Home > Peralatan Kantor > Bedanya Toner Cartridge dengan Tinta Cartridge
Perbedaan Toner Cartridge dengan Tinta Cartridge dan Kelebihannya

Bedanya Toner Cartridge dengan Tinta Cartridge

Bedanya Toner Cartridge dengan Tinta Cartridge – Saat ini telah ada banyak teknologi cetak yang kehadirannya sangat membantu kita dalam melakukan pekerjaan khususnya dalam pekerjaan mencetak dokumen. Salah satu teknologi cetak yang saat ini dirasa cepat dan murah yakni teknologi cepat kontemporer.

Meskipun demikian, segala kemampuan teknologinya juga tidak luput dari peran spesifikasi printer itu sendiri. Pasalnya saat ini telah cukup banyak pilihan jenis printer dimana masing masing memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Sehingga anda harus memilih jenis printer sesuai kebutuhan.

Karena jika salah memilih akan dapat menimbulkan kerugian. Salah satu pertimbangan yang wajib anda ketahui dari spesifikasi printer adalah 2 hal ini. Karena saat ini 2 hal ini yang paling sering digunakan dan banyak digunakan. 2 hal ini yaitu tinta catridge dan toner catridge. Kedua hal ini adalah hal yang berbeda.

Dimana masing masingnya digunakan pada jenis printer dan fungsi yang berbeda. Maka dari anda harus tahu apa Bedanya Toner Cartridge dengan Tinta Cartridge. Agar anda bisa mendapatkan jenis printer yang sesuai dengan keinginan anda. Simak perbedaan Toner Cartridge dan Tinta Cartridge dibawah ini!

Pengertian Toner Cartridge dan Tinta Cartridge

Pengertian tinta catridge adalah cairan yang berwarna dengan pigmen pewarna yang bermacam macam. Biasanya penggunaan tinta adalah untuk printer inkjet. Sedangkan pengertian toner catridge adalah sejenis serbuk halus yang biasanya digunakan dalam printer laser.

Kedua jenis printer ini yakni printer inkjet dan printer laser keduanya digunakan dan dibutuhkan dalam percetakan atau juga cocok untuk kebutuhan komersial, namun cara pengoperasian dan teknik pencetakan nya tentu sangat berbeda.

Bedanya Toner Cartridge dengan Tinta Cartridge

A. Tinta Cartridge

Pada tinta catridge yang digunakan pada printer inkjet dikategorikan menjadi 2 tipe yaitu:

  • Dye-based atau tinta berbasis pewarna dimana tinta ini terdiri dari larutan pewarna yakni cairan yang diberi pewarna.
  • Pigment-based atau tinta berbasis pigmen adalah tipe tinta catridge yang menggunakan bubuk ultra halus yang dilarutkan dalam cairan.

Kelebihan Tinta Cartridge Printer

Pada printer inkjet yang digunakan adala tinta catridge dimana biasanya warna tinta yang digunakan adalah kode CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black). Cara pengisiannya sangatlah mudah dimana setiap warna terletak pada catridge yang berbeda. Jadi ketika tinta habis, anda cukup menuangkan tinta melalui tabung kecil tinta yang ada diluar printer. Maka secara otomatis, tinta akan mengalir hingga mengisi tinta dalam catridge.

Pada tingkat kebutuhan konsumen, printer inkjet yang paling umum digunakan, selain larena mudah dioperasikan, printer inkjet dipilih karena printer ini memiliki harga jual yang lebih murah.

Tapi jika dilihat dari kebutuhan pemakaiannya, printer inkjet memang terbilang mahal. Karena pemakaian yang besar tentu membutuhkan banyak tinta. Nah biaya tinta inilah terbilang cukup mahal. Apalagi jika anda sering mencetak gambar atau foto, tentu tinta akan lebih boros.

B. Toner printer laser

Printer laser biasanya hanya menggunakan satu warna dalam mencetak (disebut monochrome) sehingga untuk biaya printer laser warna dua kali lipat lebih mahal dibandingkan tinta inkjet. Printer laser termurah biasanya hanya mencetak dalam satu warna (monokrom). Biaya printer laser warna setidaknya dua kali lipatnya, dan dalam beberapa kasus toner cartridge lebih mahal daripada tinta inkjet.

Kelebihan Toner Cartridge Printer

Perlu diingat bahwa meskipun toner awalnya lebih mahal daripada tinta, kartrid laser dapat bertahan lebih lama dari katrid tinta. Jika Anda lebih sering mencetak teks, akan lebih hemat jika Anda menggunakan printer laser. Jika Anda memasang kartrid berkapasitas tinggi, biaya bisa turun drastis.

Volume dapat mempengaruhi efektivitas biaya printer pilihan Anda. Jika Anda mencetak hanya beberapa ratus halaman per tahun, printer inkjet dapat menjadi salah satu pilihan paling tepat. Jika Anda mencetak ribuan halaman, printer laser akan menghemat biaya dalam jangka panjang.

Selain itu, jenis pekerjaan atau dokumen yang Anda cetak akan menentukan jenis printer yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Jika Anda memerlukan printer all-in-one yang dapat mencetak gambar, grafis dan teks, printer inkjet akan menjadi investasi yang terbaik. Hal ini dikarenakan printer inkjet menghasilkan kualitas yang baik untuk teks dan foto.

Jika Anda lebih banyak mencetak teks, printer laser adalah pilihan yang lebih baik. Selain itu, printer laser memiliki kecepatan cetak yang lebih tinggi, beberapa merek dapat mencetak hingga 20 halaman per menit atau bahkan lebih cepat, dua sampai tiga kali lebih cepat daripada printer inkjet, dan kualitas teks lebih tajam dan lebih tepat daripada printer inkjet.

Jika Anda ingin membeli printer inkjet atau toner, pastikan untuk melakukan sedikit penelitian tentang produk, review atau ulasan pembeli serta fitur yang tersedia.

Paling Sering Dibaca

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Spesifikasi dan Harga Projector InFocus IN112 Terbaru 2017

Projector InFocus IN112, Berteknologi 3d-Ready Harga Murah

Review Kelebihan Spesifikasi Projector InFocus IN112 dan Harga Proyektor InFocus IN112 Terbaru 2017 – Proyektor adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *