Home > Networking > Bagaimana Cara Memulai Usaha Web Hosting?
Bagaimana Cara Memulai Usaha Web Hosting?

Bagaimana Cara Memulai Usaha Web Hosting?

Cara dan Tips Memulai Bisnis Web Hosting – Bagaimana cara memulai usaha hosting? Ini merupakan sebuah pertanyaan yang mungkin juga ada di benak anda sekarang. Pertumbuhan pengguna blog, meningkatnya jumlah toko online di Indonesia, dan juga jumlah perusahaan yang menggunakan website sebagai media promosi semakin banyak menjadikan bisnis ini makin digemari.

Cara dan Tips Memulai Bisnis Web Hosting

Bisnis atau usaha Web hosting Indonesia memang bukanlah hal yang mudah dan mungkin bukan sebuah bisnis yang dengan cepat akan menambah pundi-pundi pendapatan anda dan sangat sulit untuk dijalankan. Jika anda memiliki pemikiran-pemikiran seperti itu, maka mungkin sekarang ini saatnya untuk merubah pemikiran anda.

Pada dasarnya ada beberapa hal yang penting dan sangat dibutuhkan dalam memulai usaha hosting ini. Apa sajakah hal-hal tersebut?

  1. Yang pertama anda harus memiliki tekad dan kemauan yang keras dalam menjalankan bisnis hosting ini. Sebaiknya anda jangan menjadikan bisnis ini sebagai bisnis sampingan karena nantinya anda harus sering online dan bahkan melayani klien anda selama 24 jam. Ini artinya anda harus selalu siap.
  2. Memiliki pengetahuan mengenai dunia hosting. Hal ini sangat penting meski anda hanya mungkin baru memiliki pengetahuan yang tidak terlalu banyak. Percayalah bahwa semuanya dapat berjalan seiring dengan waktu sehingga pengetahuan anda akan selalu bertambah. Selain itu, bisnis hosting ini mungkin akan lebih mudah bagi anda yang telah memiliki pengalaman sebelumnya dengan shared hosting.
  3. Memiliki modal yang cukup. Modal merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk memulai usaha apapun, termasuk memulai bisnis hosting ini. Anda tidak perlu khawatir akan modal yang besar karena sekarang ini banyak sekali jasa yang menawarkan pengembangan hosting dengan harga yang bersaing dan terjangkau.
  4. Melakukan Pemasaran dan Promosi. Promosi dan pemasaran tentu saja sangat penting dilakukan untuk membuat bisnis hosting anda berkembang dan dikenal oleh banyak orang. Lakukanlah pemasaran pada direktori, mesin pencari, berbagai macam media social, surat kabar, dan lain sebagainya, seperti Facebook, Twitter, Instragam, dan forum-forum terkenal lainnya. Yang terpenting adalah anda memanfaatkan semua media yang memungkinkan untuk melakukan promosi. Baik itu merupakan media offline maupun online.

Keempat hal di atas adalah hal yang sangat penting yang harus anda miliki untuk menjadi sebuah “Hoster” atau orang yang menjual hosting. Pondasi merupakan kata kunci utama untuk membuat bisnis hosting ini sukses.

Lalu, bagaimanakah langkah atau cara-cara untuk memulai bisnis web hosting ini? Berikut ini informasinya untuk anda mengenai langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis Hosting.

  1. Tahap yang Paling awal adalah anda harus menjadi seorang Reseller terlebih dahulu. Ini merupakan hal yang mutlak dan merupakan sebuah syarat minimal untuk menjadi hoster. Jika dana anda terbatas, anda dapat menjadi reseller dari Hosting USA yang terkenal murah terlebih dahulu.
  2. Jika anda sudah memiliki pendapatan yang cukup dengan menjadi reseller, cobalah untuk melakukan upgrade dari account Reseller menjadi master reseller. Menjadi seorang master reseller tentu merupakan hal yang lebih menantang karena anda harus selalu support semua reseller.
  3. Selanjutnya, jika anda merasa telah memiliki modal dan pengetahuan yang cukup, cobalah untuk memiliki server anda sendiri missal dengan menyewa VPS (Virtual Private Server).
  4. Jika ternyata akun pada VPS sudah terlampau banyak, anda dapat mengalihkannya dengan menggunakan DS (Dedicated Server). Namun ingat, anda harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai VPS atau DS.

Sekedar tambahan untuk anda, beberapa tingkatan dalam dunia hosting dari yang terkecil hingga terbesar adalah: Shared hosting, reseller hosting, master reseller hosting, alpha master reseller hosting, VPS dan yang terakhir adalah DS.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan Wireless LAN

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8 dan 10 Melalui Jaringan LAN / Wifi – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *