Home > Peralatan Kantor > Tips Mudah Membersihkan atau Merawat Scanner
Tips membersihakn scanner

Tips Mudah Membersihkan atau Merawat Scanner

Bagi Anda para pemilik scanner, sebaiknya melakukan perawatan dan pembersihan yang benar pada perangkat elektronik yang satu ini. Sebab scanner termasuk salah satu peralatan elektronik yang sensitive dan cukup rentan mengalami masalah. Harga tariff scan itu sendiri sebenarnya tak sebanding dengan perawatan alat scanner yang harus dilakukan dengan baik dan hati-hati. Bila Anda memiliki alat scanner di rumah maka pastikan tidak menjadi mainan anak-anak. Atau jika Anda memiliki peralatan ini untuk kebutuhan bisnis, pastikan juga orang yang mengoperasikannya jangan terlalu sering gonta-ganti. Mereka yang tak paham dengan perawatan scanner akan sembarangan melakukan perawatan dan hasilnya jelas scanner Anda terancam mengalami masalah karena dipakai oleh banyak tangan yang tidak ahli.

Tips membersihakn scanner

 

Lalu bagaimana cara perawatan dari mesin scanner yang baik dan benar? Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Rajin lah membersihkan debu pada semua bagian mesin scanner guna menghindari debu tersebut masuk ke bagian perangkat mesin dalam. Jika hal ini terjadi akan menyebabkan gangguan hasil dan mesin itu sendiri bisa mengalami masalah. Tutup dengan penutup sehingga scanner Anda tak rentan terkena debu yang bisa masuk ke dalam mesin.
  2. Bukan hanya bagian luar dari scanner yang harus dibersihkan, namun juga bagian dalam perangkat seperti roller atau penarik kertas. Buka secara hati-hati mesin scanner Anda sesuai prosedur kemudian bersihkan roller menggunakan lap basah. Roller dibersihkan dari debu agar pada saat menarik kertas tidak mengalami masalah.
  3. Bila Anda hendak menscan sebuah dokumen atau kertas, maka pastikan tidak ada anak staples yang melekat pada kertas. Staples tersebut bisa merusak bagian mata scanner atau kaca scanner pada saat proses scan berlangsung. Hal ini harus selalu Anda ingat karena sering kali sebuah dokumen diserahkan dalam kondisi distaples.
  4. Segera matikan scanner Anda jika sudah tidak digunakan, hal ini untuk mencegah berbagai masalah pada mesin bisa terjadi. Disamping itu Anda juga bisa lebih berhemat listrik. Bersihkan peralatan setiap kali selesai digunakan.

Bila hendak melakukan perawatan sendiri pada mesin scan, maka pastikan bahwa Anda mengetahui bagian dan fungsi-fungsi alat pada bagian dalam. Bersihkan setiap bagian yang bisa dibersihkan. Kurangnya perawatan dari mesin scanner biasanya akan berdampak pada kualitas dan hasil scan. Beberapa hal yang bisa terjadi diantaranya adalah hasil yang bergeser, cetakan tidak jelas hingga mesin scan yang tidak bisa bergerak menjalankan fungsinya. Adanya debu sering kali membuat masalah-masalah pada pengoperasian scan. Oleh sebab itu senantiasa Anda harus perhatikan kebersihan perangkat scanner Anda tersebut.

Bila hendak membersihkan bagian kaca dari scanner sebaiknya menggunakan alat yang lembut sehingga permukaan kaca akan benar-benar bersih. Jika menscan bahan yang tebal atau terbuat dari majalah yang besar sebaiknya jangan memaksakan untuk menutup bagian permukaan karena akan membuat engsel penutup scan menjadi lebih kendur dan bisa rusak. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih alcohol untuk membersihkan debu yang ada pada setiap bagian alat. Penggunaan alcohol biasanya akan membuat hasil lebih maksimal. Ada banyak cairan pembersih peralatan elektronik yang dijual di pasaran, Anda bisa menggunakannya untuk mempemudah proses pembersihan debu dari peralatan scanner. Jika terjadi masalah segera upayakan untuk diperbaiki secepatnya, terutama pada kualitas hasil scan yang dihasilkan mesin scanner tersebut.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

Spesifikasi Printer Canon Pixma MX397 dan Harga Terbaru 2017

Spesifikasi Printer Canon Pixma MX397 dan Harga Terbaru 2017

Spesifikasi Printer Canon Pixma MX397 dan Harga terbaru 2017 – Printer canon pixma MX397 sekarang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *