Home > Berita Teknologi > Wi-Fi Nyambung Terus Dengan Router D-Link

Wi-Fi Nyambung Terus Dengan Router D-Link

Ada cukup banyak tempat yang menyediakan Wi-Fi gratis maupun berbayar bagi masyarakat, ini berarti penggunaan Wi-Fi memang cukup luas. Wi-Fi atau Wireless Fidelity merupakan kumpulan standart untuk jaringan nirkabel/ WLAN. Sekarang Wi-Fi banyak digunakan unntuk akses internet, padahal dulu penggunaannya hanya untuk LAN dan juga beberapa perangkar nirkabel. Dengan adanya Wi-Fi maka seseorang bisa terhubung dengan internet melalui komputer menggunakan wireless card maupun Personal Digital Asistant (PDA). Dengan menggunakan titik akses atau hotspot maka seseorang bisa dengan mudah mengakses internet melalui PDA ataupun wireless card. Ada 3 jenis Wi-Fi diantaranya WLAN, WPAN dan juga WWAN.

Wi-Fi Nyambung Terus Dengan Router D-Link_2

WLAN atau Wireless Local Area menggunakan gelombang radio dengan backbone menggunakan kabel. WLAN ini mampu menjangkau satu ruangan hingga pada 1 gedung. Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah jaringan yang menggunakan teknologi bluetooth dengan jangkauan lebih pendek dibandingkan WLAN. Selain WLAN dan WPAN, ada juga jaringan nirkabel yang menggunakan sinyal ponsel yaitu Wireless Wide Area Networks (WWAN). Pada umumnya sinyal ponsel yang bisa digunakan untuk Wi-Fi tersebut disediakan oleh provider karena berbayar. Tidak semua Wi-Fi di atas bisa dengan mudah dimanfaatan oleh pengguna. Sekarang, hampir semua gadget atau PC memiliki fasilitas perangkat Wi-Fi.

Dengan adanya Wi-Fi maka Anda bisa dengan mudah mengakses internet dengan mudah sehingga pekerjaan bisa dengan mudah dikerjakan sekalipun di dalam ruangan atau luar ruangan. Wi-Fi memudahkan Anda untuk menerima email atau dokumen lainnya yang dikirimkan melalui jaringan internet. Wi-Fi juga membuat Anda hemat waktu, Anda bisa mengirim informasi, dokumen, gambar dan lainnya dalam waktu yang singkat bahkan dalam hitungan detik saja. Namun, sekalipun Wi-Fi memiliki banyak keuntungan, kadang Anda harus terputus dengan jaringan internet karena Wi-Fi yang tidak bisa bekerja dengan lancar. Salah satu solusi terbaik agar Anda bisa menikmati Wi-Fi dengan lancar adalah menggunakan Router.

Router merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama ataupun jaringan yang berbeda. Sebagai contoh, Router menghubungkan jaringan yang menggunakan Ring, Star maupun menggunakan topologi Bus. Dengan menggunakan Router maka data bisa terkirim ke tujuan menggunakan internet yang disebut dengan routing. Router sering digunakan pada IP protokol dan IP Router. Dengan adanya Router tersebut maka beberapa jaringan kecil bisa dihubungkan pada sebuah jaringan yang jauh lebih besar. Selain itu, dua buah jaringan yang memiliki media berbeda juga bisa dihubungkan menggunakan Router ini. Jadi, pada intinya Router ini adalah untuk menghubungkan atau merutekan suatu informasi. Saat ini Router juga bisa digunakan untuk menghubungkan LAN menuju DSL atau Digital Subcriber Line.

Router bekerja dengan cara meneruskan data yang ditujukan untuk host pada jaringan lain. Jika data tersebut ditujukan pada host pada satu jaringan maka Router akan menghalangi data-data agar tidak keluar. Ada 3 jenis Router yang bisa dipilih bagi pengguna diantaranya adalah Router PC, Router Hardware dan Router Aplikasi. Pemasangan Router sangat mudah, Anda bisa memasang perangkat ini diantara perangkat komputer dengan jaringan telepon. Router bisa digunakan untuk internet maupun untuk menjadikan line telepon menjadi paralel. Pada perusahaan, jika mereka ingin memiliki satu nomor telepon pada beberapa bayak ruangan, cara terbaik adalah menggunakan Router untuk memparalelkan nomor telepon yang sama.

Wi-Fi menjadi semakin lancar jika Anda menggunakan Router, apakah Anda tertarik menggunakannya?

Hubungi DimensiData.com

Tentang DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.