Home > Komponen > UPS, Apa dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

UPS, Apa dan Mengapa Anda Membutuhkannya?

Pernahkah anda mendengar tentang UPS, apa fungsinya anda apakah anda benar-benar membutuhkannya? Uninterruptible power supply (UPS) merupakan perangkat yang memungkinkan komputer Anda untuk tetap berjalan selama setidaknya waktu yang singkat ketika sumber daya utama hilang. Hal ini juga memberikan perlindungan komputer dari lonjakan listrik. Sebuah UPS berisi baterai yang bisa digunakan ketika perangkat tersebut kehilangan daya dari sumber utama.

Jika anda menggunakan komputer saat UPS menginformasikan tentang daya yang hilang, anda memiliki waktu untuk menyimpan data yang sedang anda kerjakan. Hal ini tentu akan memudahkan anda saat bekerja sebelum baterai komputer tersebut habis. Ketika semua daya habis, data di komputer anda sudah ada pada drive D atau drive C atau bahkan anda bisa menyimpan data tersebut pada USB. sebuah UPS yang anda gunakan tidak merusak komputer anda.

UPS, Apa dan Mengapa Anda Membutuhkannya_2

Selain bertindak sebagai cadangan ketika listrik padam, sebagian besar perangkat cadangan baterai juga bertindak sebagai kekuatan atau kondisioner dengan memastikan bahwa listrik yang mengalir ke komputer bebas dari lonjakan arus listrik. Apabila komputer atau laptop anda tidak menerima aliran listrik secara konsisten, maka hal ini bisa menimbulkan kerusakan pada perangkat anda tersebut. Sementara sistem http://www.dimensidata.com/category/ups/ bukan hanya yang diperlukan dari sistem komputer yang lengkap, namun hal ini sangat disarankan. Namun sebagian orang banyak yang mengabaikan kebutuhan akan pasokan listrik pada komputer atau laptop mereka saat mereka menggunakannya. UPS dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran namun yang paling sering ditemui adalah berbentuk persegi panjang. UPS bentuk ini dimaksudkan agar bisa duduk di lantai dekat komputer anda.

Semua backup baterai sangat berat karena baterai terletak di dalam perangkat tersebut. Satu atau lebih baterai dalam UPS akan menyediakan daya pada perangkat yang terhubung ke dalamnya. Bagian belakang UPS akan menampilkan satu atau lebih outlet yang menyediakan baterai cadangandan beberapa perangkat cadangan baterai untuk memberikan perlindungan koneksi jaringan, telepon dan kabel penghubung. Sebuah perangkat UPS akan menyediakan baterai cadangan ketika tenaga listrik terputus. Sistem UPS yang kecil menyediakan listrik selama beberapa menit hal ini cukup untuk mematikan komputer anda secara perlahan. Sistem yang lebih besar memiliki baterai yang cukup dalam beberapa jam. Bagian depan UPS biasanya memiliki tombol power untuk menghidupkan perangkat dan off dan juga kadang-kadang akan memiliki satu atau lebih tombol tambahan yang bisa digunakan dalam berbagai fungsi.

Perangkat UPS diproduksi dengan berbagai tingkat kemampuan cadangan. Untuk menentukan seberapa kuat sebuah UPS yang anda butuhkan, anda bisa menghitungnya dengan menggunakan Thermaltake Power Supply Calculator usehingga anda bisa mengetahui kebutuhan watt komputer anda. Sistem UPS dapat diatur untuk mengingatkan file server untuk menutup secara perlahan dan tepat ketika pemadaman telah terjadi atau saat baterai habis. UPS bisa digunakan sebagai alat pelindung terhadap lonjakan arus karena alat ini bisa menyaring lonjakan dan menguncinya.

Sedangkan regulator tegangan mempertahankan tegangan seragam selama brownout namun UPS menyimpan tegangan untuk menjalankan komputer ketika tidak ada daya listrik. Sistem UPS biasanya menyediakan surge suppression dan dapat memberikan pengaturan tegangan kepada komputer anda. Jadi, apakah saat ini anda masih bingung saat baterai laltp atau komputer anda habis? UPS mungkin memang yang anda perlukan untuk memudahkan kerja anda baik di rumah maupun di kantor. Dengan adanya UPS tersebut pastikan anda benar-benar bisa bekerja dengan nyaman.

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Pengertian VGA Card dan Fungsi VGA Card Secara Lengkap

Pengertian VGA Card dan Fungsi VGA Card

Pengertian VGA Card dan Fungsi VGA Card – VGA adalah Video Graphics Accelerator yang memiliki fungsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *