan mengganggu kemampuan proyektor untuk mengambil sinyal remote. Sebagian besar kontrol jarak jauh juga datang dengan kemampuan untuk mengendalikan mouse komputer Anda. Untuk mendapatkan hubungan terbaik antara komputer dan proyektor hubungkan kabel mouse (PS / 2 atau serial) sebelum untuk mengubah “pada” peralatan. Diagram tentang bagaimana kawat kabel dapat ditemukan dalam buku manual pemilik.

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.