Tugas dan Fungsi Komputer Server dan Penjelasannya

0 241

Ini Tugas dan Fungsi Komputer Server dan Penjelasannya – Sebuah komputer server dapat berupa program atau perangkat komputer yang menawarkan fungsi untuk perangkat atau program lain yang disebut dengan klien. Suatu komputer server menawarkan banyak fungsi.

Fungsi tersebut secara umum adalah untuk memudahkan komputer klien dalam mengakses data dan informasi yang terdapat di komputer server. Untuk lebih jelas, berikut ini kita akan mengulas secara lebih rinci tugas dan fungsi komputer server.

Baca Juga : Pengertian Dan Perbedaan Server Dan Workstation Pada Jaringan

Fungsi Komputer Server

Selain menawarkan fungsi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu untuk memberikan layanan kepada klien, sebenarnya masih ada banyak lagi fungsi dari komputer server yaitu sebagai berikut:

  • Pusat Sebuah Jaringan di Komputer

Komputer server yang terhubung dengan komputer klien mampu mengirimkan data yang dibutuhkan komputer klien. Data – data dari komputer klien bersumber dari pusatnya yakni komputer server.

  • Memberikan Akses Data ke Komputer Klien

Komputer klien mampu mengakses data – data yang tersimpan di dalam komputer server. Hal ini karena komputer klien sudah tersambung dengan komputer server yang memberikan akses data bagi komputer klien.

  • Melayani Permintaan Komputer Klien

Komputer server dapat melayani permintaan komputer klien. Biasanya permintaan tesebut adalah data, file, aplikasi, dll. Komputer klien biasanya terhubung ke server melalui jaringan LAN atau jaringan internet.

  • Bertanggungjawab Mengatur Lalu Lintas Jaringan

Komputer server juga menjadi perangkat yang bertanggungjawab untuk mengatur lalu lintas jaringan. Fungsi ini memudahkan komputer klien untuk tetap terhubung ke internet lewat proxy server.

Baca Juga : Tips Memilih Spesifikasi Komputer Server Sesuai Kebutuhan

  • Menyimpan Data dan File Dalam Database Agar Lebih Mudah Diakses Komputer Klien

Dengan komputer server, penyimpanan data dan file biasanya sudah secara otomatis tersimpan di komputer server. Hal ini tentu dapat meminimalisir resiko kehilangan data dan file karena semua penyimpanan data komputer klien dapat dipusatkan ke server sebagai backup penyimpanan.

Selain itu, server juga dapat menjadi media untuk penyimpanan berbagai aplikasi yang dapat dijalankan di semua perangkat komputer klien yang tersambung dengan server.

  • Mengatur Hak Akses Jaringan Komputer

Dalam sebuah jaringan komputer server, ada aturan supaya tidak semua perangkat komputer dapat terhubung ke server. Hanya komputer klien tertentu yang diijinkan untuk mengakses data yang tersimpan di komputer server. Hal ini karena ada data atau file yang bersifat rahasia sehingga akses ke server tersebut tidak tersedia untuk publik.

Tugas dan Fungsi Komputer Server

Tugas Komputer Server

  • Memberi Perlindungan Komputer Klien Dari Malware Dengan Virus

Perangkat komputer tentu sangat rentan terkena virus dan malware yang dapat menyebabkan kerusakan sistem dan kehilangan data pada komputer. Dengan komputer server, pengguna dapat terlindung dari resiko ini karena dilengkapi dengan fasilitas firewall

  • Penyedia Alamat IP Bagi Perangkat yang Tersambung ke Jaringan

Alamat IP merupakan rangkaian nomor unik untuk mengenal semua komputer di dalam suatu jaringan. Di dalam server tersebut, Anda dapat melihat semua alamat IP yang tersambung ke jaringan server tersebut.

  • Printer Server

Tugas ini adalah mengatur perangkat printer yang dapat digunakan di sebuah jaringan server yang menghubungkannya. Jadi perangkat yang terhubung dengan server ini dapat mencetak berbagai dokumen melalui printer yang tersambung ke server tersebut.

Dengan banyaknya tugas dan fungsi yang dimiliki oleh komputer server, hal ini memberikan banyak keuntungan untuk komputer klien. Yang terpenting, penggunaan komputer server juga dapat menghemat anggaran yang Anda keluarkan sehingga lebih ekonomis dan hemat. Saat ini tipe server yang banyak digunakan adalah Peer To Peer dan Client Server.

Tinggalkan komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.