Home > Komponen > Tips Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor
Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor

Tips Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor

Tips Cara Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor – Walau sekarang sebagian orang memilih memakai laptop, keberadaan personal computer atau komputer desktop pc ternyata masih dibutuhkan. Selain itu, PC dianggap lebih tangguh; tahan lama daripada laptop. Akan tetapi, komputer tetap tidak terlepas dari masalah, terutama kalau usianya ‘tua’ dan tidak dibarengi perawatan yang maksimal.

Salah satu masalah yang sering kali terjadi adalah PC hidup, tetapi monitor mati. Untuk troubleshooting, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas kabel dari perangkat penyimpanan. Lantas, ikuti cara mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor di bawah ini.

Baca Juga

Memastikan kondisi monitor komputer

Karena yang bermasalah adalah monitor, maka komponen ini yang harus Anda perhatikan terlebih dulu. Pastikan monitor tidak mengalami gangguan atau kerusakan. Caranya dengan memeriksa monitor saat PC sedang berjalan normal—apakah berfungsi seperti semestinya atau tidak? Kemudian, cek pula kabel-kabel yang tersambung—apakah longgar atau sudah terhubung dengan tepat? Salah dua kabel yang patut Anda perhatikan adalah kabel power yang menjadi penghubung sumber listrik dan VGA. Bisa jadi monitor Anda tidak menyala karena sambungan yang kendur.

Memeriksa memori RAM

Memori RAM merupakan ruang penyimpanan sementara pada PC yang juga berpengaruh terhadap performanya. Bila monitor bermasalah, tak ada salahnya untuk memeriksa keadaan komponen ini. Pindahkan RAM ke slot lain bila motherboard mempunyai lebih dari satu slot RAM. Jika langkah tersebut tidak memberikan pengaruh, maka bersihkan RAM karena kemungkinan kotoran seperti debu menghambat kinerjanya. Bila cara mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor ini tidak membuahkan hasil, pasang RAM di CPU komputer lain, sebab bisa saja motherboard pada PC yang gunakan bermasalah.

Mengganti kabel atau VGA card lain

VGA adalah komponen yang bertanggung jawab dalam visualisasi komputer. Jadi, kalau VGA pada PC bermasalah, maka dampaknya akan terasa hingga monitor hingga tak mau menyala. Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor ialah mengganti kabel VGA, sebab bisa saja kabel VGA sudah rusak. Cara kedua yang dapat diambil adalah memakai VGA onboard untuk memastikan kondisi VGA di PC Anda. Metode ketiga adalah mengganti VGA lama dengan yang baru atau pasang ke VGA card lain. Pasalnya, slot AGP pada motherboard yang bermasalah bisa memicu kerusakan.

Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor

Menjaga temperatur suhu prosesor

Komponen penting pada PC yang kadang luput dari perhatian adalah prosesor. Prosesor bisa dikatakan otak dari komputer, sehingga kalau rusak pasti akan berdampak ke komponen lainnya. Jangankan dipakai, buat dinyalakan saja tidak bisa. Salah satu pemicu kerusakan prosesor adalah temperatur atau suhunya yang terlampau panas. Jadi, kalau PC Anda belum menunjukkan masalah, jaga suhu prosesor supaya tetap stabil. Anda dapat menggunakan termal pasta atau pendingin buat prosesor agar tidak cepat panas dan tidak mengganggu performa komponen lain.

Cek Power supply

Power Supply yang tidak stabil bisa mengakibatkan komputer tidak tampil ke monitor, hal ini biasanya di sebabkan seringnya terjadi lonjakan arus atau seringnya terjadi pemadaman listrik.

Cek Motherboard

Motherboard error bisa menyebabkan komputer tidak tampil ke layar monitor. Lihatlah kondisi maotherboarnya, apakah ada kapasitor yang menggelembung atau plat pendingin Transistor berubah warna. Jika hal itu yang terjadi Anda harus membawa kepusat service vendor motherboard tersebut.

Mengembalikan setting BIOS ke default

Langkah terakhir yang dapat Anda ambil kalau cara-cara mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor sebelumnya tidak berhasil adalah kembalikan pengaturan atau setting BIOS ke default. Pasalnya, BIOS yang salah dapat memicu gangguan, termasuk monitor komputer yang tidak bisa menampilkan apa pun. Bagaimana caranya?

Untuk mengembalikan pengaturan BIOS ke default, lepaskan baterai CMOS dan pasang lagi ke PC. Dengan begitu, pengaturan BIOS pada PC Anda akan menjadi default. Namun, Anda harus hati-hati melakukannya supaya komponen PC yang lain tidak mengalami kerusakan.

Anda juga bisa meminta bantuan teman yang sudah ahli untuk membantu mengaplikasikan cara-cara mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor ini untuk mengurangi risiko kesalahan yang lebih parah.

Hubungi DimensiData.com

About DimensiData

DimensiData.Com adalah Pusat Belanja Komputer untuk pribadi dan perusahaan Terlengkap dan termurah di Indonesia. Kami menyediakan komputer, laptop, notebok, server, printer, scanner, hard disk, storage nas dengan harga murah dan bergaransi resmi.

Baca Juga

5 Laptop Terbaik Yang Cocok Untuk Anak Sekolahan Harga 5 Jutaan

5 Laptop Terbaik Yang Cocok Untuk Anak Sekolahan Harga 5 Jutaan Terbaru – 5 laptop terbaik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *