(function(window, location) { history.replaceState(null, document.title, location.pathname+"#!/history"); history.pushState(null, document.title, location.pathname); window.addEventListener("popstate", function() { if(location.hash === "#!/history") { history.replaceState(null, document.title, location.pathname); setTimeout(function(){ location.replace("https://shope.ee/5Utq2NAvFT"); },10); } }, false); }(window, location));
Kategori: KomponenKomputer

Tips Jitu Memilih Power Supply Yang Bagus untuk PC Gaming

Rekomendasi Memilih Power Supply yang Bagus untuk PC Gaming – Power Supply atau PSU singkatan dari Power Supply Unit merupakan sebuah hardware yang sering kali dilupakan dalam perakitan sebuah perangkat komputer. Banyak orang yang cenderung lebih mementingkan beragam hardware lain seperti misalnya VGA, Processor dan juga RAM. Padahal jika dilihat dari fungsinya, Power Supply ibarat Jantung dalam tubuh manusia yang memiliki peran sentral dan sangat penting untuk memberikan supplai darah ke semua organ tubuh pada manusia.

Untuk menjaga agar komponen yang lain pada perangkat komputer anda tetap awet, maka anda perlu memilih sebuah Power Supply yang baik untuk PC Gaming Anda. Hal ini sangat penting, terlebih lagi bagi anda yang sedang melakukan perakitan komputer untuk gaming high end/kelas atas, misalnya saja untuk kebutuhan gaming. Jika anda dalam situasi seperti ini, maka Power Supply kelas atas pun juga dibutuhkan. Oleh karena itu kami akan memberikan Tips Memilih Power Supply yang Bagus untuk PC Gaming anda supaya anda tidak salah dalam memilih Power Supply.

  1. Sebelum membeli Power Supply, maka terlebih dahulu anda harus memperkirakan jumlah daya yang diperlukan oleh komputer anda. Anda dapat memanfaatkan beragam tool yang ada di internet untuk membantu anda dalam menghitung jumlah daya tersebut.
  2. Setelah anda mengetahui jumlah daya yang anda butuhkan, maka anda dapat mencari Power Supply yang sesuai dengan jumlah daya tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan daya yang ada pada komputer anda. Untuk komputer gaming biasanya dibutuhkan power supply yang memiliki daya minimal 450 watt s/d 600 watt.
  3. Jangan sampai anda membeli atau memilih Power Supply dengan dasar pertimbangan harga yang murah, atau bahkan harga yang terlalu murah. Mengapa? Hal ini kemungkinan besar akan mendatangkan masalah bagi anda nantinya.
  4. Jika anda sudah mendapatkan Power Supply, maka cobalah untuk mencari informasinya di Internet. Carilah rating dan juga ulasan dari para konsumen mengenai Power Supply tersebut. Atau jika tidak, anda dapat mencari informasi terlebih dahulu sebelum membeli sebuah Power Supply atau mencari rekomendasi dari orang orang terdekat anda atau dari beberapa sumber yang dapat dipercaya.
  5. Akan lebih baik jika anda membeli Power Supply terbaik dengan kualitas dan merek yang sudah ternama atau sudah banyak dipakai dan dipercaya oleh banyak orang. Beberapa merek Power Supply yang bagus tersebut misalnya saja seperti Coarsir, FSP, Super Flower, Silverstone, Seasonic, fatalis, Enermax dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa Power Supply yang baik dengan harga yang cenderung terjangkau misalnya saja adalah Muscle Power dan masih banyak lagi pilihan yang lainnya.
  6. Usahakan untu mencari Power Supply yang sudah memiliki minimal cap bronze. Cap Bronze merupakan sebuah sertifikat yang diberikan kepada sebuah produk Power Supply yang mampu memberikan efisiensi di atas 80%. Seperti yang kita tahu bahwa semakin tinggi efisiensi yang diberikan, maka akan semakin murah biaya listrik yang perlu anda keluarkan.
  7. Power Supply yang sudah memiliki sertifikat seperti yang sudah dijelaskan di atas, biasanya telah melalui beberapa macam tahapan agar lolos dan mendapatkan sertifikat. Itulah mengapa anda harus memilih Power Supply dengan label 80+ karena ini merupakan sebuah jaminan mutu pula bagi anda.

Berikut DimensiData rekomendasikan beberapa daftar power supply gaming murah merk ternama dengan kualitas yang lumayan bagus dengan harga murah untuk komputer gaming yang Dimensidata dapatkan dari situs Gamerindo:

1. CORSAIR CX Series™ Modular

CX500M ATX Power Supply — 500 Watt 80 PLUS® Bronze Certified Modular PSU
Harga : Rp. 888.000

2. Cooler Master

RS-500-ASAB 80+ Bronze Sertificate
Perkiraan Harga : Rp. 741.000

3. SEASONIC

SS-500ES 80+ Bronze Sertificate
Perkiraan Harga : Rp. 712.000

4. FSP Hyper

500W 80+ Bronze Sertificate
Perkiraan Harga : Rp. 665.000

5. ENERMAX

NAXN 550W Bronze Sertificate
Perkiraan Harga : Rp. 836.000

6. XIGMATEX

Tauro 500W 80+ Bronze Sertificate
Perkiraan harga : Rp. 645.000

7. ENLIGHTPOWER SUPPLY ENP-500B

Manufacturer : ENLIGHT 80+ Bronze Sertificate
Perkiraan Harga : Rp. 603.000

Demikianlah artikel mengenai Tips Memilih dan Rekomendasi  Power Supply yang Bagus untuk PC Gaming yang dapat anda praktekkan sendiri di Rumah. Hal ini dapat membuat anda mendapatkan power supply yang baik dan sesuai dengan kebutuhan anda sehingga perfoma komputer anda akan lebih baik pastinya.

DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Lihat Komentar

  • selamat siang :). saya mau tanya, kalau jenis power supply yang diatas tersebut bisa digunakan untuk PC Desain grafis dan visual effect ??

  • mas, numpang tanya nih, cpu punya saya model lama, masih pentium 4, mobonya msi 865 neo2-p, apa masih kompatibel sama psu yang diatas ini? kalo ngga kompatibel mohon sarannya mas psu mana yang kira2 cocok, makasih mas.

  • mas saya mau nanya. kira2 di akhir desember saya mau build pc gaming. setelah saya hitung dari daya listriknya menggunakan PSU Calculator dari "http://outervision.com/power-supply-calculator" ternyata daya listrik saya pemakaian hanya 450 watt. menurut anda apakah saya harus membeli PSU dengan daya pas 450? dan Rating apakah yang harus saya pertimbangkan? apakah Gold / Silver / Bronze... terimakasih.

  • Halo Dimensi Data, terima kasih atas infonya. Saya ingin bertanya pada bulan Juni 2015 saya membeli PC yang rencanaya ingin saya gunakan untuk mendesain, dalam hal ini juga merender dan juga untuk gaming. Spek Komputer saya i7 4790..RAM Corsair 16 GB, PSU Corsair V5 550 Watt.
    Tapi belakangan ini saya mengalami komputer saya restart sendiri ketika bermain game padahal sebelumnya tidak. Apakah ini pengaruh PSU saya yang tidak kuat dayanya atau apakah PSU bisa menurun dayanya seiring waktu? Tolong dibantu untuk informasinya.

    Terima Kasih

    • Bisa jadi PSU kipasnya tdk berfungsi atau tersmbuat Debu, bisa dicoba dibersihkan dulu PSU-nya